Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

ciri ciri ikan cupang betina siap kawin

Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin – Pada saat ini ikan cupang merupakan ikan hias yang sedang naik daun di kalangan pecinta ikan hias. Banyak orang mencari dan membeli ikan cupang karena memiliki warna indah pada tubuh dan ekornya.

Ikan cupang juga memiliki banyak jenis yang tersebar di Indonesia seperti Giant, Halfmoon, Plakat, dan lainnya. Selain dijadikan koleksi, sebagian orang juga menggunakan ikan cupang sebagai ladang bisnis. Hal ini disebabkan karena ikan cupang memiliki harga cukup mahal.

Selain itu ikan cupang juga salah satu ikan hias yang gampang untuk dibudidayakan. Namun sebelum kamu melakukan breeding, kamu wajib mengetahui apakah cupang betina siap kawin atau belum. Sebab jika indukan betina belum siap untuk kawin, maka breeding yang kamu lakukan akan sia-sia saja. Kamu juga dapat mempelajari CARA BETERNAK IKAN CUPANG agar proses breeding kamu berjalan dengan sempurna.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membantu kamu semua untuk mengetahui bagaimana ciri ciri ikan cupang betina siap untuk kawin. Langsung saja simak penjelasan kamu dibawah ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Seperti yang kami jelaskan bahwa sebelum melakukan breeding kamu harus mengetahui cupang betina apakan siap kawin atau belum. Ada beberapa ciri ciri yang menandakan bahwa ikan cupang betina siap untuk kawin. Ciri ciri ikan cupang betina siap kawin yaitu

1. Mentalnya Sudah Besar

Mentalnya Sudah Besar

Yang dimaksud dari ciri ciri ini yaitu ikan cupang betina galak jika di dekatkan dengan ikan cupang lainnya. Nantinya ikan cupang akan ngedok layaknya ikan cupang jantan. Ciri ciri ini menandakan bahwa ikan cupang betina siap untuk kawin kembali.

2. Telur Sudah Full

Telur Sudah Full

Telur ikan cupang dapat kamu lihat pada bagian perut ikan cupang betina berwarna putih kekuningan. Jika sudah banyak/full, maka tandanya ikan cupang betina tersebut siap kawin.

3. Tempat Mengeluarkan Telur Menonjol

Tempat Mengeluarkan Telur Menonjol

Ciri ciri yang selanjutnya yaitu kamu bisa lihat dibawah perut ikan cupang. Dibawah perut ikan cupang kamu akan melihat tempat untuk mengeluarkan kotoran (Ovivositor). Jika sudah menonjol, maka artinya ikan cupang betina siap kawin.

4. Terdapat Garis Vertikan Diperutnya

erdapat Garis Vertikan Diperutnya

Ciri ciri ikan cupang siap kawin ini dapat kamu lihat ketika ikan cupang betina di dekatkan dengan ikan cupang jantan. Garis vertikal akan terlihat samar-samar dan memiliki garis lurus dari atas perut hingga bawah perut ikan cupang betina. Jika kamu melihat ciri ciri ini pada ikan cupangmu, maka itu berarti siap untuk kawin.

5. Mengeluarkan Buih

Mengeluarkan Buih

Ciri ciri ikan cupang betina siap kawin yang berikutnya yaitu akan sesekali mengeluarkan buih layaknya pejantan. Ikan cupang betina akan mengeluarkan buih ketika di dekatkan dengan ikan cupang jantan dan nantinya ikan cupang betina akan sesekali mengeluarkan buih. Ciri ciri ini bertanda bahwa ikan cupang betina siap kawin.

6. Ukuran Ikan Cupang Betina

ukuran ikan cupang betina

Sebelum melakukan breeding, lihatlah terlebih dahulu ukuran ikan cupang betina. Pada umumnya ikan cupang betina siap kawin memiliki ukuran M. Ciri ciri ini menandakan bahwa telur ikan cupang sudah matang dan siap untuk kawin.

7. Usia Ikan Cupang Betina

Usia Ikan Cupang Betina

Jika ingin membreeding ikan cupang, kamu wajib mengetahui umur ikan cupang betina terlebih dahulu. Sebab umur ikan cupang betina merupakan patokan keberhasilan pada saat breeding. Ini merupakan ciri ciri yang perlu diperhatikan sebelum breeding ikan cupang.

8. Telur Sudah Matang

Telur Sudah Matang

Ciri ciri berikutnya yaitu ikan cupang betina memiliki telur yang matang. Biasanya pada usia 5 bulan itu menandakan bahwa telur ikan cupang matang dan siap untuk dibreeding. Jika belum matang namun sudah dibreeding, maka akan menghasilkan anakan yang kurang berkualitas.

9. Sering Buang Telur

Sering Buang Telur

Buang telur ini disebabkan karena telur pada ikan cupang sudah penuh. Jika mendapati ciri ciri ini pada ikan cupang betinamu, maka sebaiknya segera dibreeding agar tidak dibuang sia-sia sebab itu merupakan ciri ciri ikan cupang siap kawin.

10. Kesehatan Ikan Cupang

Kesehatan Ikan Cupang

Ciri ciri terakhir yaitu ikan cupang betina terlihat sehat. Karena kesehatan ikan cupang akan berpengaruh pada burayaknya nanti. Jika ikan cupang sehat maka kemungkinan burayak juga akan sehat dan kuat juga. Ikan cupang sehat itu merupakan ciri ciri bahwa siap kawin kembali.

Cara Mengetahui Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Setelah mengetahui ciri ciri pada cupang betina siap kawin, kamu juga dapat mengetahui ikan cupang betina jika siap kawin. Nah dibawah ini ada beberapa cara mengetahui apakah cupang betina siap kawin atau belum.

1. Ikan Cupang Betina Dipuasakan

Ikan Cupang Betina Dipuasakan

Untuk mengetahui apakah ikan cupang betina tersebut full telur atau gendut karena makanan, ikan cupang betina dapat dipuasakan selama 1 hari. Jika keesokan harinya perut ikan cupang masih gendut, maka itu merupakan ciri ciri ikan cupang full telur. Namun jika sebaliknya jika perut ikan cupangmu mengecil atau tidak gendut, maka artinya ikan cupangmu belum mempunyai telur.

2. Dilihat Dari Atas Ikan Terlihat Gendut

Dilihat Dari Atas Ikan Terlihat Gendut

Untuk cara kedua, kamu dapat melihatnya dari atas. Jika ikan cupang betina sudah full telur, maka akan memiliki badan gendut namun menyamping bukan gendut kebawah. Jika gendut kebawah,ciri ciri tersebut menandakan bahwa bukan telur namun makanan.

3. Terdapat Telur Pada Perutnya

Terdapat Telur Pada Perutnya

Telur ikan cupang ini berwarna putih kekuningan dan berada di perut ikan cupang. Jika telur penuh maka perut ikan cupang akan berwarna putih kekuningan artinya ikan siap kawin, namun ciri ciri jika belum penuh biasanya akan terlihat warna hitam pada bagian perut ikan cupang.

4. Betina Lebih Galak Dibandingkan Pejantan

Betina Lebih Galak Dibandingkan Pejantan

Seperti penjelasan kami sebelumnya bahwa ciri ciri betina siap kawin akan memiliki mental besar. Hal tersebut akan membuat betina jauh lebih galak dibandingkan dengan ikan cupang jantan dan juga ikan cupang betina lebih aktif.

5. Ikan Cupang Akan Sulit Berenang

Ikan Cupang Akan Sulit Berenang

Untuk betina full telur dan siap kawin maka jika diperhatikan akan sedikit susah berenang. Ikan menjadi susah berenang disebabkan karena perutnya sudah terisi penuh dengan telur sehingga membuat ikan cupang sedikit susah dan keberatan untuk berenang.

Umur Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Umur Cupang Betina Siap Kawin

Sebelum melakukan breeding, sebaiknya ketahui terlebih dahulu umur ikan cupang betina tersebut apakah cukup umur atau belum. Biasanya umur ikan cupang untuk kawin yaitu berusia 5 bulan. Pada usia 5 bulan, biasanya telur ikan cupang sudah matang dan siap dibreeding. Sebab jika usia ikan cupang betina dibawah 5 bulan, maka kemungkinan besar akan banyak telur tidak jadi/busuk.Telur Busuk disebabkan karena telur pada ikan cupang belum matang namun di breeding. Selain itu burayaknya pun akan rentan terhadap kematian.

Cara Membuat Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Bagi yang penasaran bagaimana caranya agar ikan cupang betina dapat kembali full telur agar bisa dibreeding kembali, maka dibawah kami telah menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan agar ikan cupang betinamu dapat full telur kembali dalam waktu singkat.

1. Tempatkan Ikan Cupang Betina Diwadah Yang Besar

Tempatkan Cupang Betina Diwadah Yang Besar

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu tempatkan cupang betina pada wadah besar. Wadah besar berguna agar ikan cupang betina lebih cepat untuk memproduksi telur dengan jangka waktu singkat. Dalam waktu 2 sampai 3 minggu, maka cupang betina akan full telur dan siap untuk kawin.

2. Gunakan Pakan Jentik Nyamuk

Gunakan Pakan Jentik Nyamuk

Pemberian pakan jentik nyamuk atau encu dapat merangsang betina ikan cupang agar cepat full telur. Karena jentik nyamuk mengandung vitamin cukup tinggi sehingga bagus dikonsumsi ikan cupang betina.

3. Ganti Air Secara Rutin

Ganti Air Secara Rutin

Gantilah air pada wadah ikan cupang betina secara teratur. Untuk penggantian ikan cupang, lakukanlah minimal 1 minggu sekali agar ikan cupang merasa lebih nyaman. Jika kamu tidak sempat untuk mengganti air secara teratur, kamu bisa menaruh tanaman air untuk menjaga kesehatan ikan cupang betina.

4. Gunakan Air Ketapang

Gunakan Air Ketapang

Jangan lupa berikan rendaman air ketapang pada wadah agar ikan cupang betina tetap sehat dan terjaga kesehatannya. Ikan cupang juga akan lebih nyaman dan dapat membantu mempercepat agar full telur.

5. Tempatkan Diruang Sepi

Taruh Ditempat Sepi 1

Yang terakhir yaitu taruhlah ikan cupang betina pada tempat sepi dan terbebas dari segala gangguan. Cara ini dilakukan agar ikan cupang dapat lebih tenang sehingga dalam proses memperbanyak telur dapat dilakukan secara cepat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai ciri ciri ikan cupang betina siap kawin yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Pastikan semua ciri ciri tersebut ada pada ikan cupang betina milikmu agar pada saat breeding dapat menghasilkan burayak maksimal. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *