Cara Membuat Jamu Merpati Giring Keras: Bahan & Racikan

cara membuat jamu merpati giring keras

Cara Membuat Jamu Merpati Giring Keras – Salah satu minuman tradisional Indonesia yang terkenal dengan khasiat kesehatannya. Di antara berbagai jenis jamu, merpati menjadi salah satu terkenal. Jamu ini dikenal sebagai suplemen fitness yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis. Banyak orang yang termasuk para atlet, pemain sepak bola, dan pecinta olahraga lainnya juga mengonsumsi ramuan ini guna menjaga kondisi fisiknya tetap sehat.

Jamu merpati terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Namun, pengolahannya harus dilakukan dengan cermat dan benar agar hasilnya optimal dan konsisten. Karena itulah, cara membuat jamu merpati giring keras membutuhkan ketelitian dan pengalaman matang.

Dalam membuat jamu merpati, tahap awal adalah mempersiapkan bahan-bahan akan digunakan. Jahe dan kunyit sudah dicuci bersih kemudian diparut atau diiris tipis-tipis agar lebih cepat direbus. Kemudian, bahan-bahan seperti temulawak, kayu manis, atau daun pandan juga ditambahkan untuk memberikan rasa serta aroma khas. Setelah semua bahan disiapkan, semua bahan ini direbus bersama-sama lalu diperas menggunakan kain kasa atau saringan untuk mendapatkan ekstrak murni.

Setelah ekstrak diperoleh, langkah selanjutnya adalah mengukurnya dengan takaran tepat agar konsentrasinya pas dan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, bahan ini dicampur dengan gula merah atau madu untuk memberikan cita rasa menyegarkan. Bahan-bahan dicampur dan diaduk hingga merata, kemudian disimpan di botol kaca steril. Jamu merpati giring keras siap diminum dan dapat disajikan dengan es batu guna memberikan sensasi dingin pada saat diminum.

Bahan Jamu Merpati Giring Keras

bahan membuat jamu merpati

Menjaga kesehatan burung merpati giring keras khususnya di musim balap adalah suatu keharusan bagi para pemilik burung merpati tersebut. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan merpati adalah dengan memberikan jamu berkhasiat untuk tetap menjaga kebugarannya. Nah, di dalam pembuatan jamu giring keras, ada beberapa bahan utama harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara memilih bahan utama jamu giring keras:

1. Jagung Muda

Jagung muda adalah salah satu bahan utama sering digunakan dalam jamu giring keras. Jagung muda memiliki kandungan protein cukup tinggi, serta mengandung karbohidrat serta serat. Selain itu, jagung muda juga memiliki kandungan vitamin atau mineral yang penting bagi kesehatan burung. Untuk memilih jagung muda baik, pastikan jagung dipilih masih dalam keadaan segar serta masih memiliki kualitas baik. Harga jagung muda untuk membuat jamu giring keras berkisar antara Rp 7.000 – Rp 10.000/kg.

2. Kwaci

Kwaci atau biji bunga matahari juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan jamu giring keras. Kwaci mengandung protein atau lemak cukup tinggi, serta mengandung vitamin E baik untuk burung. Untuk memilih kwaci baik, pastikan kwaci dipilih masih dalam keadaan segar, tidak terlalu hitam serta tidak memiliki bau tak sedap. Harga kwaci untuk membuat jamu giring keras berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000/kg.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau sering digunakan sebagai bahan utama dalam jamu merpati giring keras. Kacang hijau mengandung protein dan karbohidrat cukup tinggi, serta mengandung mineral dan vitamin baik untuk kesehatan burung. Untuk memilih kacang hijau baik, pastikan kacang hijau yang dipilih masih dalam keadaan segar dan tidak mengandung logam berat. Harga kacang hijau untuk membuat jamu merpati giring keras berkisar antara Rp 8.000 – Rp 12.000/kg.

4. Kedelai

Kedelai juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam jamu merpati giring keras. Kedelai mengandung protein dan serat cukup tinggi, serta mengandung kalsium dan fosfor baik untuk kesehatan burung. Untuk memilih kedelai baik, pastikan kedelai yang dipilih masih dalam keadaan segar, tidak terlalu kering dan tidak memiliki bau tak sedap. Harga kedelai untuk membuat jamu merpati giring keras berkisar antara Rp 9.000 – Rp 13.000/kg.

5. Kismis

Terakhir, kismis juga dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan jamu merpati giring keras. Kismis mengandung gula alami yang baik untuk energi burung, serta mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan burung. Untuk memilih kismis yang baik, pastikan kismis yang dipilih masih dalam keadaan segar, tidak terlalu kering dan tidak lembab. Harga kismis untuk membuat jamu merpati giring keras berkisar antara Rp 20.000 – Rp 30.000/kg.

Cara Membuat Jamu Merpati Giring Keras

contoh jamu merpati

Jamu merpati giring keras adalah minuman khas yang biasa digunakan oleh para peternak untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan merpati giring mereka. Ada beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat jamu ini, diantaranya adalah tumbuhan herbal seperti rimpang kunyit, jahe, temulawak, dan kencur.

Berikut ini cupangbetta memberikan cara membuat jamu merpati giring keras yang benar:

1. Siapkan bahan-bahan

Sebelum memulai membuat jamu merpati giring keras, pastikan semua bahan yang dibutuhkan telah tersedia. Bahan-bahan tersebut biasanya dapat ditemukan di pasar atau toko herbal terdekat.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jamu merpati:

  • Rimpang kunyit 50 gram
  • Jahe 50 gram
  • Temulawak 50 gram
  • Kencur 50 gram
  • Gula Aren 100 gram

2. Cuci bersih bahan

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah berikutnya adalah mencuci bersih bahan-bahan akan digunakan.

Cuci bersih rimpang kunyit, jahe, temulawak, lalu kencur menggunakan air mengalir. Setelah dicuci, parut bahan-bahan tersebut menggunakan parutan halus atau blender.

3. Rebus bahan

Jamu merpati terbuat dari bahan-bahan herbal yang direbus. Setelah bahan-bahan telah diparut, rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan bahan-bahan yang telah diparut tadi ke dalam panci.

Lakukan pengadukan secara terus menerus hingga campuran bahan menjadi mengental hingga airnya berkurang.

4. Masukkan gula aren

Setelah jamu merpati telah masak, masukkan 100 gram gula aren ke dalam campuran bahan tersebut. Aduk hingga gula tercampur rata dengan jamu.

5. Saring dan sajikan

Setelah seluruh proses di atas selesai, saring jamu merpati menggunakan saringan kain atau saringan lain yang bersih. Kemudian, sajikan jamu merpati ke dalam botol.

Jamu merpati siap disajikan serta siap dijadikan kontes atau lomba.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, jelas bahwa cara membuat jamu merpati giring keras memang membutuhkan ketelatenan dan ketepatan dalam penggunaan bahan-bahan yang dibutuhkan. Namun, jika dilakukan dengan benar, jamu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan burung merpati. Tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati berbagai penyakit, namun jamu juga dapat membantu meningkatkan kebugaran dan performa merpati.

Bagikan:

[addtoany]