Insureka1

10 Bahaya EM4 Peternakan Ayam: Dosis & Harga 2024

bahaya em4 peternakan ayam

Bahaya EM4 Peternakan Ayam – Indonesia, sebagai negara agraris, memiliki sektor peternakan besar dan berkembang pesat. Salah satu jenis peternakan paling banyak ditemukan di Indonesia adalah peternakan ayam. Menurut data dari Asosiasi Peternakan Unggas Indonesia (APUI), produksi daging ayam di Indonesia mencapai sekitar 3,5 juta ton pada tahun 2018, dan diproyeksikan akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Namun, di balik potensi besar dalam bisnis peternakan ayam, ternyata terdapat masalah serius perlu segera diatasi. Salah satu masalah mulai dikhawatirkan adalah mengenai bahaya EM4 peternakan ayam. EM4 adalah mikroorganisme sering digunakan sebagai bahan baku pupuk organik. Namun, di peternakan ayam, EM4 digunakan secara berlebihan dan tanpa pengawasan.

Masalah kualitas udara menjadi sangat serius di sekitar lokasi peternakan ayam menggunakan EM4. Seperti dilaporkan oleh banyak warga, bau menyengat dan asap dari peternakan ayam menggunakan EM4 mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Bahkan, banyak orang merasakan gejala-gejala sakit seperti pusing, sesak napas, dan iritasi mata disebabkan oleh bahan-bahan kimia terkandung dalam udara.

Untuk mengatasi masalalah tersebut terdapat beberapa cara yaitu membuat kandang close house dengan melengkapi peralatan pemanas yang lengkap. Apabila tertarik membuatnya silahkan cek BIAYA KANDANG CLOSE HOUSE 5000 EKOR. Kandang tersebut berguna untuk menghilangkan bau menyengat dikarenakan EM4.

Penyebab EM4 Untuk Ayam

bahaya em4 untuk ayam

Banyak peternak ayam menggunakan EM4 atau Effective Microorganism 4 sebagai bagian dari pemeliharaan ayam. Meskipun digunakan sebagai probiotik untuk meningkatkan kesehatan ayam, EM4 ternyata juga memiliki beberapa efek samping atau bahaya bagi kesehatan ayam tersebut. Beberapa penyebab bahaya EM4 pada ayam akan dibahas di bawah ini.

Insureka

1. Kadar PH Ayam Tidak Seimbang

Salah satu penyebab bahaya EM4 pada ayam adalah kadar pH tidak seimbang di dalam tubuh ayam. Semakin tinggi kadar pH di dalam tubuh ayam, maka semakin berat pula pengaruh EM4 pada ayam tersebut. Tingginya kadar pH dapat memicu infeksi bakteri tidak diinginkan dalam tubuh ayam, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan pada ayam tersebut.

Untuk menghindari hal ini, peternak harus memantau kadar pH lingkungan pemeliharaan ayam secara berkala dan menjaga kadar pH di dalam tubuh ayam agar tetap seimbang. Hal ini bisa dicapai dengan memberikan multivitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan ayam.

2. Kualitas Pakan Kurang Baik

Selain pH tidak seimbang, kualitas pakan kurang baik juga bisa menjadi penyebab bahaya EM4 pada ayam. EM4 memerlukan nutrisi dan energi tertentu untuk menghasilkan efek probiotiknya. Jika pakan diberikan ayam tidak memenuhi nutrisi dan energi tersebut, maka EM4 tidak akan bekerja dengan maksimal.

Oleh karena itu, peternak harus memberikan pakan seimbang dengan kebutuhan nutrisi dan energi ayam. Jangan memberikan pakan sudah kedaluwarsa atau bermutu rendah, karena hal ini bisa membahayakan kesehatan ayam. Pastikan pakan ayam selalu segar dan berkualitas baik.

3. Pemakaian EM4 Berlebihan

Pemakaian EM4 berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab bahaya EM4 pada ayam. Ketika EM4 digunakan dengan dosis tidak tepat, maka mikroorganisme di dalamnya tidak akan berfungsi optimal dan malah bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ayam.

Untuk menghindari hal ini, peternak harus menggunakan EM4 sesuai dosis disarankan oleh produsennya. Lebih baik memulai dengan dosis kecil terlebih dahulu dan secara bertahap meningkatkan dosisnya sesuai dengan respons ayam.

4. Kondisi Lingkungan Tidak Sehat

Terakhir, kondisi lingkungan tidak sehat juga bisa menjadi penyebab bahaya EM4 pada ayam. Lingkungan kotor dan lembab bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan mikroba patogenik membahayakan kesehatan ayam.

Peternak harus selalu menjaga kebersihan kandang dan membuang kotoran ayam secara teratur. Jangan biarkan tempat pemeliharaan ayam menjadi lembab dan berbau tidak sedap, karena hal ini bisa memicu berkembangnya bakteri dan mikroba patogenik.

Bahaya EM4 Peternakan Ayam

contoh em4 untuk ayam

Selain resiko yang terdapat pada peternakan ayam, bahaya EM4 juga berpotensi merusak ekosistem secara keseluruhan. Penggunaan EM4 yang berlebihan dapat memicu timbulnya polusi di daerah sekitar peternakan, menyebabkan kerusakan lingkungan yang tak dapat dipulihkan.

EM4 adalah produk mikroorganisme yang digunakan di peternakan ayam untuk membersihkan kotoran dan meningkatkan kualitas pupuk. Namun, penggunaannya yang berlebihan dapat memberikan bahaya pada kesehatan ayam. Berikut ini adalah beberapa dampak bahaya EM4 pada kesehatan ayam:

1. Menurunkan Kualitas Telur Ayam

Bahahaya pertama yaitu jika EM4 digunakan dalam jumlah berlebihan dapat mempengaruhi kualitas telur ayam. Ayam terpapar EM4 secara terus menerus dapat menghasilkan telur dengan kulit lebih tipis dan rentan pecah. Selain itu, kandungan nutrisi dalam telur ayam terpapar EM4 juga dapat menurun. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan manusia mengonsumsi telur tersebut.

2. Menurunkan Daya Tahan Tubuh Ayam

Bahaya selanjutnya yaitu jika EM4 digunakan secara tidak benar juga dapat membuat daya tahan tubuh ayam menurun. Hal ini disebabkan karena sifat asam dari EM4 dapat merusak mikroflora dalam pencernaan ayam. Akibatnya, ayam menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan virus dapat menyebabkan penyakit.

3. Menyebabkan Penyakit Pada Ayam

Ayam yang terpapar EM4 secara berlebihan dapat mengalami berbagai penyakit seperti diare, peradangan kloaka, dan penyakit pernapasan, dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut dapat mempengaruhi produksi telur dan kualitas daging. Jika penyakit tidak ditangani dengan baik, maka dapat menyebar ke seluruh populasi ayam di peternakan.

4. Mengurangi Kandungan Nutrisi dan Enzim Ayam

EM4 yang digunakan dalam jumlah yang berlebihan dapat mengurangi kandungan nutrisi dan enzim pada ayam. Hal ini menjadi dampak bahaya ayam menjadi kurang sehat dan kurang produktif. Kandungan nutrisi dan enzim yang menurun dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ayam.

5. Menurunkan Produktivitas Peternakan

Penggunaan EM4 yang berlebihan dapat membuat ayam menjadi bahaya serta kurang produktif. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi produktivitas peternakan. Ayam kurang produktif akan menghasilkan telur sedikit dan kualitas daging buruk. Selain itu, jika ada penyakit yang menyebar ke seluruh populasi ayam, maka akan mempengaruhi produksi telur dan kualitas daging secara keseluruhan.

Harga EM4 Peternakan Ayam

harga em4 peternakan

Dalam memilih EM4, pastikan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan EM4 dengan dosis yang tepat agar tidak terjadi kelebihan penggunaan yang dapat memicu risiko bahaya EM4.

Sebenarnya ada banyak jenis EM4 yang tersedia di pasaran dengan harga bervariasi serta diperjual belikan pada toko makanan hewan. Berikut adalah daftar harga EM4 untuk peternakan ayam.

Nama ProdukHarga
Biovet EM4 AktivatorRp 50.000,-
EM4 LokalRp 15.000,-
EM4 IndonesiaRp 35.000,-
EM Bokashi GranuleRp 120.000,-

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Bahaya EM4 Peternakan Ayam. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan mengembangkan peternakan hewan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi peternak ayam pemula dan ingin menghasilkan kualitas terbaik.

Insureka1