10 Ikan Pemakan Kotoran Koi di Kolam & Akuarium

Ikan Pemakan Kotoran Koi di Kolam Akuarium

Ikan Pemakan Kotoran Koi – Sebagai pecinta ikan Koi, pastinya kalian ingin kondisi Kolam maupun Akuarium selalu bersih. Oleh karena itu, banyak pemelihara ikan ini yang memasangkan filter atau saringan tambahan.

Selain itu, upaya untuk menjaga kebersihan Kolam Koi juga bisa dilakukan dengan cara menguras setiap satu bulan sekali. Perlu diketahui bahwa ketika air Kolam maupun Akuarium keruh biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, terutama kotoran dari ikan Koi itu sendiri.

Kotoran Koi pastinya selalu muncul setiap hari meskipun sudah rutin dibersihkan. Oleh karena itu, supaya memudahkan kalian para pemilik, disini kami sarankan untuk memelihara beberapa jenis ikan pemakan kotoran Koi.

Dengan begitu, kalian tidak perlu repot-repot lagi membersihkan kotoran untuk menjaga kebersihan Kolam. Lalu apa saja sih jenis ikan pemakan kotoran Koi? Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Ikan Pemakan Kotoran Koi

Ikan Pemakan Kotoran Koi

Seperti kita ketahui bahwa Koi merupakan salah satu jenis ikan Hias yang paling banyak digemari. Selain corak warna yang menarik, ikan Hias ini juga memiliki nilai jual cukup tinggi yang pastinya bisa mendatangkan keuntungan besar bagi para pemiliknya.

Sementara itu, perawatan ikan Koi sendiri bisa dibilang susah susah gampang. Sebagai pemilik, kalian hanya perlu memberikan jenis pakan Koi terbaik. Tapi di sisi lain, kalian juga wajib memperhatikan kesehatan tempat tinggal dari ikan Koi itu sendiri, baik di dalam Kolam maupun Akuarium.

Kemudian kotoran dari Koi itu sendiri terkadang memicu air Kolam menjadi keruh, dimana jika hal tersebut terjadi berkepanjangan, maka bisa menjadi sumber penyakit. Ketika ikan Koi terkena penyakit, maka bisa mengakibatkan pertumbuhan pigmen warna terhambat hingga menyebabkan kematian.

Sebagai pemelihara ikan Koi, pastinya kalian tidak ingin hal itu terjadi bukan? Nah, oleh karena itu disini kami menyarankan untuk memelihara ikan pemakan kotoran Koi. Dengan adanya ikan ini di tempat tinggal Koi, maka seluruh kotoran yang keluar bakal langsung dimakan oleh ikan-ikan tersebut, sehingga kebersihan Kolam tetap terjaga.

Berikut adalah beberapa jenis ikan pemakan kotoran Koi yang bisa kalian manfaatkan, diantaranya :

1. Ikan Chinese High – Fin

Ikan Chinese High Fin

Pertama ada ikan pemakan kotoran Koi bernama Chinese High – Fin. Ikan ini masuk ke dalam keluarga Catostomidae atau ikan Pengisap. Makan utama dari ikan ini adalah Ganggang, lumut hingga kotoran yang dikeluarkan ikan lainnya, termasuk dari ikan Koi. Dengan begitu, bagi kalian yang punya Kolam Koi, kalian wajib memasukkan ikan ini ke dalamnya sebagai pemakan kotoran Koi.

2. Ikan Pond Loach

Ikan Pond Loach

Selanjutnya ada ikan bernama Pond Loach yang termasuk sebagai salah satu jenis ikan pemakan kotoran Koi. Selain bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan Kolam Koi, ikan ini juga bisa jadi teman yang baik bagi seluruh penghuni Kolam karena sifat nya tidak agresif, sehingga tidak membahayakan jenis ikan lain di dalamnya.

3. Ikan Mas Rumput

Ikan Mas Rumput

Ikan Mas Rumput atau ikan Grass Carp juga menjadi salah satu ikan pemakan kotoran Koi. Ikan ini memiliki sifat yang rakus dimana setiap hari nya mereka bisa memakan makanan 40 sampai 300% dari berat tubuhnya. Sedangkan untuk makanan utamanya adalah apa saja yang berbahan dasar tanaman, termasuk kotoran dari pada ikan Koi.

4. Ikan Selimang Batang

Ikan Selimang Batang

Ikan Selimang Batang juga bisa dipelihara di dalam Kolam atau Akuarium berisi ikan Koi. Nantinya ikan-ikan ini siap memakan Alga, lumut, sisa-sisa makanan hingga kotoran dari ikan Koi. Dengan begitu, kebersihan tempat tinggal ikan Koi bakal lebih terjaga sekaligus membantu kalian dalam membersihkan Kolam Koi.

5. Ikan Selimang Batu

Ikan Selimang Batu

Selain ikan Selimang Batang, kalian juga bisa memelihara ikan Selimang Batu sebagai pemakan kotoran Koi. Ikan ini bisa tumbuh dengan pancang mencapai 27 cm, maka dari itu ikan Selimang Batang lebih cocok dipelihara pada kolam Koi. Karena jika dipelihara di Akuarium, mungkin bakal memenuhi tempat tersebut.

6. Ikan Cere

Ikan Cere

Ikan Cere juga termasuk sebagai salah satu ikan pemakan kotoran Koi. Selain itu, ikan Cere atau Mosquitofish juga merupakan ikan pemakan jentik nyamuk yang berada di tubuh ikan Koi. Namun perlu diketahui bahwa untuk memelihara ikan ini di dalam Kolam Koi, kami sarankan untuk menyiapkan tempat persembunyian bagi mereka. Sebab, jika tidak ikan Cere bisa menjadi santapan ikan Koi atau ikan-ikan lainnya yang berukuran lebih besar.

7. Ikan Sapu-Sapu

Ikan Sapu Sapu 1

Sesuai dengan namanya, ikan Sapu-Sapu siap menyapu bersih kotoran ikan Koi yang kerap memperkeruh air Kolam atau Akuarium. Hanya saja ikan Sapu-Sapu bisa tumbuh hingga 30 cm lebih, jadi sebaiknya ketika ikan tersebut sudah cukup besar, segera ganti dengan ikan Sapu-Sapu yang masih berukuran kecil supaya tidak mengganggu habitat ikan Koi.

8. Ikan Twig Catfish

Ikan Twig Catfish

Selain menjadi ikan penghisap kotoran Koi, Twig Catfish juga memakan makanan lainnya yang bisa membuat keruh air Kolam, seperti Gangga, lumut dan sejenisnya. Ikan ini juga memiliki sifat yang bersahabat, sehingga aman ketika disandingkan dengan ikan Koi.

9. Ikan Molly

Ikan Molly 1

Terakhir ada ikan Molly yang juga bisa dipelihara sebagai ikan penghisap kotoran ikan-ikan Koi di dalam Kolam atau Akuarium. Ukurannya yang kecil membuat ia bisa dengan mudah beraktivitas di dalam Akuarium Koi. Disamping itu, tampilan fisik dari ikan Molly juga cukup menarik, jadi selain bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga kebersihan Akuarium, ikan ini juga bisa ikut mempercantik Akuarium melalui tampilannya.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari Cupangbetta.id mengenai beberapa jenis ikan penghisap kotoran Koi. Semoga dengan adanya ulasan diatas, kalian para pemelihara ikan Koi bisa memperoleh manfaat terkait tips menjaga kebersihan tempat tinggal ikan Koi. Kemudian untuk mendapatkan ikan-ikan diatas kalian bisa langsung mendatangi pasar ikan atau toko ikan Hias terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.