Insureka1

10 Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih Ampuh

cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih

Cara Mengobati Bubul Ayam Dengan Bawang Putih – Sudah diketahui bahwa penyakit tersebut adalah salah satu penyakit kerap menyerang unggas. Penyakit bubul ayam disebabkan oleh virus menular melalui udara, air, makanan, atau kontak langsung dengan ayam yang sudah terinfeksi.

Gejala bubul ayam paling umum adalah pada bagian kepala dan wajah ayam membengkak serta terjadi pembengkakan di bagian mata dan kelopak mata yang menutupi mata ayam. Bubul ayam juga ditandai dengan penurunan nafsu makan, kesulitan bernafas, dan penurunan produktivitas pada ayam yang terinfeksi.

Bagi peternak ayam, kehadiran penyakit bubul ayam dapat sangat merugikan karena dapat mengganggu produksi telur dan daging ayam. Oleh karena itu, cara mengobati bubul ayam dengan cepat dan efektif sangat diperlukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bubul ayam adalah dengan menggunakan bawang putih.

Selain itu untuk meningkatkan kesehatan pada ayam harus diberikan pakan egg stimulant dengan racikan rahasia. Namun perlu diperhatikan jangan sampai terlalu berlebihan karena ada Efek Samping Egg Stimulant pada ayam. Adapun memberikan pakan tersebut bisa digunakan disaat ayam sedang mengalami bubul pada kaki, berikut dibawah ini adalah cara mengolah obatnya.

Bahan-bahan Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih

bahan mengobati bubul ayam

Bubul ayam atau dalam istilah medis disebut verruca vulgaris adalah salah satu jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Infeksi ini biasanya muncul pada bagian tangan, kaki, atau jari-jari. Jika tidak diobati, infeksi ini bisa menyebar dan semakin menyulitkan pengobatannya.

Insureka

Namun tidak perlu khawatir karena salah satu cara mengobati bubul ayam yang mudah dan efektif adalah dengan obat tradisional. Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan yang diperlukan mengobati bubul ayam menggunakan resep tradisional.

  • 3 siung bawang putih
  • 1 lembar kain atau plester
  • Alkohol 70%

Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih

mengobati bubul ayam

Menggunakan bawang putih sebagai obat untuk menghilangkan penyakit bubul ayam cukup mudah dilakukan. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih, lalu sapukanlah pada daerah yang terinfeksi bubul ayam. Lakukan pengobatan ini secara teratur setiap hari hingga bubul ayam sembuh total.

Selain itu dapat mencampurkan bawang putih dengan makanan ayam untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh ayam dan mencegah terjadinya infeksi bakteri atau virus lainnya. Namun, tetap dibutuhkan penanganan medis dari dokter hewan untuk mengatasi bubul ayam yang sudah parah. Berikut ini adalah langkah-langkah mengobati bubul ayam menggunakan bawang putih.

  • Langkah pertama-tama mencuci tangan sebelum atau sesudah mengobati bubul ayam.
  • Langkah selanjutnya kupas dan iris tipis-tipis bawang putih.
  • Berikutnya lakukan pembersihan pada bagian kulit yang terdapat bubul ayam.
  • Agar menjadi bubuk sebaiknya lakukan irisan bawang putihlalu oleskan pada bagian yang terdapat bubul ayam.
  • Untuk terhindar dari penyakit lainnya sebainya tutup dengan kain atau plester.
  • Tunggu bawang putih sampai meresap selama 6-8 jam atau semalaman.
  • Setelah itu, bersihkan bagian kulit tersebut dengan menggunakan alkohol 70% lalu olesi dengan salep antibiotik.
  • Pada langkah-langkah diatas dapat dilakukan sampai bubul ayam hilang dan keadaan ayam berjalan normal.

Namun, perlu diingat bahwa pengobatan menggunakan bawang putih tidak akan memberikan hasil instan dan perlu dilakukan secara teratur serta dilakukan dalam jangka waktu yang cukup. Pada beberapa kasus, perawatan medis dan antibiotik juga tetap diperlukan untuk mengatasi infeksi yang serius.

Biaya Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih

biaya mengobati bubul ayam

Dalam mengoleskan bubul ayam menggunakan bawang putih, pastikan untuk memperhatikan kebersihan serta kesehatan kulitmu. Jika kamu merasa tidak nyaman atau infeksi memburuk, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terpercaya untuk mendapatkan perawatan medis tepat.

Salah satu keuntungan dari pengobatan bubul ayam dengan bawang putih adalah biayanya murah dan mudah didapat. Apabila tertarik dengan cara diatas, silahkan lihat daftar harga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengobati bubul ayam.

Nama BahanHarga
Bawang putihRp1.000,-/ons
Kain atau plesterRp5.000,-/kotak
Alkohol 70%Rp10.000,-/botol

Dari beberapa bahan yang harus dibeli kalian harus mengeluarkan biaya sebesar Rp16.000,- untuk membeli semua bahan diperlukan untuk mengatasi bubul ayam dengan bawang putih. Pada bahan-bahan untuk mengobati bubul ayam bisa ditemukan pada pasar tradisional ataupun toko sembako terdekat.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah ada beberapa penyakit pada ayam sehingga sebagai peternak harus mengetahui cara mengobatinya. Salah satu penyakit kerap di hewan ayam adalah bubul pada bagian kaki. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengobati yang telah dibahas pada pembahasan diatas.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih. Nantikan informasi selanjutnya meliputi cara mengobati penyakit ayam lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi peternak ayam untuk mengobati penyakit bubul pada kaki.

Insureka1