Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

16 Jenis Ikan Manfish Beserta Harganya

Jenis Ikan Manfish

Jenis Ikan Manfish – Ikan Manfish atau dikenal juga dengan sebutan ikan Angelfish merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika selatan, tepatnya yaitu di perairan Amazon yang meliputi negara Brazil, Peru dan Colombia.

Termasuk dalam keluarga Cichilds, ikan Manfish sangat populer dan banyak digemari oleh kolektor maupun pecinta ikan hias. Bagi para penghobi ikan hias memelihara sekaligus merawat ikan Manfish menjadi pilihan karena selain harganya terjangkau ikan ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi mata yang memandangnya.

Selain di aquarium, ikan Manfish merupakan salah satu jenis ikan hias yang cocok dipelihara di aquascape. Bentuk tubuh ramping serta dapat dipelihara secara masal atau dalam jumlah banyak ditambah dengan dekorasi sebagai hiasan akan membuat aquarium atau aquascape kesayangan dirumah jadi lebih indah dipandang.

Soal pakan, ikan Manfish merupakan jenis ikan yang sangat rakus dan ketika memeliharanya kita bisa memberikan pakan berupa cacing beku, cacing sutra, tubifex, pelet dan jentik nyamuk karena Manfish merupakan jenis IKAN PEMAKAN JENTIK NYAMUK. Perlu diketahui ikan Manfish juga merupakan jenis ikan yang memiliki banyak varian/jenis, lalu jenis ikan Manfish apa sajakah yang bisa kita manfaatkan sebagai salah satu jenis ikan hias penghuni aquarium/aquascape kesayangan dirumah? Untuk mengetahui jawabanya, simak ulasan dari cupangbetta tentang jenis ikan Manfish berikut ini.

Jenis Ikan Manfish

Jenis Ikan Manfish. 1

Seperti dijelaskan diatas ikan Manfish ini merupakan jenis ikan yang memiliki berbagai macam jenis serta memiliki warna, corak dan harga yang berbeda-beda pula tergantung jenis dan ukuranya. Adapun jenis jenis ikan Manfish adalah sebagai berikut :

1. Zebra Angelfish

Zebra Angelfish

Harga : Rp 5.000 – Rp 30.000

Jenis ikan Manfish pertama adalah Manfish Zebra. Sesuai dengan namanya jenis Manfish ini memiliki ciri adanya strip garis-garis hitam di tubuhnya yang mirip dengan motif kuda zabra. Ciri lainnya adalah ada pada matanya yang berwarna merah.

2. KOI Angelfish

KOI Angelfish

Harga : Rp 15.000 – Rp 75.000

Jenis ikan Manfish selanjutnya ada Manfish Koi. Konon dinamakan Manfish Koi karena ikan ini memiliki kombinasi warna pada tubuhnya yang menyerupai ikan Koi.

3. Half Black Angelfish

Half Black Angelfish

Harga : Rp 5.000 – Rp 30.000

Jenis Manfish berikutnya yaitu Manfish Half Black. Ikan ini dapat dikenali melalui ciri-ciri setengah tubuhnya (bagian belakang) berwarna hitam.

4. Marble Angelfish

Marble Angelfish

Harga : Rp 7.000 – Rp 20.000

Jenis ikan Manfish berikutnya yaitu Marble Manfish. Jenis ikan ini dapat dikenali ciri-ciri tubuhnya yang memiliki motif acak kombinasi warna hitam dan putih.

5. Platinum Angelfish

Platinum Angelfish

Harga : Rp 5.000 – Rp 25.000

Manfish Platinum jadi jenis ikan Manfish selanjutnya yang memiliki ciri-ciri tubuh berwarna silver diseluruh tubuhnya.

6. Ghost Angelfish

Ghost Angelfish

Manfish Gost adalah jenis ikan Manfish yang memiliki ciri-ciri tubuh berwarna pucat keperakan karena ikan ini tidak memiliki jejak pigmentasi.

7. Clown Angelfish

Clown Angelfish

Merupakan jenis ikan Manfish dengan ciri tubuh berwarna dominan putih dengan motif bercak-bercak hitam.

8. Silver Angelfish

Silver Angelfish

Harga : Rp 5.000 – Rp 30.000

Silver angelfish memiliki ciri yang hampir sama dengan Manfish Zebra baik dari warna maupun motifnya, hanya saja pada Manfish silver strip hitamnya lebih sedikit.

9. Blushing Angelfish

Blushing Angelfish

Harga : Rp 10.000 – Rp 75.000

Berbeda dengan jenis Manfish lainnya, Blushing angelfish tidak memiliki pigment warna di seluruh tubuhnya sehingga ikan terlihat seperti transparan atau sesuai dengan namanya warna tubuh ikan ini seperti tersipu merah.

10. Gold Angelfish

Gold Angelfish

Harga : Rp 20.000 – Rp 100.000

Merupakan salah satu jenis Manfish termahal dan terpopuler. Sesuai namanya, ikan ini memiliki ciri warna yang spesifik yaitu berwarna emas.

11. Altum Angelfish

Altum Angelfish

Altum adalah jenis Manfish termahal untuk sekarang ini dimana untuk satu ekor Altum angelfish bisa dihargai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut karena selain memiliki motif paling menawan dengan corak warna perak dan garis kecoklatan (merah bata), Altum juga memerlukan perawatan yang spesial dibanding jenis Manfish lainnya.

12. Leopard Angelfish

Leopard Angelfish

Harga : Rp 5.000 – Rp 30.000

Sesuai namanya ikan ini memiliki ciri tubuh bermotif titik-titik hitam seperti leopard. Dalam perawatanya diperlukan pencahayaan yang pas guna menjaga pigmen warna serta bintik-bintik hitam tersebut tidak hilang.

13. Black Veil Angelfish

Black Veil Angelfish

Harga : Rp 10.000 – Rp 70.000

Adalah jenis Manfish dengan ciri tubuh berwarna hitam pekat tanpa corak sedikitpun dan memiliki ekor panjang.

14. Albino Angelfish

Albino Angelfish

Harga : Rp 10.000 – Rp 100.000

Secara tampilan jenis Manfish ini hampir mirip dengan jenis Platinum, hanya saja jenis Albino memiliki chiri khusus pada matanya yang berwarna merah.

15. Black Lace Angelfish

Black Lace Angelfish

Harga : Rp 15.000 – Rp 75.000

Secara sekilas Manfish jenis ini sangat mirip dengan jenis Black Veil Angelfish, hanya saja Black Lace memiliki corak ditubuhnya.

16. Manfish Slayer

Manfish Slayer

Merupakan jenis Manfish yang mimiliki sirip serta ekor berukuran panjang dan bercorak, kemudian untuk bagian tubuhnya terlihat polos tanpa warna.

Ciri Ciri Ikan Manfish Betina dan Jantan

Untuk mengetahui ikan Manfish jantan dan betina dapat dilihat tabel perbedaan antara Manfish jantan dan betina berikut ini.

Manfish JantanManfish Betina
Warna tubuh cerahWarna tubuh cenderung kusam
Ukuran tubuh lebih besar dan berbentuk memanjangTubuh cenderung lebih kecil dan berbentuk bulat
Bentuk kepala menonjolBentuk kepala datar
Ketika usia matang atau mulai pemijahan warna bertambah cerahKetika usia matang atau memulai pemijahan warna tubuh tetap sama
Sirip punggung berbentuk cembung> Sirip tidak bercabang dan halus.
> Pada perut betina terdapat benjolan dan tumpul

Cara Merawat Ikan Manfish Di Aquarium (Aquascape)

Sebagai informasi tambahan berikut ini cupangbetta sertakan info tentang bagaimana merawat ikan Manfish di aquarium maupun aquascape agar tetap sehat dan memiliki warna yang cerah dan indah :

  1. Pastikan air yang digunakan cocok untuk ikan Manfish, yaitu air yang memiliki PH 5,8 – 7,0.
  2. Pastikan ukuran aquarium ideal sesuai dengan ukuran tubuh ikan Manfish yang dibeli yaitu sekitar 3-4 kali lebih besar dari ukuran ikan, dengan ukuran aquarium ideal akan sangat berguna untuk pertumbuhan ikan dan juga membuat ikan terhindar dari penyakit.
  3. Sering memantau atau memeriksa kondisi ikan, hal ini perlu dilakukan karena bisa saja pada suatu waktu ikan akan mengalami masalah kesehatan maupun stres. Ikan yang sehat akan terlihat aktif berenang meskipun Manfish tergolong ikan pendiam, tetapi jika dalam kondisi tidak sehat akan terlihat jelas perbedaanya.
  4. Selain memantau ikan, pemantauan terhadap aquarium/aquascape juga penting dilakukan supaya jika terjadi masalah pada aquarium seperti bocor, air sudah kotor, terdapat hewan lain yang membuat air keruh dan lain sebagainya dimana hal tersebut bisa mengganggu kesehatan ikan bisa cepat ditanggulangi.
  5. Pastikan penggunaan Aerator dan Filter pada Aquarium/aquascape. Meskipun Manfish bisa hidup tanpa adanya aerator namun untuk menjaga suplay oksigen ataupun stamina ikan tentu diperlukan adanya aerator. Begitu jiga dengan filter, diperlukan untuk menjaga kejernihan air sehingga kesehatan ikan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.
  6. Penggunaan pakan yang bergizi. Untuk menjaga kesehatan serta dapat tumbuh dengan baik tentunya ikan Manfish membutuhkan nutrisi/gizi yang cukup, untuk itulah mengapa pemberian pakan bergisi sangat penting dan disarankan. Selain itu pemberian pakan bergizi juga akan membuat warna ikan semakin indah dan cerah.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jenis ikan Manfish yang dapat cupangbetta bagikan, semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan juga bisa membantu bagi Anda yang hendak memelihara ikan Manfish. Kemudian dengan adanya artikel ini cupangbetta juga berharap dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Cara Jual Ikan Cupang

Anas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.