Insureka1

10 Buah Kesukaan Murai Batu: Manfaat & Takaran 2024

buah kesukaan murai batu

Buah Kesukaan Murai Batu – Bicara mengenai burung yang sedang menjadi perbincangan, pasti tak terlepas dari Murai Batu. Burung sudah terkenal sejak lama ini memang menjadi salah satu burung banyak diminati oleh para penggemarnya.

Tak hanya dipelihara untuk dijadikan hobi, Murai Batu juga sering diikutsertakan dalam kompetisi burung berkicau. Dalam kompetisi, murai batu kerap memenangkan gelar juara dengan kicauannya merdu dan suara khas.

Sebagai burung kicau memiliki suara merdu, tentu saja Murai Batu membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kesehatannya dan meningkatkan kualitas suaranya. Salah satu asupan gizi yang dibutuhkan oleh burung ini adalah buah.

Bahkan bisa menggunakan pakan CACING UNTUK MURAI BATU untuk meningkatkan suara kicau. Tak heran jika para pemilik burung Murai Batu kerap memberikan berbagai macam buah sebagai pakan tambahan untuk burung kesayangannya.

Buah Kesukaan Murai Batu

manfaat pisang untuk murai batu

Sudah diketahui murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau sangat diandalkan pada ajang perlombaan kicau mania. Selain suaranya merdu, murai batu juga dikenal sangat pandai dalam menirukan suara-suara lain. Namun, untuk menjaga kesehatan murai batu dan membuatnya tetap gacor, pemberian makanan tepat sangatlah penting.

Insureka

Salah satu jenis makanan wajib diberikan kepada murai batu adalah buah. Perlu diketahui buah sangat penting bagi burung ini karena mengandung banyak nutrisi dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya. Berikut ini adalah beberapa jenis buah kesukaan murai batu.

1. Pepaya

Pepaya adalah buah kesukaan murai batu. Selain rasanya manis dan enak, pepaya juga mengandung banyak vitamin C dan serat baik untuk kesehatan burung. Di pasar, pepaya biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 5.000 per kg.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah mudah didapat di Indonesia. Harganya cukup terjangkau sekitar Rp. 4.500 per kg. Selain rasanya manis, pisang juga mengandung banyak nutrisi seperti kalium, vitamin C, dan vitamin B6 baik untuk kesehatan murai batu.

3. Apel

Apel sangat bermanfaat bagi murai batu karena mengandung banyak antioksidan dan serat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, harga apel cukup mahal yaitu sekitar Rp. 20.000 per kg.

4. Mangga

Mangga kesukaan murai batu karena rasanya manis dan segar. Selain itu, mangga juga mengandung banyak vitamin A dan vitamin C penting untuk menjaga kesehatan. Pada pasar mangga dijual dengan harga sekitar Rp. 15.000 per kg.

5. Paprika

Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, paprika tetap menjadi salah satu buah kesukaan murai batu. Paprika mengandung banyak vitamin C, vitamin B6, dan folat sangat penting untuk kesehatan. Harganya sekitar Rp. 40.000 per kg.

6. Strawberry

Strawberry merupakan buah sangat bermanfaat bagi murai batu. Buah ini mengandung banyak antioksidan dan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, harga strawberry relatif mahal yaitu sekitar Rp. 100.000 per kg.

Dalam memberikan buah-buahan kepada murai batu, pastikan untuk memberikan dalam jumlah tepat dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan dan mencuci buah terlebih dahulu sebelum diberikan.

Manfaat Makanan Buah Untuk Murai Batu

manfaat pepaya murai batu

Murai batu merupakan jenis banyak dipelihara oleh para pecinta burung di Indonesia. Tidak hanya karena suara kicauannya merdu, tetapi juga karena kecerdasannya dalam mempelajari suara dari lingkungannya. Agar murai batu selalu sehat dan aktif dalam beraktivitas, pemberian buah sangat penting untuk memberikan nutrisi dan vitamin dibutuhkan.

Memilih buah kesukaan murai batu seperti pepaya, pisang, apel, mangga, dan naga adalah pilihan tepat dalam memberikan asupan makanan pada hewan kesayangan. Buah tersebut kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh murai batu. Beberapa manfaat pemberian buah pada murai batu antara lain.

1. Menjaga Kesehatan

Buah-buahan sangat penting dalam memelihara kesehatan murai batu. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah-buahan dapat membantu menjaga imunitas dari berbagai penyakit. Murai batu sering diberi buah-buahan juga cenderung lebih sehat dan jarang sakit.

2. Meningkatkan Kualitas Suara Kicauan

Memberikan buah pada murai batu juga dapat membantu meningkatkan kualitas dan volume suara kicauannya. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, B, dan C yang terkandung pada buah-buahan dapat membantu meningkatkan performa kicauan.

Selain memberikan buah pada murai batu secara langsung, Anda juga dapat mencampurkannya dengan pakan yang biasa diberikan untuk memberikan variasi pada jenis makanan burung tersebut. Namun, dalam memberikan buah pada murai batu juga harus diperhatikan kuantitasnya, karena memberikan terlalu banyak buah-buahan juga dapat menyebabkan obesitas.

3. Menjaga Kestabilan Mood

Terakhir, memberikan buah pada murai batu juga dapat membantu menjaga kestabilan emosi. Seperti halnya manusia, murai batu juga dapat merasakan sensasi senang dan bahagia saat merasakan rasa manis dari buah-buahan.

Dalam memberikan buah pada murai batu, selain memperhatikan kuantitas juga harus memperhatikan kualitas dari buah tersebut. Memilih buah dari petani lokal yang bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan murai batu.

Harga Buah Kesukaan Murai Batu

harga buah kesukaan murai batu

Sebagian besar murai batu suka makan buah-buahan karena rasanya enak dan juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatannya. Namun, sebelum memberikan buah pada murai batu maka dari itu perlu memastikan bahwa memberikan buah sesuai dengan harga pasarnya.

Nama BuahHarga (per kilogram)
Jambu BijiRp 10.000 – Rp 15.000
PepayaRp 7.000 – Rp 10.000
NangkaRp 15.000 – Rp 20.000
PisangRp 5.000 – Rp 8.000
ApelRp 25.000 – Rp 30.000
ManggaRp 20.000 – Rp 25.000

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Buah Kesukaan Murai Batu. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan contoh makanan murai batu lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian sedang memelihara murai dan bingung memberikan makanan apa.

Insureka1