lazada

Cara Mengatasi Murai Birahi Tinggi Emosi Rendah Paling Ampuh

Cara Mengatasi Murai Birahi Tinggi Emosi Rendah

Cara Mengatasi Murai Birahi Tinggi Emosi Rendah – Para pecinta burung kicau pasti tak asing lagi dengan murai batu. Burung dengan kicau merdu ini memang terkenal di kalangan pecinta burung karena keindahan suaranya yang lantang. Namun, seperti halnya dengan kicauan burung lainnya, murai batu juga memerlukan perawatan yang cukup sulit.

Salah satu masalah sering muncul pada murai batu adalah birahi tinggi dan emosi yang rendah, sehingga kicauannya akan sedikit berkurang. Oleh karena itu, sebagai pemilik murai batu harus tahu tentang cara mengatasi murai birahi tinggi emosi rendah. Murai batu mengalami birahi tinggi emosi rendah umumnya sering terlihat lesu dan kurang aktif.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya stimulasi serta perhatian dari pemiliknya. Selain itu, perubahan lingkungan dan kondisi kandang yang kurang ideal juga menjadi faktor penyebabnya. Oleh karena itu yang ingin memelihara murai batu dengan baik, perlu memerhatikan beberapa hal penting dalam mengatasi masalah ini.

Sama halnya MURAI BATU EKOR PANJANG MELENGKUNG apabila birahi maka emosi tidak bisa stabil. Nah bagaimana cara menurunkan emosi birahi ? silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Murai Birahi Tinggi Emosi Rendah

emosi murai tinggi

Murai batu kerap menjadi idola para pencinta burung karena memiliki kicauan yang merdu dan juga postur tubuh cantik. Bagi penghobi burung, memelihara murai batu juga memiliki tantangan tersendiri yaitu mengatasi tingkat birahi tinggi agar tidak mudah merasa emosi rendah.

LazadaDana

Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena burung murai batu adalah jenis burung memiliki tingkat hormon tertinggi dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi murai birahi tinggi agar tidak mudah emosi rendah.

1. Pilih Jenis Pakan

Cara pertama untuk mengatasi birahi yaitu pilihlah jenis pakan tepat untuk burung murai batu. Bahkan bisa memberikan biji-bijian seperti jagung, milet atau kacang tanah untuk mengurangi emosi. Sebagai contoh bisa memberikan buah-buahan seperti apel, pepaya atau pisang untuk memberi asupan vitamin serta mineral untuk menjaga kesehatan burung.

2. Memberikan Suplemen

Cara kedua mengatasi birahi yaitu memberikan suplemen tepat untuk murai. Suplemen bisa berupa multivitamin atau tetes vitamin. Pemberian suplemen pada murai akan membantu menjaga kesehatan atau mengurangi tingkat birahi murai.

3. Perawatan

Cara selanjutnya mengatasi birahi murai yaitu melakukan perawatan setiap hari. Jangan biarkan burung terlalu lama berkubang dalam kandang. Biarkan murai beraktivitas di luar kandang supaya murai tidak mudah merasa bosan yang dapat menyebabkan tingkat hormon meningkat.

Selain itu, jangan biarkan lingkungan kandang murai terlalu kotor. Bersihkan kandang secara rutin agar murai tidak terpapar bakteri atau virus yang dapat membuat murai sakit.

4. Memberikan Stimulasi

Cara terakhir yaitu selalu berikan stimulasi pada burung murai batu. Berikan mainan pada murai agar merasa tertarik dan tidak merasa bosan. Selain itu juga bisa memberikan suara-suara burung liar yang biasa di dengar murai batu sebagai stimulasi agar merasa lebih nyaman.

Cara Mengatasi Emosi Tinggi Murai Birahi

murai birahi emosi tinggi

Salah satu cara mengatasi murai birahi tinggi serta emosi rendah adalah dengan menaruh makanan tepat. Pola pemberian makanan tepat dapat mengendalikan birahi murai agar tetap stabil atau tidak berlebihan. Berikut adalah beberapa tips dalam menaruh makanan yang tepat untuk mengendalikan birahi murai.

1. Tidak Berlebihan Pemberian Makanan

Jangan sampai menaruh makanan berlebihan dapat meningkatkan energi serta gairah burung. Ketika burung merasa terlalu energik, maka burung akan cenderung lebih aktif dan terkadang sulit untuk dikontrol. Oleh karena itu, beri makanan sesuai dengan kebutuhan burung serta jangan sampai pemberian makanan secara berlebihan.

2. Memilih Jenis Pakan yang Tepat

Mengatasi murai birahi dapat menggunakan makanan beragam jenis pakan mulai dari serangga, voer, kroto, hingga jangkrik. Namun dalam pemberian pakan untuk mengendalikan gairah burung, diperlukan pemahaman baik mengenai jenis pakan sesuai. Contohnya, pemberian jangkrik dapat meningkatkan gairah burung, sehingga pakan ini sebaiknya diberikan dalam jumlah terbatas.

3. Memberikan Pakan Sesuai Jadwal

Memberikan pakan pada waktu tepat dapat meningkatkan kesehatan serta mengendalikan gairah burung. Contohnya pemberian pakan pada pagi hari ketika burung sedang lapar atau energi masih terjaga, sehingga burung merasa segar dan siap dikontrol. Selain itu, memberikan pakan dalam jadwal teratur dapat membantu menjaga metabolisme burung dan menghindari kelebihan makan atau kelaparan.

4. Memberikan Pakan Tambahan

Memberikan pakan tambahan seperti buah-buahan atau sayuran dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan burung. Beberapa buah-buahan dapat diberikan antara lain jambu biji, apel, dan pepaya. Selain itu, sayuran seperti bayam dan wortel juga baik untuk diberikan sebagai pakan tambahan untuk burung murai.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Cara Mengatasi Murai Birahi Tinggi Emosi Rendah. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan jenis burung murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk pecinta murai agar mengatasi emosi birahi.

lazada