lazada

10 Ciri ciri Merpati Kolong: Stut Kencang & Mental Juara

ciri ciri merpati kolong

Ciri ciri Merpati Kolong – Salah satu jenis burung mewah serta sangat dihargai oleh para pecinta merpati di Indonesia. Merpati jenis ini mendapatkan namanya dari cekungan atau cekungan di dadanya, bisa menciptakan lekukan atau “lunas” di tulang dadanya. Dikenal karena penampilannya anggun serta anggun, ciri-ciri Merpati Kolong telah menjadi salah satu ras merpati mewah paling populer.

Penggemar merpati di seluruh Indonesia berkumpul berbondong-bondong untuk menghadiri pertunjukan dan kompetisi merpati, dengan Merpati Kolong menjadi bintang pertunjukan. Dianggap sebagai merpati pamungkas, merpati kolong memiliki karakteristik fisik atau perilaku unik dapat dibedakan dari ras lain.

Namun, untuk menjadi ahli dalam seni penangkaran merpati, sangat penting untuk memahami ciri-ciri pembeda dari burung terkenal ini. Mungkin untuk membedakan bisa diberikan nama merpati menurut warna agar bisa membawa hoki dalam perlombaan.

Pada artikel ini, kami akan membahas ciri-ciri merpati kolong, mengeksplorasi ciri-ciri fisiknya, ciri-ciri perilakunya unik, karena ada alasan mengapa merpati ini menjadi salah satu ras merpati paling dicari di Indonesia. Apakah Anda seorang ahli merpati berpengalaman atau tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang makhluk-makhluk menarik ini, Anda akan menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang Merpati Kolong di artikel ini.

Ciri Fisik Merpati Kolong

cara memilih merpati kolong

Merpati merupakan salah satu jenis burung digemari banyak orang karena penampilannya cantik serta karakteristik cukup unik. Salah satu jenis merpati paling populer adalah Merpati Kolong. Jenis burung ini terkenal dengan ciri fisiknya unik, antara lain ukurannya kecil, paruh pendek, serta bentuknya khas.

LazadaDana

Merpati kolong pada umumnya berukuran kecil merupakan salah satu ciri fisik paling mencolok dari burung ini. Biasanya, burung ini memiliki berat antara 250 hingga 300 gram dan memiliki panjang sekitar 25-30 sentimeter. Dibandingkan dengan jenis Merpati lainnya, Merpati Kolong relatif kecil. Meski ukurannya kecil, mereka masih sangat lincah, mampu bergerak dan terbang mengelilingi lingkungannya dengan mudah.

Paruh merpati kolong pendek adalah ciri khas lain dari trah ini. Bentuk paruhnya relatif pendek dan berbentuk kerucut, sehingga ideal untuk memudahkan makan dan pemeliharaan diri. Selain itu Merpati kolong juga memiliki kepala kecil lalu leher pendek dapat memudahkan burung untuk bernavigasi di ruang sempit. Sangat berguna saat terbang melalui lorong sempit atau mencari makan di dalam kandangnya.

Salah satu hal yang paling unik dari Merpati Kolong adalah bentuknya khas. Burung ini memiliki bentuk tubuh lebar serta bulat meruncing ke arah ekor. Jika dilihat dari atas, sayapnya sedikit melengkung dan tumpang tindih, memberikan bentuk yang khas pada burung tersebut. Bentuk tubuh unik ini berkontribusi pada kecepatan dan kelincahan mereka selama terbang, memungkinkan mereka untuk bermanuver dengan cepat di udara dan mendarat dengan akurat bahkan di ruang kecil.

Ciri ciri Perilaku Merpati Kolong

contoh merpati kolong stunt kencang

Merpati kolong menjadi salah satu jenis burung merpati populer di Indonesia, baik sebagai hobi maupun sebagai sumber penghasilan. Ada beberapa perilaku khas kepada merpati kolong yang membuatnya unik serta menarik. Berikut ini adalah beberapa perilaku khas merpati kolong dari cupangbetta di bawah ini:

1. Posisi Kaki

Saat bertelur, merpati kolong akan menempatkan kaki belakangnya di luar sarang. Hal ini merupakan tanda bahwa telur dierami adalah miliknya dan bukan milik merpati lain bisa saja bertelur di sarang yang sama. Selain itu, posisi kaki belakang dijulurkan ke luar sarang juga memberikan ruang cukup untuk memudahkan proses pengeraman telur atau menjaga suhu agar tetap stabil.

2. Peningkatan Performa Terbang

Merpati kolong dapat menjaga kecepatan terbang pada ketinggian cukup jauh dari tanah. Hal ini dikarenakan adanya upaya pembinaan dari pemilik merpati kolong dengan menggunakan suplement yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan performa terbang dan kesehatan merpati. Perlakuan ini membuat merpati kolong menjadi lebih kuat dan sehat, namun harus dilakukan dengan benar serta tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.

3. Membentuk Komunitas

Merpati kolong termasuk burung sosial serta suka berkumpul dengan jenisnya. Hal ini membuatnya mudah untuk membentuk komunitas besar atau seringkali dipelihara oleh banyak orang. Komunitas merpati kolong sering mengadakan lomba merpati untuk memperebutkan hadiah atau sekadar berkumpul dan berbagi pengalaman seputar merpati kolong.

4. Mudah Dilatih

Merpati kolong termasuk burung yang mudah untuk dilatih dan dijinakkan. Pemilik dapat melatih merpati kolong untuk kembali ke rumah atau ke sarangnya setelah dilepas terbang di luar rumah. Selain itu, merpati kolong juga mudah dilatih untuk berkomunikasi dengan manusia, sehingga dapat menjalin hubungan yang baik antara merpati atau pemiliknya.

5. Suara Khas

Merpati kolong juga dikenal dengan suaranya khas merdu sekali. Suara merpati kolong sering disebut suara “kroak kroak”, sehingga sering dijadikan sebagai latar suara dalam film atau iklan. Selain itu, suara merpati kolong juga sering dijadikan sebagai acuan untuk menentukan kualitas suara merpati kolong dalam lomba merpati.

Ciri ciri Karakteristik Merpati Kolong

harga merpati kolong

Merpati kolong adalah salah satu jenis burung merpati yang memiliki karakteristik khusus. Biasanya pemilik serta penggemar merpati kolong memiliki beberapa kesamaan karakteristik, diantaranya:

1. Tekun dan Disiplin

Pemilik dan penggemar merpati kolong cenderung memiliki karakter tekun dan disiplin dalam mengurus burung tersebut. Mereka menyadari bahwa merpati kolong membutuhkan perawatan teratur dan konsisten, serta pelatihan intensif untuk dapat mencapai tingkat yang optimal.

2. Menyukai Tantangan

Pemilik dan penggemar merpati kolong biasanya menyukai tantangan dalam menjalankan hobi burung ini. Mereka senang dengan pelatihan yang rumit dan memancing kecerdasan merpati kolong untuk bertambah baik dari waktu ke waktu.

3. Membangun Jaringan Koneksi

Sebagian besar pemilik dan penggemar merpati kolong senang membangun jaringan koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Mereka saling berbagi tips, pengalaman, hingga bertukar burung. Dalam hal ini, harga merpati kolong cukup bervariasi tergantung pada seberapa bagus performa burung itu.

Harga Merpati Kolong

merpati kolong mental juara

Berikut adalah harga-harga merpati kolong yang cukup populer di pasaran saat ini:

No.Nama BurungHarga
1Merpati Kolong TohpatiRp 5.000.000 – Rp 10.000.000
2Merpati Kolong BanjarRp 3.000.000 – Rp 6.000.000
3Merpati Kolong BaliRp 2.000.000 – Rp 4.000.000
4Merpati Kolong JemberRp 2.500.000 – Rp 5.000.000
5Merpati Kolong TegalRp 3.500.000 – Rp 7.000.000

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri merpati kolong meliputi ukuran tubuh yang kecil, bulu-bulu lebat, warna bulu yang bervariasi, bentuk serta posisi ekor yang khas, serta suaranya yang khas atau keras. Selain itu, merpati kolong juga memiliki keunikan dalam perilakunya, seperti menghabiskan waktu di tempat-tempat tertentu a tau biasanya melakukan jarak pendek saat terbang.

Meskipun memiliki ciri-ciri yang unik, merpati kolong seringkali diperlakukan sebagai burung yang eksotik serta dijadikan sebagai bahan bakar bisnis kicau mania. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari semua pihak untuk melestarikan merpati kolong agar tetap hidup serta berkembang dengan baik di alam liar.

lazada