Insureka1

10 Ciri ciri Merpati Tinggi Stut Kencang

CIRI CIRI MERPATI TINGGI STUT KENCANG

Ciri ciri Merpati Tinggi Stut Kencang – Merpati tinggi stut kencang adalah burung piaraan yang sangat populer di Indonesia. Memang merpati memiliki keunikan tersendiri dan banyak dijadikan sebagai hobi atau bahkan profesional bagi beberapa orang di Indonesia. Lalu, apa saja ciri-ciri merpati tinggi stut kencang tersebut?

Seperti contohnya saja merpati tinggi stut kencang memiliki bentuk tubuh proporsional dan memanjang. Ukuran tubuhnya pun relatif besar, yaitu sekitar 40-50 cm dengan berat mencapai 500 gram. Selain itu, burung ini juga memiliki sayap panjang serta lebar, sehingga membuatnya dapat terbang dengan sangat cepat dan menjatuhkan badannya dengan elegan.

Hal yang membuat merpati tinggi stut kencang begitu istimewa adalah kecepatannya. Merpati kolong biasanya memiliki kemampuan terbang begitu cepat atau lincah, terutama saat terbang dalam kecepatan tinggi. Itulah mengapa, banyak orang memilih merpati sebagai objek perlombaan atau bahkan hanya sebagai hiburan semata.

Ciri lain dari merpati tinggi stut kencang adalah bentuk kepala dan lehernya proporsional serta tegap. Mata burung ini kecil juga sangat tajam atau lebih terfokus untuk membidik sasarannya saat berlomba. Sementara itu, paruhnya kecil atau runcing tidak hanya digunakan untuk memakan biji-bijian atau makanan lainnya, tetapi juga berguna saat menjatuhkan badannya dengan sempurna.

Ciri ciri Merpati Tinggi Stut Kencang

teknik merpati stut kencang

Merpati tinggi merupakan salah satu jenis merpati menjadi hobi bagi para penggemar burung untuk dipelihara dan dijadikan ajang perlombaan. Merpati tinggi memiliki ciri khas stut kencang atau ketangkasan dalam terbang dengan ketinggian luar biasa. Berikut cupangbetta memberikan beberapa ciri ciri merpati tinggi stut kencang harus diketahui:

Insureka

1. Pertumbuhan Tubuh

Merpati tinggi memiliki tubuh ramping atau terlihat jangkung. Pangkal ekor tidak terlalu panjang dan lekukan di antara pangkal sayap cukup dalam. Selain itu, burung ini memiliki tulang dada cukup besar dan kuat, sehingga mampu menopang sayap saat terbang di ketinggian. Kepala merpati tinggi juga terlihat besar dan bulat, serta memiliki leher panjang serta ramping.

2. Bentuk Kepala

Kepala merpati tinggi terlihat lebih besar dari kepala merpati pada umumnya. Bagian belakang kepala terlihat membulat dan rahang bawah menyatu dengan tubuh. Selain itu, merpati ini memiliki bulu diantara kedua matanya lebat dan menutupi sebagian mata.

3. Bentuk Paruh

Paruh merpati tinggi terlihat kecil atau ramping. Ujung paruh tidak terlalu tajam serta terlihat berbentuk mirip dengan ujung pensil. Warna paruh bervariasi dari putih hingga hitam, tergantung pada warna bulu merpati.

4. Bentuk Sayap

Sayap merpati tinggi terlihat panjang atau ramping. Ujung sayap menjulang tinggi serta terlihat membulat. Sayap bagian bawah lebih tebal dari sayap bagian atas. Selain itu, merpati ini memiliki lekukan dalam di sisi sayap, sehingga mampu membantu merpati tinggi dalam terbang di ketinggian.

5. Warna Bulu

Bulu merpati tinggi bervariasi dari putih, hitam, abu-abu, coklat, dan lain sebagainya. Warna bulu ini biasanya tergantung pada jenis merpati tinggi dipelihara. Namun, paling banyak dipelihara adalah merpati tinggi berwarna putih atau hitam.

Jenis Merpati Tinggi Stut Kencang

jenis merpati kolong

Merpati tinggi stut kencang atau sering disebut dengan merpati balap adalah jenis merpati yang memiliki postur tinggi serta ciri khas sayap kecil atau kuat. Merpati jenis ini biasanya digemari oleh para penggemar balap atau menjadi komoditas sangat diminati. Sayangnya, merpati balap ini juga dijadikan ajang perjudian oleh sebagian orang.

Namun, di Indonesia, merpati balap telah diatur oleh Pemerintah sehingga menjadi ajang olahraga balap merpati sah. Berikut ini adalah jenis merpati tinggi stut kencang sering dipakai dalam kegiatan balap merpati:

1. Merpati Jawa

Merpati Jawa merupakan jenis merpati balap berasal dari Pulau Jawa. Merpati ini memiliki ciri khas sayap kecil dengan postur tubuh tegap. Merpati Jawa biasanya dijual dengan harga terjangkau, yaitu sekitar Rp. 200.000 – Rp. 2.500.000.

2. Merpati Madura

Merpati Madura juga merupakan salah satu jenis merpati balap populer di Indonesia. Merpati ini berasal dari Pulau Madura serta memiliki postur tubuh ramping atau kekar. Harga merpati Madura bervariasi, mulai dari Rp. 300.000 – Rp. 3.000.000.

3. Merpati Bali

Sementara itu, merpati Bali memiliki ciri khas sayap lebih kecil dibandingkan dengan jenis merpati lain. Namun, postur tubuhnya tergolong besar untuk ukuran merpati balap. Harga merpati Bali berkisar antara Rp. 500.000 – Rp. 4.000.000.

4. Merpati Bengkulu

Selain itu, ada juga merpati Bengkulu sering dijadikan komoditas dalam ajang balap merpati. Merpati ini memiliki ukuran tubuh besar dengan postur tubuh kokoh serta tegap. Harga merpati Bengkulu bisa mencapai Rp. 1.000.000 – Rp. 8.000.000 tergantung pada kualitasnya.

5. Merpati Pusaka

Terakhir, ada merpati Pusaka termasuk dalam jenis merpati balap paling mahal di Indonesia. Harga merpati Pusaka bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung pada kualitasnya. Merpati ini biasanya hanya dimiliki oleh para pecinta merpati balap memiliki modal cukup besar. Untuk harga merpati pusaka bisa mencapai Rp 2.500.000 paling murah serta paling mahal yaitu Rp 50.000.000 tergantung dari pengalaman mengikuti perlombaan.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri ciri merpati tinggi stut kencang adalah memiliki perawakan tubuh besar, sayap panjang atau kecepatan terbang luar biasa. Merpati jenis ini biasanya dipelihara untuk kegiatan balap burung atau sebagai hobi bagi para penggemarnya. Namun, perlu diingat bahwa merpati tinggi stut kencang juga memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya serta meningkatkan performa terbangnya.

Insureka1