lazada

15 Perawatan Murai Mabung Pertama Agar Cepat Ambrol

perawatan murai mabung

Perawatan Murai Mabung – Salah satu hal yang sangat penting bagi para pemilik burung murai. Murai mabung adalah masa dimana sedang mengalami pergantian bulu dan mungkin sedikit mengalami masalah dalam kesehatannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan khusus agar burung tetap sehat dan terjaga kondisinya.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan dalam perawatan murai mabung. Pertama-tama, pemilik murai mabung harus memberikan makanan sehat dan bergizi tinggi. Pilihlah makanan mengandung banyak protein agar murai memiliki asupan cukup agar pertumbuhan bulu baru.

Selain makanan, pemilik murai juga harus memperhatikan kebersihan sangkar dan lingkungan. Sangkar harus selalu bersih dan kering, agar tidak terjadi infeksi pada murai. Selain itu, lingkungan burung juga harus terjaga kebersihannya, seperti membersihkan kotoran burung dengan rutin dan membuang barang-barang tidak diperlukan dalam sangkar.

Tidak kalah beda dengan cara merawat murai mabung agar cepat ambrol memerlukan waktu dan kesabaran. Pemilik harus memberikan perhatian yang ekstra kepada murai selama masa mabung. Cobalah tidak mengganggu burung terlalu sering, karena hal itu dapat membuat burung merasa stres dan tidak nyaman.

Proses Mabung Murai

murai batu rontok

Murai Batu adalah salah satu jenis burung kicau sangat populer di Indonesia. Dikenal dengan keindahan suara kicauannya khas dan irama merdu. Tetapi terkadang Murai Batu juga mengalami fase perubahan yakni mabung. Fase mabung pada Murai Batu ini tergolong penting karena menjelang akhir mabung, kicauan murai akan semakin indah dan lebih merdu.

LazadaDana

Murai Batu akan mengalami perubahan bulu pada fase mabung ini. Bulu murai akan rontok dan tumbuh kembali dalam waktu beberapa minggu. Fase mabung biasanya terjadi sekitar 3-4 kali dalam setahun tergantung kondisi kesehatan dan perawatan burung Murai Batu tersebut. Fase tersebut akan berjalan dalam waktu 2-3 minggu sehingga bila memiliki beberapa ekor Murai Batu, masing-masing burung akan mengalami fase mabung pada waktu berbeda.

Perawatan pada fase mabung adalah hal sangat penting dilakukan agar murai tetap sehat dan bulu akan tumbuh menghasilkan bulu baru. Penting sekali murai membuat makanan yang bergizi dan rutin memberikan vitamin untuk menambah stamina.

Kandang Murai Batu perlu selalu bersih, tempat tidur dan bak mandi rutin dibersihkan dan diganti agar murai tidak mudah terkena penyakit dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu . Bila terlihat adanya bulu rontok, sebaiknya segera diangkat agar tidak jatuh ke kandang dan menjadi sarang bakteri dan mengganggu rantai sterilitas kandang Murai.

Dalam beberapa kasus, Murai Batu juga perlu mendapatkan perlakuan khusus untuk membantu pertumbuhan selama fase mabung. Salah satu caranya adalah memberikan makanan yang di formulasikan khusus untuk membantu pertumbuhan bulu. Namun perlu diingat bahwa dalam fase mabung, sebaiknya pemberian setengah dari dosis biasa diberikan agar murai tetap dalam kondisi sehat.

Perawatan Murai Mabung

perawatan murai batu mabung

Saat murai mulai mengalami masa mabung, beberapa pemilik mungkin merasa khawatir dan bingung tentang bagaimana peraawatan murai mereka dengan benar. Namun, ada beberapa cara perawatan murai saat mabung dapat membantu memastikan bahwa tetap sehat dan bahagia selama proses ini.

1. Berikan Pakan Berkualitas

Saat murai mabung, pastikan untuk memberi mereka makanan tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Berikan makanan tinggi protein jika mungkin, seperti jangkrik atau udang kecil. Selain itu juga dapat memberikan makanan mengandung kalsium, seperti tulang ikan atau telur. Namun, hindari memberikan makanan mengandung garam atau gula tinggi, karena hal itu dapat berdampak buruk pada kesehatan.

2. Berikan Lingkungan Tenang

Saat murai mabung tersebut akan mengalami perubahan hormonal menyebabkan mereka merasa stres atau cemas. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan lingkungan yang tenang dan nyaman untuk murai mabung. Hindari suara keras atau kebisingan dapat membuat murai makin stres. Bahkan bisa juga memberikan pencahayaan baik dan suhu ruangan nyaman untuk membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan murai selama proses mabung.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Selama masa mabung, murai mungkin menghasilkan lebih banyak debu dan bulu yang dapat meningkatkan risiko infeksi pada kandang. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kandang dengan lebih baik dan sering selama masa mabung. Buang sisa makanan dan air terkontaminasi setiap hari, lalu bersihkan tempat makan dan minum murai secara teratur. Selain itu juga dapat menambahkan kapur barus pada pasir kandang untuk membantu mengurangi infeksi mungkin terjadi.

4. Memberikan Perawatan Tubuh

Selama masa mabung, murai mungkin kehilangan bulu secara besar-besaran. Untuk membantu murai mabung menjaga kesehatan dan kenyamanannya, pastikan untuk memeriksa tubuh murai setiap hari. Ganti tempat tidur dan bulu murai rontok secara rutin. Selain itu juga dapat memberikan vitamin atau suplemen dibutuhkan murai untuk membantu menjaga kesehatan tubuhnya.

5. Kunjungi Dokter Hewan

Jika kondisi memburuk, pastikan untuk segera membawa murai ke dokter hewan. Dokter hewan dapat membantu mendiagnosis masalah kesehatan dan memberikan perlakuan tepat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui tanda dan gejala mungkin terjadi selama masa mabung murai.

Pentingnya Nutrisi Untuk Murai Mabung

perawatan murai cabut bulu 2

Murai batu adalah salah satu jenis burung populer di Indonesia karena memiliki suara merdu. Karena itu, banyak orang memelihara murai batu sebagai hobi atau bahkan sebagai bisnis. Namun, perawatan murai batu tidaklah mudah. Selain memperhatikan kondisi kandang, perlu juga memastikan bahwa burung tersebut mendapatkan nutrisi tepat, terutama saat sedang dalam masa mabung. Apa sebenarnya menjadi perhatian ketika memberikan nutrisi untuk murai mabung? berikut ini adalah penjelasannya.

1. Kebutuhan Nutrisi Murai Mabung

Saat murai batu sedang dalam masa mabung, tubuh mereka membutuhkan nutrisi tambahan agar bulu baru dapat tumbuh dengan cepat dan sehat. Selain itu, tubuh mereka juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempercepat proses pergantian bulu. Nutrisi yang tepat juga dapat menjaga kesehatan murai , mencegah terjadinya penyakit, dan meningkatkan semangat berkicau.

2. Jenis Pakan Berkualitas

Ada beberapa jenis pakan direkomendasikan untuk diberikan kepada murai batu saat sedang dalam masa mabung. Beberapa di antaranya adalah.

  • Voer murai
  • Ulat hongkong
  • Telor puyuh rebus
  • Brokoli atau sayuran

Voer murai digunakan sebagai makanan pokok sehari-hari dan tersedia di pasaran. Ulat hongkong dan telor puyuh rebus mengandung protein cukup tinggi dan dianjurkan untuk diberikan secara rutin sebagai suplemen protein bagi murai sedang mabung. Selain itu, sayuran hijau seperti brokoli atau daun bayam bisa diberikan untuk memastikan burung tersebut mendapat nutrisi serat cukup.

3. Perhatikan Kualitas Pakan Murai Mabung

Selain jenis makanan, kualitas dan jumlah pakan diberikan juga perlu diperhatikan. Pastikan bahwa pakan diberikan segar, berkualitas, dan bebas dari pencemar. Jangan berikan pakan sudah kadaluarsa atau basi karena dapat menyebabkan masalah kesehatan pada murai. Selain itu, pastikan bahwa jumlah pakan diberikan sesuai dengan kebutuhan harian dan jangan sampai kelebihan atau kekurangan nutrisi. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mengetahui jumlah dan kualitas pakan tepat untuk murai mabung.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan nutrisi tepat untuk murai batu sedang mabung. Selain nutrisi, perlu juga memperhatikan asupan air dan kebersihan sangkar agar murai tetap sehat dan memiliki performa suara baik. Semoga artikel ini dapat membantu dalam perawatan murai sedang mabung.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, perawatan murai mabung membutuhkan perhatian ekstra dan penanganan yang benar untuk memastikan burung bisa pulih dan kembali berkicau dengan suara merdu. Tahapan-tahapan perawatan seperti penyesuaian pakan, kontrol pencahayaan, dan perawatan luar burung harus dilakukan dengan hati-hati agar proses mabung berjalan lancar. Selain itu, pemilik burung juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan secara keseluruhan, menghindari stres, dan memberikan lingkungan aman dan nyaman bagi murai .

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Perawatan Murai Mabung. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari murai mabung lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk peternak murai yang sedang mabung agar pola ekor duluan.

lazada