Umur Berapa Murai Batu Mabung Ke 2? Penjelasan Lengkapnya

umur berapa murai batu mabung ke 2

Umur Berapa Murai Batu Mabung Ke 2 – Keindahan suara burung ini, juga kecerdasan dan sifatnya yang lincah, membuat para penggemar burung kicau tak pernah bosan untuk mengoleksinya. Salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penghobi Murai Batu adalah saat burung ini mengalami masa mabung. Dan tahukah kamu, umur berapa Murai Batu biasanya mengalami masa mabung ke-2?

Murai Batu yang telah dewasa umumnya akan mengalami masa mabung sebanyak 2 sampai 3 kali dalam setahun. Pada masa mabung, bulu lama burung ini akan rontok dan digantikan dengan bulu baru yang lebih sehat dan indah. Masa mabung biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan, tergantung dari kondisi kesehatan dan keadaan lingkungan sekitar burung.

Perlu diketahui terdapat salah satu jenis murai batu dengan kualitas suara aesthetic yaitu MURAI BATU EKOR PANJANG MELENGKUNG dan jenis tersebut sedang dicari-cari oleh penggemar burung. Apalagi telah mendapatkan murai batu dalam keadaan mabung kemungkinan bisa bertelur cepat.

Oleh karena itu agar tidak salah membeli murai batu maka membutuhkan tanda-tanda akan mabung. Karena tidak semua burung murai dijual dalam keadaan mabung, mungkin untuk pembahasan tersebut akan dijelaskan berikut ini.

Tanda-tanda Murai Batu Mabung Ke 2

harga murai batu mabung

Bagi para penggemar burung kicau, terutama Murai Batu, menunggu momen mabung ke 2 adalah saat yang sangat dinanti-nantikan. Selain untuk mengetahui kualitas suara dan performa burung, momen ini juga dapat dijadikan sebagai waktu untuk melakukan program pemasteran.

Murai Batu yang akan mabung ke 2 biasanya sudah menunjukkan beberapa tanda-tanda. Berikut adalah beberapa tanda-tanda umum yang dapat dilihat.

Tanda-tandaKeterangan
Ekor Lebih PanjangBagian ekor burung akan terlihat lebih panjang dan penuh bulu.
Lebih Bernafsu MakanPerilaku makan burung akan meningkat. Biasanya burung akan lebih sering meminta makanan dan lebih lahap saat menyantap makanan.
Terlihat Lebih AktifBurung akan terlihat lebih aktif saat berada di dalam kandang atau sangkar. Selain bernyanyi dengan volume yang lebih lantang, burung juga akan lebih kerap bergerak-gerak.
Ekornya Sering BerkedutBurung akan sering menggerakkan ekor ke samping dan ke atas-down. Gerakan ini menandakan bahwa burung sedang merasa senang dan bersemangat.
Memperlihatkan Ciri Khas GacorBurung yang berbakat akan menunjukkan ciri khasnya. Mulai dari variasi suara yang unik hingga durasi dan frekuensi suara yang panjang dan jelas.

Terkadang, ada juga beberapa Murai Batu yang tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas sebelum melakukan mabung ke 2. Namun, secara umum tanda-tanda di atas dapat dijadikan sebagai referensi dan patokan bagi para penggemar Murai Batu.

Umur Berapa Murai Batu Mabung ke 2?

murai batu mabung

Murai batu adalah salah satu burung yang sering dipelihara sebagai hewan peliharaan atau burung kicauan. Burung ini sangat terkenal dengan suaranya yang merdu dan bervariasi di antara setiap individunya. Selain itu, murai batu juga memiliki penampilan tubuh yang menarik bagi para kicau mania. Namun, seperti halnya burung lainnya, murai batu juga mengalami masa-masa pergantian bulu yang disebut mabung.

Mabung biasanya terjadi pada burung yang telah mengalami pertumbuhan bulu dewasa dan biasanya terjadi pada saat burung memasuki usia bulan tertentu. Umur berapa murai batu biasanya mabung ke 2? Mabung pada murai batu bisa terjadi sebanyak dua kali dalam setahun tergantung dari kondisi lingkungan dan kesehatan burung tersebut. Pada umumnya, murai batu pertama kali mengalami masa mabungnya pada saat usia 7 hingga 10 bulan. Setelah itu, burung akan mulai memasuki masa produktif dan aktif berkicau. Masa produktif burung ini bisa berlangsung selama beberapa tahun.

Namun, setelah masa produktifnya berakhir, maka murai batu akan kembali mengalami masa mabung ke 2. Mabung ke 2 biasanya terjadi pada saat burung memasuki usia 1 tahun ke atas, tergantung dari kondisi lingkungan dan kesehatan burung tersebut. Pada masa mabung ke 2 ini, burung cenderung menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap penyakit, sehingga perlu adanya perawatan yang baik dan makanan yang bergizi agar burung tetap sehat dan kuat.

Harga Murai Batu Selama Masa Mabung

tanda tanda murai batu mabung

Selama masa mabung, burung murai batu cenderung kurang aktif dan lebih banyak beristirahat. Hal ini karena burung sedang beradaptasi dengan bulu barunya yang tumbuh dan membutuhkan energi yang lebih besar.

Selama masa mabung, harga burung murai batu juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga burung pada masa normalnya. Hal ini dikarenakan bahwa burung sedang mengalami perubahan pada kondisi fisiknya dan mungkin tidak terlihat sebagus saat burung normal.

Kelas BurungHarga (dalam ribuan rupiah)
Kelas Bawah500 – 1.000
Kelas Menengah1.000 – 2.500
Kelas Atas2.500 – 5.000

Perlu diingat bahwa harga burung murai batu selama masa mabung dapat berbeda-beda tergantung dari kualitas dan penampilan burung itu sendiri. Selain itu, harga burung juga dapat berubah tergantung dari kondisi pasar dan populasi burung pada saat itu.

Perawatan Murai Batu Selama Masa Mabung

burung antik

Selama masa mabung, perawatan burung murai batu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan burung. Berikut adalah beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk burung murai batu selama masa mabung:

  • Beri makanan yang bergizi dan seimbang
  • Beri suplemen vitamin dan mineral
  • Beri waktu dan tempat istirahat yang cukup
  • Jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar
  • Jangan mempertemukan burung dengan burung lain dalam kandang yang sama

Perawatan yang baik selama masa mabung akan membantu burung agar dapat tetap sehat dan kuat menjalani masa-masa mabungnya dengan baik. Jangan lupa untuk mengajak burung ke dokter hewan jika diperlukan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Umur Berapa Murai Batu Mabung Ke 2. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan burung murai batu lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi peternak murai batu agar mengetahui siklus mabung.

Bagikan:

[addtoany]