lazada

Perbedaan Channa Maru Borneo dan Sumatra

perbedaan channa maru borneo dan sumatra

Perbedaan Channa Maru Borneo dan Sumatra – Dalam hal memilih ikan chjanna untuk dipelihara, ada baiknya untuk mempertimbangkan kondisi air atau lingkungan tepat agar pertumbuhan dan perkembangan ikan berjalan dengan baik. Dengan memilih Channa Maru tepat serta melakukan pemeliharaan baik, kita dapat memperoleh keuntungan dari ikan ini dan tetap menjaga kelestariannya.

Namun, meskipun memiliki perbedaan, kedua jenis Channa Maru ini memiliki nilai ekonomi tinggi serta banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Pemeliharaan baik serta menjaga kelestarian ikan ini tetap menjadi tanggung jawab bersama kita untuk menjaga keanekaragaman hayati Indonesia.

Karena di negara Indonesia sangat banyak jenis Channa, sehingga beberapa orang menjadi bingung memilihnya. Oleh sebab itu, membutuhkan informasi secara valid mengenai perbedaan channa maru borneo dan sumatra mulai dari habitat, ciri fisik dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait perbedaan channa maru borneo dan sumatra secara jelas. Untuk pembahasan lebih lanjut bisa simak penjelasan dibawah ini dengan sesakma.

Perbedaan Channa Maru Borneo dan Sumatra

ciri fisik channa borneo dan sumatra

Adapun perbedaan channa maru borneo dan sumatra adalah dua jenis ikan gabus hidup di perairan sekitarnya. Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Jenis ikan ini memiliki karakteristik khas, seperti tubuhnya agak melengkung dan memiliki sisik-sisik khas berukuran besar.

LazadaDana

Meski sama-sama bernama Channa maru , namun ikan gabus ini memiliki perbedaan karakteristik signifikan antara hidup di perairan Sumatra. Agar lebih jelasnya bisa lihat penjelasan tentang perbedaan channa maru borneo dan sumatra.

Ciri Khas Channa Maru Borneo

Channa Maru Borneo memiliki ciri khas berupa warna tubuhnya unik. Jenis ikan ini memiliki warna dasar tubuh cenderung merah bata, dengan garis-garis hitam membentuk pola zigzag. Warna ini menjadi ciri khas membuat ikan gabus ini sangat diminati oleh para pecinta ikan hias.

Selain itu, Channa Borneo juga memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan Channa Sumatra. Ikan gabus ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 50 cm dan bobot tubuh sekitar 2 kg. Keberadaan Channa Maru Borneo biasanya terdapat di perairan sungai-sungai besar di Kalimantan.

Ciri Khas Channa Maru Sumatra

Sementara itu, Channa Sumatra memiliki daerah persebaran yang lebih luas dibandingkan dengan Channa Borneo. Ikan gabus ini dapat ditemukan di perairan delta-delta Sungai. Channa Maru Sumatra memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, dengan rata-rata panjang maksimal sekitar 25 cm dan bobot tubuh sekitar 1 kg.

Perbedaan paling signifikan dari Channa Maru Sumatra terletak pada warna tubuhnya. Ikan gabus ini memiliki warna tubuh coklat kekuningan, dengan bercak-bercak hitam di sekitar tubuh dan sirip. Jika dilihat sekilas, Channa Sumatra mirip dengan Channa Borneo, namun jika dilihat secara mendetail, maka perbedaannya cukup jelas terlihat.

Perbedaan Habitat Channa Maru Borneo dan Sumatra

ikan channa maru borneo

Channa Maru atau sering disebut dengan ikan gabus Maru merupakan salah satu ikan konsumsi cukup populer di Indonesia. Ikan ini memiliki habitat alami tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Pulau Borneo dan Sumatra.

Perbedaan habitat Maru antara Pulau Borneo dan Sumatra sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kualitas tubuh ikan. Berikut cupangbetta memberikan penjelasan perbedaan habitat Channa Maru Borneo dan Sumatra:

PerbedaanChanna Maru BorneoChanna Maru Sumatra
1. Suhu airRata-rata 27-30℃Rata-rata 25-27℃
2. Kedalaman airBerpeluang lebih dalamCenderung dangkal
3. Struktur dasar perairanBanyak batu dan kayuBanyak tanah liat dan lumpur
4. Kualitas airCukup bersih dan jernihCenderung kotor dan berwarna kecokelatan
5. Ketersediaan oksigenCukup tinggiCenderung rendah

Perbedaan Fisik Channa Maru Borneo dan Sumatra

channa maru yellow

Bagi para penghobi ikan hias air tawar, Channa maru menjadi salah satu spesies sering dipilih. Channa maru juga dikenal dengan sebutan ikan gabus. Spesies ini bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di pulau Sumatra dan Kalimantan Borneo. Kedua spesies ini memiliki karakteristik berbeda-beda, terutama dari segi ciri fisiknya.

Ciri fisik maru Borneo memiliki tubuh lebih besar dibandingkan dengan maru Sumatra. Ikan Channa maru Borneo juga memiliki warna lebih gelap. Selain itu, terdapat beberapa ciri fisik lain perbedaan maru Borneo dan Sumatra, yaitu:

 Channa Maru BorneoChanna Maru Sumatra
Panjang60-100 cm30-60 cm
Berat3-8 kg2-4 kg
WarnaLebih gelapCenderung lebih terang
Ukuran SiripLebih pendekLebih panjang
Gambaran Garis-Garis pada TubuhLebih jelasTidak terlalu jelas

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan Channa Maru Borneo dan Sumatra memiliki perbedaan cukup signifikan. Dari segi warna, Maru di Sumatra cenderung lebih terang dan cerah dibandingkan dengan ada di Borneo. Perbedaan lainnya dapat dilihat dari bentuk tubuh, dengan Maru Borneo memiliki tubuh yang lebih ramping dan Maru Sumatra lebih bulat.

lazada