Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Jenis Jenis Ikan Channa Lengkap Beserta Gambarnya

Jenis Jenis Ikan Channa

Jenis Jenis Ikan Channa – Ikan Channa atau oleh masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ikan Gabus atau juga ikan Toman. Untuk di luar negri, selain Channa ikan ini juga dikenal dengan sebutan snakehead. Sebelum ramai sebagai ikan hias seperti sekarang ini, ikan gabus dikenal sebagai ikan konsomsi yang memiliki rasa enak dan memberikan banyak manfaat ketika mengkonsumsinya.

Manfaat dari mengkonsumsi ikan gabus diantaranya seperti menambah gizi, mempercepat penyembuhan, menjaga kesehaan mata dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Difungsikan sebagai ikan hias ikan Channa atau gabus ini tidak kalah dengan jenis ikan hias lainnya, meski merupakan jenis ikan predator tetapi ikan Channa tidak seperti kebanyakan ikan predator lainnya yang hanya menawarkan tampilan garang serta tingkat keagresivitasnya ketika diberi makan.

Sebagai ikan hias, mahal dan murahnya ikan Channa selain dilihat atau dinilai dari keagresivitasnya, juga dilihat/dinilai dari jenisnya. Dimana setiap jenis ikan Channa menawarkan keindahan warna serta corak di tubuhnya yang sangat menarik, cantik serta dapat memberi kesejukan mata bagi setiap yang melihatnya. Lalu apa sajakah jenis jenis ikan Channa yang bisa dimanfaatkan sebagai ikan hias?

Nah sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut diatas dikesempatan kali ini cupangbetta akan berbagi informasi seputar ikan Channa, mulai dari harganya, gambarnya maupun jenis ikan Channa yang bagus sebagai penghuni aquarium kesayangan dirumah. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi seputar ikan Channa, simak ulasan dari cupangbetta tentang jenis jenis ikan Channa berikut ini.

Jenis Jenis Ikan Channa Beserta Gambarnya

Jenis Jenis Ikan Channa Beserta Gambarnya

Meski memiliki banyak penggenar dan bisa dijadikan sebagai ikan hias yang bagus namun sebenarnya di luar negri ikan Channa dilarang untuk dipelihara, mengapa demikian? Ikan Channa diluar negri dilarang dipelihara karena merupakan salah satu ikan invasif, artinya seekor ikan yang berasal dari luar dan dapat mengancam kelestarian ikan lokal. Dibawah ini merupakan rekomendasi jenis jenis ikan Channa lengkap beserta gambarnya yang bisa Anda pilih sebagai penghuni aquarium kesayangan di rumah.

1. Channa Andrao

Channa Andrao

Jenis ikan Channa pertama yaitu Channa Andrao. Andrao termasuk dalam jenis Channa hias berukuran kecil, dimana ukuran terbesar ikan ini hanya mencapai 11 cm saja. Habitat asli ikan gabus ini tersebar di perairan Asia. Bagus sebagai iakn hias karena Andrao memiliki corak tubuh yang unik dengan warna merah kecoklatan dan sirip berwarna biru.

2. Channa Argus

Channa Argus

Jenis ikan Channa selanjutnya ada Channa Argus. Ikan ini sering disebut juga sebagai ikan gabus utara yang dianggap sebagai spesies invasif, Argus berasal dari Rusia, Korea Selatan, Korea Utara dan Tiongkok. Untuk habitat asli ikan Channa Argus berada di sungai Amur hingga Pulau Hainan, sedangkan ciri khasnya dapat dilihat bercak hitam dibagian tubuhnya. Ukuran terbesar ikan gabus ini bisa mencapai 1 meteran.

3. Channa Barca

Channa Barca 1

Jenis ikan Channa berikutnya yaitu Channa Barca. Merupakan salah satu jenis ikan Channa termahal yang ada dipasaran Indonesia, yaitu sekitar belasan juta. Habitat asli Channa Barca yaitu di lembah sungai Brahmaputra bagian atas di timur laut India dan Banglades, sedangkan untuk ukuran maksimal ikan gabus ini bisa mencapai sekitar 90 cm.

4. Channa Amphibeus

Channa Amphibeus

Jenis ikan Channa selanjutnya yaitu Channa Amphibeus. Amphibeus berasal dari perairan India, memiliki corak warna gabungan merah dan hitam yang menambah kesan garang ikan. Ukuran terbesar Amphibeus bisa mencapai sekitar 90 cm.

5. Channa Asiatica

Channa Asiatica

Channa Asiatica menjadi jenis ikan Channa selanjutnya. Termasuk jenis Channa agresif, ukuran tubuhnya bisa mencapai 35 cm, terdapat dua jenis corak ikan Asiatica yaitu corak red spot dan white spot. Ikan yang juga disebut juga dengan green snakehead atau chinese snakehead memiliki habitat asli di lembah sungai Chang Jiang dan lembah sungai Xun, tepatnya di provinsi Guangxi dan Guang dong.

6. Channa Aurantimaculata

Channa Aurantimaculata

Jenis selanjutnya yakni Channa Aurantimaculata. Memiliki corak warna menarik yaitu perpaduan antara kuning, biru dan hitam, meski begitu Aurantimaculata sangat mudah didapat dan memiliki hara lumayan terjangkau.

7. Channa Aurantipectoralis

Channa Aurantipectoralis

Aurantipectoralis menjadi salah satu jenis ikan Channa yang cocok sebagai salah satu penghuni aquarium kesayangan Anda, karena memiliki corak warna menarik ditubuhnya.

8. Channa Bankanesis

Channa Bankanesis

Bankanesis adalah jenis Channa yang banyak ditemukan di perairan Indonesia dan Malaysia. Corak warna tubuhnya merupakan kombinasi cokelat dengan bercak hitam, termasuk jenis Channa berukuran kecil dengan ukuran terbesar hanya mencapai sekitar 24 cm saja.

9. Channa Bleheri

Channa Bleheri

Bleheri menjadi salah satu jenis ikan Channa paling kalem jika dibandingkan dengan jenis lainnya, bahkan bisa menempatkan ikan hias jenis lain dalam satu aquarium sebagai tankmatenya. Ikan gabusi ini juga memiliki ciri khas unik dari segi corak dan warna tubuhnya, ukuran terbesarnya bisa mencapai 23 cm.

10. Channa Burmanica

Channa Burmanica

Sama seperti Bleheri, Channa Burmanica juga jenis ikan Channa yang damai dan tidak terlalu agresif, jadi cocok ditempatkan dengan ikan hias lain dalam satu aquarium. Burmanica masuk dalam jenis gabus berukuran kecil, dimana hanya bisa tumbuh hingga 8 cm saja. Burmanica memiliki habitat asli di wilayah Myanmar bagian utara.

11. Channa Baramensis

Channa Baramensis

Selain sebagai ikan hias, Baramensis juga menjadi salah satu ikan gabus konsumsi. Warna tubuhnya didominasi dengan warna cokelat diseluruh tubuhnya. Habitat asli Baramensis adalah di perairan sungai Kalimantan, dengan ukuran maksimal hanya sekitar 22 cm.

12. Channa Diplogramma

Channa Diplogramma

Merupakan jenis Channa yang berasal dari India. Ciri khas Diplogramma dapat dilihat warnanya yang menawan dengan dua buah garis horisontal membentang dari kepala hingga ekor dipadukan dengan dengan bintik-bintik berwarna hitam dipunggungnya. Sedangkan untuk ukuran, ikan ini bisa tumbuh hingga 44 cm.

13. Channa Gachua

Channa Gachua

Gachua menjadi salah satu jenis Channa dengan ukuran tubuh kecil, yaitu sekitar 25 cm. Dengan ukuranya yang kecil dikombinasikan corak serta warna tubuh menarik putih dan hitam serta siri biru/orange membuat ikan gabus ini cocok jika dipelihasa di aquarium sebagai ikan hias.

14. Channa Harcourtbutleri

Channa Harcourtbutleri

Harcourtbutleri atau Burnese snakehead merupakan jenis Channa yang berasal dari perairan Myanmar, memiliki ukuran tubuh maksimal hanya mencapai 25 cm.

15. Channa Longistomata

Channa Longistomata

Longistomata masuk dalam jenis Channa berukuran kecil, yakni sekitar 16 cm saja. Longistomata banyak ditemukan diperairan Vietnam dan untuk di Indonesia sendiri jenis gabus ini masih jarang dan langka.

16. Channa Lucius

Channa Lucius

Lucius atau dikenal juga dengan sebutan forest snakehead merupakan jenis Channa yang banyak ditemukan diperairan Indonesia dan Thailand, untuk ukurannya bisa tumbuh hingga 40 cm.

17. Channa Maculata

Channa Maculata

Maculata memiliki nama lain Blotched snakehead, adalah salah satu jenis ikan gabus agresif. Jadi jika ingi menjadikan Malculata sebagai ikan hias disarankan untuk tidak menyatukanya dengan jenis ikan hias lain dalam satu aquarium. Dilihat dari corak serta warna, Malculata bisa dibilang adalah versi mini dari Channa Argus, ukuranya yaitu sekitar 20 cm.

18. Channa Marulioides

Channa Marulioides

Marulioides memiliki nama lain Emperor snakehead. Di alam aslinya ikan ini bisa tumbuh hingga 56 cm dengan bentuk tubuh berwarna dasar putih kekuningan serta garis vertikal berwarna hitam dari kepala hingga ekor. Dipasaran ada beberapa jenis Maru, yaitu Red eye maru dan Red Spotted Maru.

19. Channa Marulius

Channa Marulius

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, bisa dibilang Marulius merupakan jenis Channa terbesar dimana tubuhnya bisa tumbuh hingga mencapai 180 cm. Marulius juga memiliki sebutan lain, yaitu Great snakehead dan juga Bullseye snakehead.

20. Channa Melanopetra

Channa Melanopetra

Adalah jenis Channa yang berasal dari Indonesia, tepatnya di perairan sungai Sumatera dan Kalimantan. Tubuhnya bisa tumbuh mencapai ukuran 65 cm.

21. Channa Melanostigma

Channa Melanostigma

Melanostigma adalah jenis Channa yang berasal dari sungai-sungai di India dan merupakan jenis Channa paling terbaru ditemukan.

22. Channa Melasoma

Channa Melasoma

Melasoma atau dikenal juga dengan sebutan Black snakehead memiliki sifat sangat agresif, jadi jika ingin memeliharanya disarankan untuk tidak menyatukanya dengan ikan hias jenis lain. Tubuhnya bisa tumbuh hingga mencapai 30 cm dengan ciri khas warna kuning kecoklatan diseluruh tubuhnya dipadukan dengan motif list berwarna putih di bagian siripnya.

23. Channa Micropeltes

Channa Micropeltes

Di Indonesia jenis ikan Channa ini dikenal sebagai ikan Toman dan merupakan ikan predator asli asal Indonesia. Sifatnya sangat agresif ditambah lagi memiliki gigi tajam, membuat Toman menjadi predator sempurna di alam aslinya. Toman bisa tumbuh maksimal mencapai 130 cm.

24. Channa Ninhbinhensis

Channa Ninhbinhensis

Ikan gabus yang dapat tumbuh hingga 27 cm ini merupakan ikan asli asal Vietnam, memiliki ciri-ciri warna coklat kemerahan.

25. Channa Nox

Channa Nox

Nox merupakan jenis Channa yang sudah langka meskipun didaerah asalnya yaitu China.

26. Channa Orientalis

Channa Orientalis

Orientalis masuk kedalam kelompok Channa berukuran kecil, dimana tubuhnya hanya bisa tumbuh hingga sekitar 10 centimeteran saja. Jadi selain corak warnanya menarik, ukuranya yang kecil sangat cocok jika dipelihara di aquarium sebagai salah satu ikan hias.

27. Channa Panaw

Channa Panaw

Meski berasal dari Vietnam, jenis ikan gabus satu ini banyak sekali ditemukan di pasar Indonesia. Termasuk jenis Channa berukuran kecil, yakni sekitar 14 cm.

28. Channa Pardalis

Channa Pardalis

Ikan berukuran maksimal 17 cm ini dulunya sempat dinamai Channa SP True Blue karena ciri waarna yang dimilikinya yaitu biru dan hitam.

29. Channa Stirata

Channa Stirata

Ikan yang dapat tumbuh hingga 90 cm ini menjadi jenis ikan gabus yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Terdapat dua jenis Stirata yang beredar dipasaran, yaitu normal dan albino. Banyak sekali sebutan untuk jenis Stirata, seperti Chevron snakehead, Common snakehead, dan Striprd snakehead.

30. Channa Stewartii

Channa Stewartii 1

Stewartii dapat tumbuh hingga 25 cm. Stewartii atau Golden snakehead ini cocok sebagai hewan peliharaan karena memiliki corak serta warna menarik.

31. Channa Punctata

Channa Punctata

Punctata atau sering disebut juga Spotted snakehead dan Green snakehead memiliki sifat cenderung kalem dan tidak terlalu agresif, pertumbuhanya bisa sampai 30 centimeteran.

32. Channa Pulchra

Channa Pulchra

Ikan gabus berukuran maksimal 30 cm ini sangat cocok menjadi salah satu penghuni aquarium Anda karena memiliki tampilan menarik dan unik.

33. Channa Pomanensis

Channa Pomanensis

Adalah jenis Channa yang berasal dari sungai di India, mempunyai panjang maksimal hingga 17 cm.

34. Channa Pleurophthalma

Channa Pleurophthalma

Jenis ikan gabus hias yang aktif berenang dengan panjang maksimal mencapai 40 cm mempunyai tampilan menarik kombinasi titik-titik hitam di seluruh bagian tubuhnya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jenis jenis ikan Channa yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.