Insureka1

5 Murai Batu Ekor Panjang Melengkung: Jenis & Harga 2024

murai batu ekor panjang melengkung

Murai Batu Ekor Panjang Melengkung – Sudah diketahui sudah ada beberapa jenis burung memiliki ciri khas tersendiri serta mendapatkan nilai harga cukup tinggi. Tidak hanya memiliki suara merdu burung berasal dari Sumatera, Kalimantan, dan Malaysia ini juga memiliki penampilan sangat menarik dengan bulu-bulu cerah.

Menurut beberapa penghobi burung, murai batu ekor panjang melengkung menjadi salah satu ras burung kicau memerlukan perawatan khusus. Selain kualitas pakan harus terjaga, pemilik harus selalu melakukan perawatan kesehatan agar burung tetap sehat dan aktif. Di samping itu, juga diperlukan beberapa teknik dan metode efektif dalam melatih burung agar memiliki suara aesthetic.

Perlu diketahui burung murai batu akan menghasilkan telur yang akan menetas pada waktunya. Sama halnya KENARI BERTELUR KAPAN MENETAS membutuhkan hitungan hari menetas agar menghasilkan anakan bagus.

Dalam pembudidayaan murai batu pemilihannya sebaiknya dilakukan secara selektif dengan memilih indukan berkualitas. Hal ini penting untuk menjamin kualitas anak-anaknya, termasuk suara dimilikinya. Maka dari itu, untuk pemula ingin mencoba memelihara murai batu ekor panjang melengkung silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Ciri-ciri Murai Batu Ekor Panjang

ciri ciri murai batu ekor panjang

Murai Batu Ekor Panjang Melengkung atau lebih dikenal dengan MB EPM, merupakan salah satu varietas murai batu menjadi primadona di dunia kicau mania. Varietas ini menarik perhatian para penggemar burung kicau di Indonesia karena memiliki ciri khas dengan ekor panjang melengkung elegan. Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai burung memiliki kicauan lantang dan irama nyaman didengar telinga.

Insureka

Seperti halnya burung murai batu pada umumnya, MB EPM termasuk jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh mencapai sekitar 25 cm. Penampilan fisik burung ini terlihat sangat memukau dengan buluh-bulu mengkilap, warna bulu menawan, serta ekor panjang dengan bentuk melengkung.

MB EPM memiliki tubuh kompak dan kekar dengan warna bulu dominan hitam pada bagian atas dan putih di bagian bawah tubuh. Pada bagian kepala, terdapat garis-garis putih membuat burung ini semakin menarik untuk dipandang. Selain itu, burung ini juga memiliki paruh tajam dan kuat, sehingga sangat baik untuk mencabik-cabik mangsa utamanya yaitu serangga dan ulat-ulat kecil.

Namun, keunikan utama dari MB EPM adalah bentuk ekornya yang panjang dan melengkung. Bentuk ekor melengkung tersebut membuat burung ini semakin terlihat menarik dan elegan, sehingga menjadi daya tarik utama bagi para penggemar burung kicau. Selain itu, ekor melengkung juga berfungsi sebagai alat bantu untuk menjaga keseimbangan saat burung memanjat atau melompat dari cabang satu ke cabang lainnya.

MB EPM adalah burung memiliki sifat tegas dan penuh percaya diri. Secara alami, burung ini memiliki sifat sangat teritorial terhadap area kekuasaan dimilikinya. Namun dengan perawatan baik, burung ini bisa menjadi burung jinak dan ramah kepada pemiliknya.

Harga Murai Batu Ekor Panjang Melengkung

harga murai batu melengkung

Harga murai batu ekor panjang melengkung berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, dan kualitas burung. Biasanya, burung jantan memiliki kualitas tinggi akan memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan burung betina. Untuk harga burung MB EPM berusia di atas 1 tahun berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 15 juta. Sedangkan untuk harga burung masih berusia di bawah 1 tahun dapat mencapai harga Rp 5 juta hingga Rp 8 juta.

Harga MB EPM yang mahal tersebut sebanding dengan keunikan dan kualitas dari burung tersebut. Oleh sebab itu, bagi para penggemar burung kicau yang ingin memelihara MB EPM, hendaknya siap merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan burung dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan harapan.

Jenis Murai Batu Ekor Panjang Melengkung

jenis murai batu ekor melengkung

Setelah melihat harga murai batu tersebut terdapat salah satu jenis burung populer di Indonesia. Mereka memiliki suara merdu dan gaya hidup menarik. Ada beberapa jenis murai batu ekor panjang melengkung yang dapat ditemukan di Indonesia dengan harga bervariasi.

1. Murai Batu Tiung Biru

Tiung Biru adalah jenis murai batu ekor panjang melengkung berasal dari Malaysia dan Sumatra. Mereka memiliki bulu biru keunguan yang menawan dan suara yang merdu. Harga murai batu jenis ini bervariasi, mulai dari Rp2.500.000 hingga Rp7.000.000.

2. Murah Batu Medan Super

Medan Super adalah jenis murai batu ekor panjang berasal dari Sumatra bagian Utara. Mereka memiliki suara yang merdu dan terkenal dengan kecepatan kicauannya. Harga murai batu jenis ini berkisar dari Rp1.500.000 hingga Rp5.000.000.

3. Murai Batu Borneo

Borneo adalah jenis murai batu ekor panjang berasal dari Kalimantan. Mereka memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya dan seringkali memiliki jambul pada kepala. Harga murai batu jenis ini berkisar dari Rp2.000.000 hingga Rp6.000.000.

4. Murai Batu Riau

Riau adalah jenis murai batu ekor panjang melengkung berasal dari Riau, Sumatra. Mereka memiliki bulu yang berwarna hitam, putih, dan abu-abu dengan ekor yang panjang dan melengkung. Harga murai batu jenis ini mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp4.500.000.

5. Murai Batu Borneo Liar

Borneo Liar adalah jenis murai batu berasal dari hutan-hutan di Kalimantan. Mereka memiliki suara yang kuat dan kicauan yang indah. Harga murai batu jenis ini berkisar dari Rp3.500.000 hingga Rp8.500.000.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Murai Batu Ekor Panjang Melengkung. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan jenis burung murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi pecinta burung serta ingin memelihara murai batu dengan jenis tersebut.

Insureka1