lazada

10 Ciri Merpati Terbang Tinggi Nitik: Murni & Bagus Kolongan

Ciri Merpati Terbang Tinggi Nitik

Ciri Merpati Terbang Tinggi Nitik – Salah satu hewan unik dari burung merpati sering dilombakan di banyak negara. Merpati nitik memiliki kelebihan sangat menarik dan sangat baik untuk dikembangkan sebagai burung balap atau burung hias. Selain itu, merpati nitik juga memiliki keunikan spesifik dalam penampilannya yang membuatnya sangat menarik untuk dilihat.

Berbicara tentang ciri merpati terbang tinggi nitik, burung ini berhasil masuk ke dalam juara di berbagai event perlombaan merpati di Indonesia. Dalam perlombaan tersebut, merpati nitik menarik perhatian para pecinta burung karena kemampuannya luar biasa dalam terbang tinggi. Namun harus diperhatikan kembali cara memanggil burung merpati harus dilakukan dengan benar.

Ciri khas merpati nitik adalah adanya bintik-bintik di bulu-bulunya. Ini membuatnya lebih menarik dan unik dibandingkan dengan spesies merpati lainnya. Warna bintik-bintik tersebut dapat bervariasi dari hitam, coklat, hingga merah muda. Warna bulu-bulu di sekitar bintik juga bervariasi, mulai dari putih, abu-abu, hingga kehitaman.

Secara umum, ciri merpati terbang tinggi nitik memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung. Keunikan spesies ini tidak hanya pada penampilannya unik, tetapi juga kemampuan terbangnya luar biasa. Meskipun bermacam-macam alasan yang membuat seseorang tertarik pada merpati nitik dapat yakin bahwa burung ini layak mendapat perhatian lebih dari pecinta burung di seluruh dunia.

Ciri Merpati Terbang Tinggi Nitik

contoh merpati nitik

Merpati terbang tinggi nitik adalah jenis burung yang memiliki kemampuan luar biasa untuk terbang hingga ketinggian mengagumkan. Banyak penggemar burung menyukai merpati terbang tinggi nitik karena keindahan warna bulu-bulu mereka dan tetentu saja kemampuan luar biasa untuk terbang hingga langit-langit. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri merpati terbang tinggi nitik memukau perlu diketahui.

LazadaDana

1. Ukuran Tubuh Lebih Besar

Ciri pertama dari merpati terbang tinggi nitik adalah ukuran tubuhnya relatif lebih besar dibandingkan jenis burung lainnya. Beratnya bisa mencapai 400-500 gram dengan panjang tubuh mencapai 40-45 cm. Meskipun ukurannya lebih besar, merpati terbang tinggi nitik tetap memiliki bentuk tubuh proporsional dan elegan.

2. Bulu-bulu Warna-warni

Ciri kedua dari merpati terbang tinggi nitik adalah bulu-bulu warna-warni menarik. Bulu-bulu tersebut bisa berwarna hitam, putih, coklat, krem, dan abu-abu. Ada juga beberapa spesies merpati terbang tinggi nitik memiliki bulu-bulu warna cerah seperti merah, ungu, dan hijau. Perpaduan warna bulu-bulu tersebut membentuk pola indah dan memukau, membuat mata pecinta burung terpesona.

3. Paruh dan Betis Kuat

Ciri ketiga dari merpati terbang tinggi nitik adalah paruh dan betis kuat. Paruh mereka kuat dan tajam, memungkinkan mereka untuk memecahkan biji-bijian dan makanan lainnya saat terbang. Betis mereka juga kuat dan kuat, memungkinkan mereka untuk mempertahankan keseimbangan saat terbang ke ketinggian ekstrem.

4. Melihat Kemampuan Terbang Tinggi

Ciri keempat dan paling utama dari merpati terbang tinggi nitik adalah kemampuannya untuk terbang hingga ketinggian sangat tinggi. Mereka mampu mencapai ketinggian lebih dari 6000 meter di atas permukaan laut dan terbang dengan kecepatan mencapai 160 km/jam. Selain itu, merpati terbang tinggi nitik juga dikenal memiliki kemampuan navigasi luar biasa, memungkinkan mereka untuk kembali ke sarang mereka di tempat asal bahkan dari jarak sangat jauh.

Teknik Merpati Terbang Tinggi Nitik

burung merpati terbang tinggi

Dalam dunia merpati, terbang tinggi nitik merupakan salah satu kemampuan terbang sangat diidamkan oleh para pemilik merpati balap. Karena kemampuan terbang ini menjadikan merpati mampu menjangkau ketinggian sangat tinggi dengan kecepatan luar biasa, sehingga menempuh jarak jauh dalam waktu singkat. Lalu apa saja teknik terbang tinggi nitik yang dimiliki merpati?

1. Menggunakan Kondisi Cuaca Mendukung

Merpati terbang tinggi nitik memerlukan kondisi cuaca mendukung, seperti adanya angin cukup kuat bertiup ke arah utara. Cuaca mendukung seperti ini akan membantu merpati untuk terbang lebih cepat dan lebih tinggi. Sebaliknya, jika kondisi cuaca kurang mendukung, merpati akan kesulitan untuk mencapai ketinggian diinginkan.

2. Pemanfaatan Gunung atau Bukit

Merpati balap juga dikenal dengan kemampuannya untuk mengeksploitasi rute perjalanan di atas tanah lazim digunakan sebagai pedoman. Oleh karena itu, merpati balap dapat menggunakan gunung atau bukit sebagai salah satu teknik terbang tinggi nitik dimilikinya. Dengan terbang sejajar dengan permukaan tanah daratan, merpati dapat mencapai ketinggian yang diinginkan dengan lebih mudah. Setelah mencapai ketinggian yang diinginkan, merpati kemudian memutar tubuhnya ke arah untuk mencari arah rumahnya.

3. Menggunakan Teknik Wing-Tip

Teknik wing-tip merupakan sebuah teknik klasik yang dimiliki oleh merpati balap. Teknik ini dilakukan secara alami oleh merpati balap pada saat mereka terbang tinggi nitik. Dalam teknik ini, merpati memutar sayapnya secara konsisten untuk mencari dan mempertahankan keseimbangan dalam terbang tinggi nitik. Hal ini dilakukan agar merpati tetap stabil dalam udara dan tetap mampu mengendalikan arah terbangnya.

4. Menggunakan Teknik Rolling

Teknik rolling merupakan sebuah teknik terbang dilakukan oleh merpati balap dengan cara melakukan gerakan yang memutar secara cepat di sekitar sumbu longitudinal. Teknik ini memungkinkan merpati untuk memutar tubuhnya dalam posisi efisien serta akurat, sehingga dapat mencapai ketinggian yang diinginkan dengan sangat cepat.

5. Teknik Sprint

Teknik sprint dilakukan oleh merpati balap pada saat terbang tinggi nitik. Teknik ini dilakukan dengan cara merpati mencapai ketinggian yang diinginkan kemudian mengelegakan sayapnya secara rapat untuk mencapai kecepatan tertinggi. Hal ini bertujuan agar merpati dapat mencapai tempat tujuan dengan lebih cepat serta efisien.

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai ciri merpati terbang tinggi nitik di atas, dapat disimpulkan bahwa merpati terbang tinggi nitik memiliki keunikan tersendiri membedakannya dari merpati lainnya. Ciri fisik yang dimilikinya sangat menarik dan membuat hobi perburuan merpati terbang tinggi nitik semakin digemari. Selain itu, merpati terbang tinggi nitik juga dikenal memiliki karakteristik tangguh, sehingga kemampuannya dalam bersaing di dunia perburuan sangatlah tinggi.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Ciri Merpati Terbang Tinggi Nitik. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari burung merpati lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi yang ingin memiliki merpati terbang tinggi untuk lomba kolongan.

lazada