5 Skema Filter Kolam Ikan Koi 2023: Minimalis & Murah

Anjar Rizki

skema filter kolam ikan koi

Skema Filter Kolam Ikan Koi – Banyak penggemar ikan koi yang menginvestasikan waktu, uang dan perhatian ekstra untuk membangun kolam koi yang indah dan sehat. Namun, ada satu hal yang seringkali diabaikan oleh para pemilik kolam koi yaitu kualitas air yang mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan ikan. Masalah kualitas air koleam koi sering disebabkan oleh kotoran, bakteri, dan partikel organik lainnya yang berasal dari sisa makanan, kotoran ikan, dan tanaman.

Namun, seiring perkembangan teknologi filter kolam ikan koi-semakin canggih. Saat ini ada banyak pilihan filter untuk memelihara kualitas air kolam koi, salah satunya adalah dengan menggunakan SKEMA filter. Filter ini didesain dengan teknologi canggih yang mampu mengatasi masalah kualitas air secara efektif dan efisien.

Skema filter kolam koi sangat cocok digunakan pada kolam koi tanpa tangki. Dengan memasang filter ini, para penggemar ikan koi tidak perlu khawatir tentang kotoran yang terkumpul di dasar kolam ataupun penggantian air rutin. Filter ini mampu mengatasi segala jenis partikel organik, gameat, dan bakteri yang dapat mempengaruhi kualitas air kolam. Filter ini juga mempunyai ukuran pas untuk kolam koi serta dikelilingi oleh sebuah media filter yang memungkinkan pengembangan bakteri baik. Hal ini akan membuat air kolam koi selalu jernih dan sehat.

Dengan demikian, penggunaan skema filter pada kolam koi bisa menjadi solusi tepat untuk menjaga kualitas air kolam dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya bagi koi. Dengan investasi dalam teknologi filter tepat, para penggemar ikan koi dapat memastikan kesehatan dan keindahan kolam koi mereka bertahan lama.

Jenis Skema Filter Kolam Ikan Koi

contoh filter kolam koi

Kolam ikan koi adalah salah satu jenis kolam yang membutuhkan perawatan khusus agar ikan nya hidup sehat dan cantik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sistem filtrasi pada kolam tersebut. Bagi pemula, mungkin sulit untuk memilih jenis skema filter yang tepat untuk kolam ikan koi-nya. Oleh karena itu, cupangbetta akan membahas jenis-jenis skema filter kolam ikan koi beserta harganya.

1. Filter Gravity

Filter gravity adalah jenis skema filter sederhana cocok untuk pemula. Pada skema ini, air di dalam kolam mengalir ke bagian atas filter, kemudian turun melalui media filter dan dibuang ke dalam kolam. Keuntungan dari filter gravity adalah biaya relatif murah sderta sistem mudah dibersihkan. Skema filter ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 1,2 juta.

2. Filter Bead

Filter bead atau skema filter kandang mutiara merupakan jenis skema filter paling umum digunakan untuk kolam ikan. Filter ini mengandung kandang mutiara dapat menampung bakteri baik untuk menjaga keseimbangan biologi air. Selain itu, filter bead juga dapat menghilangkan partikel-partikel kecil dan tidak diinginkan dari air. Biasanya, skema filter ini dibeli dengan harga mulai dari Rp 2 juta.

3. Filter Drum

Filter drum adalah jenis skema filter cukup mahal, namun mempunyai tingkat keefektifan tinggi. Pada sistem filter drum, air di dalam kolam akan disaring melalui media filter berupa drum dapat diputar untuk membersihkan filter. Selama proses penyaringan, partikel-partikel kecil akan tersaring dan dibuang ke dalam tempat sampah. Filter drum dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 5 juta.

4. Filter Bakki Shower

Jenis skema filter ini pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1980an. Filter bakki shower dapat meningkatkan kualitas air pada kolam ikan koi dengan cara menyiramkan air dari atas dan menghasilkan gelembung udara dalam jumlah besar. Hal ini membantu bakteri menguntungkan untuk berkembang biak dan menjaga kualitas air kolam. Filter bakki shower bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 6,5 juta.

5. Filter Fluidized Bed

Filter fluidized bed merupakan jenis skema filter yang mampu menghilangkan partikel-partikel kecil dari air dengan cepat. Pada sistem fluidized bed, media filter akan bergerak dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan partikel-partikel kecil terlempar dan tersaring oleh media, kemudian dibuang ke dalam tempat sampah. Filter fluidized bed memiliki harga cukup mahal, yaitu mulai dari Rp 8 juta.

Cara Memilih Skema Filter Kolam Ikan Koi

filter kolam koi murah

Skema filter adalah salah satu komponen penting diperlukan untuk menjaga kebersihan air di dalam kolam. Jika ingin memelihara ikan koi harus memastikan bahwa Anda benar-benar mengerti tentang berbagai jenis skema dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa cara memilih skema filter kolam ikan koi secara tepat:

1. Menentukan Jumlah Ikan Koi

Sebelum memilih jenis skema filter kolam ikan koi, pertimbangkan terlebih dahulu berapa jumlah ikan koi yang akan dipelihara. Jumlah ikan koi ini akan memengaruhi ukuran dan jenis skema filter yang dibutuhkan. Semakin banyak ikan, maka semakin besar juga ukuran skema filter kolam yang harus digunakan.

2. Memilih Jenis Skema Filter Kolam Ikan Koi

Ada beberapa jenis skema filter ikan koi bisa dipilih, seperti filter mekanik, filter biologis, dan kombinasi keduanya. Namun, untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan kombinasi keduanya. Skema filter ini akan membersihkan air kolam dari kotoran mekanis dan memperlancar proses penyelesaian siklus nitrogen dalam air kolam.

3. Memperhatikan Kualitas Media Filter

Pemilihan media filter tepat akan mempengaruhi kualitas air di dalam kolam ikan koi. Ada beberapa jenis media filter bisa digunakan, seperti koral, kerikil, arang, dan sebagainya. Pastikan bahwa media dipilih memiliki permukaan cukup besar untuk menampung bakteri baik dan menjaga kestabilan air kolam ikan koi.

4. Memilih Ukuran Skema Filter

Ukuran skema filter ikan koi yang dipilih harus disesuaikan dengan volume air dan jumlah ikan koi ada di dalamnya. Semakin besar volume air kolam, maka semakin besar pula ukuran skema filter diperlukan.

5. Memperhatikan Harga dan Kualitas

Terakhir, perhatikan harga dan kualitas skema filter kolam ikan koi akan dibeli. Jangan hanya memilih skema filter murah, tetapi tidak memiliki kualitas baik. Lakukan riset terlebih dahulu dan cari produk memiliki harga dan kualitas seimbang.

Harga Skema Filter Kolam Ikan Koi

harga filter kolam koi

Untuk membantu dalam memilih skema filter koi yang sesuai. Berikut adalah beberapa harga skema filter kolam ikan koi:

Skema Filter Kolam Ikan KoiHarga
Filter MekanikRp500.000 – Rp3.000.000
Filter BiologisRp700.000 – Rp5.000.000
Kombinasi Filter Mekanik dan BiologisRp1.000.000 – Rp8.000.000

Dalam memilih skema filter kolam ikan koi yang tepat, selalu pastikan bahwa memilih produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan memilih skema filter yang tepat, dapat menjaga kondisi air di dalam kolam ikan tetap sehat dan bersih, sehingga ikan juga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kesimpulan

Demikianlah tulisan ini mengenai skema filter kolam ikan koi. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga kualitas air kolam ikan koi anda.

Bagikan:

[addtoany]