Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Cat Untuk Kolam Ikan 2022 : Harga & Tips Pengecatan

Cat Untuk Kolam Ikan

Cat Untuk Kolam Ikan – Untuk mempercantik sebuah rumah, ada banyak cara yang bisa dilakukan dan salah satunya yaitu dengan menghadirkan kolam ikan. Kolam ikan pada sebuah hunian rumah bisa menjadi ornamen penghias rumah yang memberikan kesan menyejukan serta menyegarkan.

Dalam pembuatan sebuah kolam ikan, cat menjadi salah satu elemen penting yang harus ada. Selain untuk memperindah atau mempercantik kolam, cat juga dapat difungsikan sebagai pencegah kebocoran kolam ikan.

Nah agar cat dapat memenuhi kriteria atau fungsi cat seperti tersebut diatas dapat terpenuhi tentunya pemahaman atau pengetahuan tentang merk-merk cat terbaik yang memiliki kandungan untuk mencegah kebocoran/anti bocor. Lantas cat apa sajakah yang dapat digunakan untuk finishing dalam pembuatan sebuah kolam ikan?

Sesuai dengan judul artikel sekaligus untuk menjawab pertanyaan diatas, dikesempatan kali ini cupangbetta akan berbagi informasi seputar hal tersebut. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai cat untuk kolam ikan, simak ulasan dari cupangbetta tentang cat untuk kolam ikan berikut ini.

Cat Untuk Kolam Ikan

Cat Untuk Kolam Ikan.

Dibawah ini merupakan rekomendasi cat waterproof untuk kolam ikan yang bisa dijadikan acuan untuk pemilihan cat dalam proses pembuatan kolam :

1. Flexycoat Waterponding

Flexycoat Waterponding

Harga : Rp 250 ribuan/2,5kg

Rekomendasi cat untuk kolam pertama yaitu Flexycoat Waterponding, merupakan cat yang dibuat khusus untuk mewarnai dinding serta dasar kolam. Selain anti bocor dan rembes, Flexycoat Waterponding juga dibuat dari bahan-bahan yang tidak membahayakan ikan sehingga aman untuk digunakan. Meskipun begitu dalam pemakaianya pada kolam ikan disarankan ketika menaruh ikan untuk menunggu satu sampai dua minggu setelah dilakukan pengecatan supaya bahan kimia dapat diminimalisir.

2. Aquaproof

Aquaproof

Harga : Rp 170 ribuan/4kg

Cat untuk kolam selanjutnya ada Aquaproof, dikenal sebagai cat yang dapat menghambat air masuk ke pori-pori dinding dan sangat populer dimasyarakat sebagai cat anti bocor yang bisa bertahan hingga 5 tahun keawetanya. Setelah pengecatan biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih satu bulan sebelum memasukan ikan ke kolam, hal ini dikarenakan Aquaproof mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk ikan sehingga jika ikan dimasukan ke kolam dalam waktu kurang dari satu bulan setelah pengecatan dikhawatirkan kesehatan ikan bisa terganggu.

3. Bondall Aquatite

Bondall Aquatite

Harga : Rp 140 ribuan/1kg

Cat untuk kolam berikutnya ada Bondall Aquatite, merupakan jenis cat waterproof yang dibuat untuk melapisi dinding dan memiliki kemampuan serta daya tahan bagus terhadap air. Berbahan dasar Acrylic, cat Bondall Aquatite diklaim bisa tahan hingga kurang lebih 15 tahunan. Dalam pemakaianya dibutuhkan waktu sebelum memasukan ikan kedalam kolam, menunggu bahan kimia yang terkandung didalam cat ternetralisir terlebih dahulu.

4. Indeks

Indeks

Harga : Rp 70 ribuan/4kg

Cat untuk kolam selanjutnya ada cat Indeks water resistance, cat ini diformulasikan untuk kondisi tropis bawah air, warna tidak mudah luntur, fleksibel dan tahan terhadap alkali. Cat Indeks diklaim aman dipakai untuk kolam ikan karena terbuat dari bahan dasar air.

5. No Drop

No Drop

Harga : Rp 50 ribuan/1kg

Meski dikenal sebagai waterproof atau cat pelapis anti bocor yang biasa digunakan untuk dinding eksterior rumah, namun No Drop juga bisa dipakai untuk kolam ikan. Setelah selesai pengecatan disarankan untuk tidak langsung menaruh ikan ke kolam karena didalam No Drop terkandung bahan kimia yang berbahaya untuk ikan, jadi tunggulah kurang lebih satu bulan sampai bahan kimia ternetralisir terlebih dahulu.

6. Propan

Propan

Harga : Rp 53 ribuan/1kg

Rekomendasi cat untuk kolam berikutnya ada Propan. Berbahan dasar resin epoxy berkualitas, Propan dibuat dengan formulasi khusus untuk lapisan akhir berdaya lekat baik, keras serta tahan terhadap zat kimia. Sebelum memasukan ikan, pastikan cat sudah pada kondisi benar-benar kering agar bahan kimia yang terkandung didalam cat tidak mengganggu kesehatan ikan.

7. Cat Kolam Glotex

Cat Kolam Glotex

Harga : Rp 69 ribuan

Untuk memberi warna pada dasar dan dinding kolam juga bisa memakai cat Glotex. Umumnya cat Glotex dipakai sebagai warna pada kolam renang, jadi disarankan sebelum memasukan ikan ke kolam sebaiknya menunggu kurang lebih satu bulan hingga bahan kimia ternetralisir terlebih dahulu.

Nah itu dia rekomendasi beberapa cat untuk kolam ikan yang bisa dijadikan pilihan, sebenarnya masih banyak merk-merk lain yang bisa digunakan, seperti Upox, Damdex dan lain sebagainya.

Tips Pengecatan Kolam Ikan

Tips Pengecatan Kolam Ikan

Adanya kolam ikan dihalaman rumah dapat membuat hunian rumah menjadi asri dan terasa dekat dengan alam. Semakin indah/cantik kolam akan membuat penghununya betah berada dirumah, keindahan kolam bisa didapat dari pemilihan warna cat serta dekorasi yang baik. Cat berkualitas akan membuat warna cat tahan lama dan juga membuat ikan tampak sehat. Berikut adalah beberapa tips pengecatan kolam ikan agar kolam ikan bisa terlihat cantik dan indah :

Pemilihan Cat Untuk Kolam Yang Benar

Sebelum proses pengecatan pastikan mengetahui jenis cat kolam yang berkualitas dan aman bagi ikan. Dengan pemilihan cat yang tepat dipastikan kesehatan ikan akan tetap terjaga dan warna cat tahan lama serta anti bocor.

Pemilihan Warna Alami Untuk Dinding dan Dasar Kolam

Guna memberikan keindahan maksimal pada kolam, penting untuk memperhatikan pemilihan warna cat. Gunakan warna-warna alami seperti hitam, hijau ataupun biru pada dinding kolam.

Memperhatikan Cara Atau Proses Pengecatan Yang Benar

Agar hasil yang didapat sesuai dan maksimal, sangat penting untuk memperhatikan cara atau proses pengecatan, adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan dulu dinding dalam kondisi kering sebelum pengecatan dimulai, hal ini agar cat dapat menempel dengan sempurna
  • Kemudian pastikan juga dinding dalam kondisi bersih
  • Setelah semuanya dipastikan kering dan bersih barulah memulai pengecatan
  • Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan pengecatan hingga tiga lapis.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cat untuk kolam ikan yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.