lazada

6 Biaya Kandang Close House 5000 Ekor: Ukuran & Bahan 2024

biaya kandang close house 5000 ekor

Biaya Kandang Close House 5000 Ekor – Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan manusia untuk terus mengembangkan inovasi dalam berbagai sektor, termasuk dalam bidang peternakan. Salah satu tren peternakan modern tanpa kandang kian populer adalah Kandang Close House.

Kandang Close House adalah kandang dirancang dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan menutup seluruh sisi kandang, kecuali pintu masuk dan sirkulasi udara. Kandang ini sering disebut juga kandang dekat. Menjadi sulit untuk memelihara hewan dalam kandang terbuka yang rentan terhadap serangan hewan predator dan penyakit.

Namun, kandang Close House dapat melindungi hewan peliharaan dari ancaman predator seperti hewan liar, burung, atau bahkan anjing liar. Kandang close house berguna untuk hewan ayam mutiara. Apabila ingin memelihara dapat melihat JENIS AYAM MUTIARA dan mengetahui ciri-cirinya.

Dalam skala besar, penggunaan Kandang Close House lebih terkonsentrasi pada peternakan. Kandang Close House sangat efektif dalam peliharaan hewan dengan teknologi kontrol suhu stabil dalam kandang, serta higienitas lingkungan terjaga, hewan peliharaan akan terjaga kesehatannya. Nah untuk membuat jenis kandang close house harus memperhatikan bahan beserta ukuran yang akan dijelaskan pada pembahasan dibawah ini.

Bahan Kandang Close House 5000 Ekor

konsep kandang close house 5000 ekor

Kandang close house atau kandang tertutup adalah salah satu jenis kandang modern sangat cocok untuk peternakan ayam broiler. Selain memberikan perlindungan dari cuaca ekstrim serangan hewan predator. Bahkan kandang close house juga bisa membantu mempertahankan kelembaban udara di dalam kandang sangat diperlukan oleh ayam.

LazadaDana

Namun, pembangunan kandang close house tidak bisa sembarangan. Ada beberapa faktor harus diperhatikan, seperti ukuran kandang, bahan bangunan atau perlengkapan di dalamnya. Mungkin untuk mengumpulkan bahan kandang close house silahkan lihat pada pembahasan dibawah ini.

1. Konsep Kandang

Sebelum membangun kandang close hous harus membuat konsep terlebih dahulu. Memang konsep kandang harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti ukuran dan bentuk kandang, jumlah ayam akan dipelihara serta utilitas fasilitas dibutuhkan di dalam kandang. Biaya untuk membuat rencana kandang biasanya sekitar 5 juta rupiah.

2. Tanah dan Land Clearing

Tanah yang akan digunakan untuk membangun kandang harus benar-benar rata dan stabil agar kandang dapat berdiri dengan kokoh. Biaya untuk membeli tanah atau membersihkan lahan dari pohon atau semak sekitar 25 juta rupiah.

3. Rumah Kandang

Bangunan kandang haruslah kuat dan tahan lama, serta didesain dengan sirkulasi udara baik. Biaya untuk membangun rumah kandang sekitar 120 juta rupiah.

4. Perlengkapan Dalam Kandang

Beberapa peralatan dan perlengkapan dibutuhkan di dalam kandang close house adalah alat pemanas, feeders, drinker, tempat beristirahat, dan lain sebagainya. Biaya untuk membeli prasarana dan perlengkapan dalam kandang sekitar 100 juta rupiah.

5. Sistem air dan Sanitasi

Sistem air dan sanitasi sangat penting untuk menjaga kesehatan ayam dan mencegah penyebaran penyakit. Biaya untuk membangun sistem air dan sanitasi sekitar 20 juta rupiah.

6. Sistem Ventilasi dan Pemanas

Sistem ventilasi dan pemanas di dalam kandang close house sangat penting untuk menjaga suhu dan sirkulasi udara di dalam kandang. Biaya untuk membangun sistem ventilasi serta pemanas sekitar 70 juta rupiah.

Total biaya pembangunan kandang close house untuk 5000 ekor ayam broiler adalah sekitar 340 juta rupiah. Namun, biaya ini dapat berbeda tergantung pada lokasi atau kondisi bangunan setempat.

Syarat Membuat Kandang Close House 5000 Ekor

kandang close house ayam broiler

Sebelum membicarakan tentang estimasi keuntungan, pertama-tama harus menjelaskan aspek persyaratan budidaya pada kandang close house 5000 ekor. Persyaratan tersebut terdiri dari beberapa hal, yakni:

  1. Kawasan peternakan harus jauh dari pemukiman penduduk;
  2. Kandang close house 5000 ekor harus memenuhi standar ukuran sesuai dengan kebutuhan ternak;
  3. Kualitas pakan memadai dengan proporsi gizi yang cukup;
  4. Perawatan higienis baik, seperti kontrol kebersihan serta kesehatan ternak kesehatan peternakan yang teratur.
  5. Persyaratan pendirian pengolahan serta penggunaan pupuk mengikuti peraturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.

Rincian Biaya Kandang Close House 5000 Ekor

kandang close house ayam petelur

Dalam usaha peternakan, kandang close house menjadi salah satu teknologi peternakan semakin populer. Kandang close house merupakan kandang yang dirancang untuk membuat lingkungan optimal bagi hewan ternak seperti ayam atau bebek. Dalam kandang close house, suhu, kelembaban serta kualitas udara dapat dikontrol agar tetap stabil. Namun, untuk membuat kandang close house berkualitas dibutuhkan biaya cukup besar.

Dalam sebuah kandang close house dengan kapasitas 5000 ekor, biaya yang diperlukan untuk membuat kandang close house berkisar antara 800 juta hingga satu milyar rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk beberapa komponen seperti bangunan fur, sistem ventilasi, lampu pemanas serta peralatan teknis lainnya. Namun, biaya tersebut belum memperhitungkan biaya untuk peralatan atau pakan ternak.

Berikut adalah rincian biaya yang terkait dengan kandang close house 5000 ekor:

Jenis BiayaEstimasi Biaya
Pembangunan Kandang Close House 5000 EkorRp. 500,000,000
Kebutuhan PakanRp. 100,000,000 / bulan
Biaya Kesehatan TernakRp. 10,000,000 / bulan
Pelatihan PeternakRp. 5,000,000
Pembelian Ternak AwalRp. 200,000,000
Biaya Operasional LainnyaRp. 50,000,000 / bulan

Cara Menghitung Pendapatan Kandang Close House 5000 Ekor

close house untuk ayam potong

Untuk pendapatan, terdapat dua jenis pendapatan dari beternak 5000 ekor, yakni:

  1. Pendapatan dari hasil jual ternak, yakni daging, susu, kulit atau sebagainya.
  2. Pendapatan dari pembiakan.

Untuk menyederhanakan perhitungan ambil contoh penghasilan dari hasil jual daging sapi dengan harga rata-rata Rp. 50,000/kg. Kami menghitung dengan asumsi bahwa total berat ternak di kandang close house 5000 ekor adalah 250 ton dengan rata-rata berat dari sapi adalah 500 kg.

Total pendapatan dalam setahun adalah Rp. 67,750,000,000. Sedangkan, pendapatan bersih dalam setahun adalah sebesar Rp. 67,750,000,000 – biaya operasional sebesar Rp. 600,000,000= Rp. 67,150,000,000 Setahun

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Biaya Kandang Close House 5000 Ekor. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan biaya kandang lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi peternak dengan skala jumlah ekor banyak.

lazada