lazada

7 Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus: Harga & Habitat 2024

ciri ciri ayam ketawa yang bagus

Ciri-Ciri Ayam ketawa yang Bagus – Terdapat salah satu jenis hewan unggas yang memiliki keunikan tersendiri dari suara berkokok.Jenis hewa unggas tersebut adalah Ayam ketawa memang bukanlah ayam yang baru ditemukan. Namun, semakin banyak peminatnya di Indonesia terutama di kalangan masyarakat perkotaan yang ingin memelihara atau menangkarkan ayam.

Namun, tidak semua yang dijual dengan label ayam ketawa itu benar-benar ayam ketawa. Banyak pedagang nakal yang menjual ayam biasa dengan suara dipalsukan sehingga terkesan seperti ayam ketawa. Oleh karena itu, penting bagi para pecinta ayam ketawa untuk mengetahui ciri-ciri ayam ketawa yang benar-benar asli.

Tidak hanya ayam ketawa saja terdapat jenis ayam cukup unik lainnya yaitu CIRI ANAK AYAM SERAMA JANTAN. Salah hal penting sebagai peternak yaitu harus pandai-pandai memilih dan mengetahui ciri-ciri ayam ketawa yang paling baik. Selain itu, pengetahuan yang cukup tentang ayam ketawa juga perlu dimiliki untuk merawat dan menjaga kesehatannya sehingga ayam ketawa tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Berikut ini ciri-ciri ayam ketawa yang perlu diketahui oleh para penggemar ayam ketawa agar bisa memilih ayam ketawa yang berkualitas dan bagus. Salah satunya adalah melihat dari ukuran kepala ayam ketawa. Mungkin untuk melihat lebih dalam dari ciri-ciri ayam tersebut silahkan simak pembahasan dibawah dengan sesakma.

Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus

jenis ayam ketawa

Ayam ketawa adalah salah satu jenis ayam hias yang telah menjadi favorit bagi para penggemar avian di Indonesia. Ayam ketawa secara harfiah berarti ayam yang bisa tertawa, karena ayam jenis ini memiliki suara yang sangat khas dan melengking seperti tertawa.

LazadaDana

Tak hanya suaranya saja yang unik, ayam ketawa juga memiliki ciri-ciri fisik yang membedakan dari ayam jenis lainnya. Karena jenis ayam di Indonesia cukup banyak maka dari itu apabila ingin membeli ayam ketawa harus melihat ciri-ciri fisik sebagai berikut ini.

1. Postur Tubuh yang Ideal

Postur tubuh yang ideal sangat penting pada ayam ketawa karena postur tubuh yang baik dapat berpengaruh pada kondisi ayam ketawa secara keseluruhan. Ayam yang sehat dan fit cenderung memiliki postur tubuh yang ideal, dengan badannya yang tegap dan tegak serta kepalanya yang terangkat. Ayam ketawa yang memiliki postur tubuh ideal juga akan lebih mudah untuk menjaga keseimbangan tubuhnya saat berjalan atau berlari.

Tubuh ayam ketawa disebut ideal apabila panjang tubuhnya sekitar 30-35 cm dengan proporsi leher, badan, kaki, dan ekor yang seimbang. Bagian kepala ayam ketawa juga haruslah tidak terlalu besar atau terlalu kecil sehingga terlihat proporsional.

Seorang penjual ayam ketawa sebaiknya selalu memperhatikan postur tubuh ayam ketawa yang ditawarkan, karena ayam ketawa yang memiliki postur tubuh yang buruk cenderung kurang diminati oleh para penggemar avian.

2. Warna Bulu yang Menarik

Warna bulu pada ayam ketawa juga menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Ayam ketawa yang memiliki warna bulu yang menarik akan lebih diminati oleh para penggemar ayam ketawa. Beberapa warna bulu yang umumnya ditemukan pada ayam ketawa antara lain hitam, merah, coklat, putih, dan kombinasi dari beberapa warna.

Ayam ketawa dengan warna bulu yang cerah dan bersih menunjukkan bahwa ayam tersebut sehat dan terawat dengan baik. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa penjual konsisten dalam merawat ayam ketawa, sehingga menambah nilai jual dari ayam ketawa tersebut.

3. Bentuk Kepala yang Tepat

Bentuk kepala pada ayam ketawa juga haruslah tepat dan proporsional. Kepala yang ideal pada ayam ketawa adalah kepala yang kecil dan bulat, tidak terlalu besar atau terlalu panjang. Selain itu, kepala ayam ketawa juga harus memiliki siku-siku yang tegas dan tajam di ujungnya.

Hal ini menandakan bahwa ayam ketawa tersebut mempunyai kecerdasan serta daya pikir yang baik. Oleh karena itu, penjual ayam ketawa harus memperhatikan dengan seksama bentuk kepala ayam ketawa yang ditawarkan.

4. Kaki dan Cakar yang Kuat

Terakhir, kaki dan cakar pada ayam ketawa juga haruslah kuat dan seimbang. Ayam ketawa yang memiliki kaki dan cakar yang kuat dapat berjalan dan berlari dengan lancar serta menambah daya tarik dari para penggemar ayam ketawa.

Karena itu, penjual ayam ketawa harus selalu memperhatikan kondisi kaki dan cakar ayam ketawa yang ditawarkan. Kaki dan cakar ayam ketawa yang lemah atau tidak seimbang dapat menurunkan nilai jual serta menimbulkan kerugian pada penjual tersebut.

Demikianlah ciri-ciri fisik ayam ketawa yang bagus yang perlu diperhatikan oleh para penjual ayam ketawa. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, penjual ayam ketawa dapat menjual ayam ketawa yang berkualitas serta menarik minat para penggemar avian di Indonesia.

Cara Memilih Ayam Ketawa yang Bagus

habitat ayam ketawa

Ayam ketawa atau Ayam Serama merupakan jenis ayam yang berasal dari Malaysia. Saat ini, ayam ketawa telah menjadi buruan para kolektor hewan peliharaan di seluruh dunia karena keunikannya. Oleh karena itu, banyak peternak yang mencoba untuk memproduksi ayam ketawa dan menjualnya dengan harga yang cukup tinggi.

Namun, sebelum membeli ayam ketawa, ada beberapa kriteria yang harus perhatikan untuk mendapatkan ayam ketawa berkualitas unggul. Berikut beberapa kriteria yang harus perhatikan.

1. Bentuk Tubuh

Untuk mendapatkan ayam ketawa berkualitas unggul pertama-tama harus memperhatikan bentuk tubuhnya. Ayam ketawa berkualitas unggul umumnya memiliki tubuh yang kecil dan ramping dengan ukuran tinggi maksimal 20 cm.

Selain itu, kaki ayam ketawa berkualitas unggul juga harus pendek dan lurus. Dalam hal berat badan, ayam ketawa berkualitas unggul memiliki berat badan antara 350 hingga 500 gram. Dengan begitu bisa memastikan bahwa ayam ketawa yang beli memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

2. Warna Bulu

Selain bentuk tubuh, kriteria kedua yang harus perhatikan adalah warna bulu ayam ketawa. Ayam ketawa berkualitas unggul memiliki variasi warna bulu yang sangat menarik, seperti merah, emas, hitam, biru, coklat dan kombinasi dari beberapa warna. Namun, tidak hanya warna bulu yang penting juga harus memperhatikan kebersihan bulunya.

Pastikan bulu ayam ketawa yang beli bersih, rapi dan sehat. Jangan memilih ayam ketawa yang memiliki bulu tidak rapi dan tidak sehat, karena hal tersebut menandakan kesehatan ayam tersebut kurang baik.

3. Suara Ketawa

Satu lagi kriteria yang harus diperhatikan adalah suara ketawa ayam ketawa. Bagaimana bisa membedakan antara suara ketawa ayam ketawa yang baik dan yang buruk? pastinya perlu memperhatikan intensitas suaranya. Suara ketawa ayam ketawa berkualitas unggul memiliki intensitas yang tinggi dan panjang.

Selain itu, untuk kualitas tertentu, ayam ketawa juga memiliki irama dan nada khas yang dibedakan dari pelafalan satu kata ke kata lainnya. Jadi, pastikan mendengarkan suara ketawa ayam ketawa sebelum membelinya.

4. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan ayam ketawa tentunya juga harus menjadi perhatian. Pastikan ayam ketawa yang dibeli sehat, tidak terkena penyakit dan bebas parasit. Salah satu tanda-tanda ayam ketawa yang sehat adalah bulu ayam yang bersih dan berwarna cerah.

Selain itu juga perlu memeriksa bentuk tubuh dan gerakan ayam ketawa tersebut. Ayam ketawa berkualitas unggul biasanya aktif dan lincah dalam gerakan, serta memiliki nafsu makan yang baik. Jangan membeli ayam ketawa dengan kondisi kesehatan yang diragukan.

Harga Ayam Ketawa

harga ayam ketawa

Apabila sudah membaca cara memilih ayam ketawa maka bisa memilih berkualitas unggul dengan melihat bentuk tubuh yang baik, suara ketawa yang indah, bulu yang bersih dan warna yang menarik. Selain itu ada beberapa ayam ketawa memiliki kualitas dari tubuh yang mengakibatkan harga menjadi naik.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga ayam ketawa yaitu usia ayam ketawa, jenis ayam ketawa, serta harga pasar yang sedang berlaku. Untuk terhindar dari oknum tidak bertanggung jawab sebaiknya ketahui harga ayam ketawa sesuai dengan warna dibawah ini.

Jenis dan Warna Ayam KetawaHarga Per Ekor
Ayam Ketawa MerahRp. 350.000,-
Ayam Ketawa BiruRp. 450.000,-
Ayam Ketawa CoklatRp. 500.000,-
Ayam Ketawa EmasRp. 600.000,-
Ayam Ketawa HitamRp. 700.000,-

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus. Nantikan informasi selanjutnya meliputi dari ciri-ciri ayam lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memelihara ayam ketawa.

lazada