Insureka1

Cara Membuat Pemanas Kandang Ayam: Listrik, Gas & Manual

cara membuat pemanas kandang ayam

Cara Membuat Pemanas Kandang Ayam – Salah satu hal yang sangat penting dalam memelihara ayam adalah mengatur suhu udara. Tak jarang, para peternak ayam mengalami masalah dalam membuat pemanas yang tepat untuk kandang ayam mereka. Hal ini dapat berdampak pada produktivitas dan kesehatan ayam yang mereka budidaya.

Ketika musim dingin tiba, suhu di kandang ayam bisa turun drastis dan ini dapat menyebabkan ayam menjadi stres hingga mengalami kecacatan. Namun, apabila suhu terlalu panas, ayam juga dapat menjadi stres dan mudah terserang berbagai penyakit.

Karena ada beberapa jenis ayam yang memiliki kelemahan seperti contoh ayam kalkun. Apabila ingin memelihara jenis ayam tersebut silahkan ketahui KELEMAHAN AYAM KALKUN terlebih dahulu. Hal tersebut berguna agar peternak terhindar dari hama penyakit hewan unggas.

Oleh karena itu sebagai peternak harus memperhatikan suhu udara dan membuat beberapa alat pemanas kandang. Namun ada beberapa peternak ayam belum mengetahui alat pemanas atau membuat sendiri. Untuk mendapatkan beberapa cara membuatnya silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Bahan Membuat Pemanas Kandang Ayam

bahan membuat pemanas kandang ayam

Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat beberapa alat pemanas seperti contoh plat alumunium dan besi hollow kotak. Selain itu, pastikan pemanas ayam yang dibuat aman dan efektif untuk digunakan dalam jangka panjang.

Insureka

Jika mencari cara ekonomis untuk menjaga ayam tetap hangat saat musim dingin atau saat cuaca terlalu dingin, maka membuat pemanas tersebut adalah solusinya. Sebelum membuatnya memperlukan beberapa bahan-bahan perlu diketahui. Untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasan dibawah ini bahan membuat pemanas kandang ayam beserta harga.

BahanHarga (per unit)
Lembaran plat alumunium berukuran 40cm x 40cm x 0,3cmRp 100.000
Besi hollow kotak ukuran 40cm x 40cm x 2,5cmRp 80.000
Relay switchRp 20.000
ThermostatRp 50.000
Heating coil wire (panjang 2m)Rp 40.000
TermometerRp 20.000
Solder dan soldering ironRp 30.000
Kabel listrik (panjang 2m)Rp 20.000
Bushings dan kawat elastikRp 10.000
TotalRp 370.000

Cara Membuat Pemanas Kandang Ayam

lampu pemanas kandang ayam

Pemanas kandang tersebut dapat membantu menjaga suhu dan kondisi kandang agar tetap hangat dan nyaman untuk hewan. Namun, alat ini kadang mahal dan terbatas dalam penjualannya. Oleh karena itu, buatlah pemanas kandang ayam sendiri dengan langkah-langkah berikut.

1. Gunakan Kabel Panjang 1 Meter

Kelupas kabelnya dan ambil bagian dalamnya. Siapkan terminal kabel dan tempelkan pada tiap ujung kabel. Ini akan menjadi kabel mengalirkan listrik ke fitting.

2. Siapkan Fitting Lampu

Siapkan fitting sudah tidak terpakai lalu ambil bagian dalamnya dan gunting dengan ukuran sama dengan kawat besi sudah disiapkan. Lalu letakkan kawat besi di dalam fitting.

Setelah kawat besi terletak di tempatnya, tempelkan lem tembak di bagian tepinya untuk menahan kawat agar tidak tergoyang-goyang saat digunakan.

3. Masukan Kabel

Kelupas ujungnya dan masukkan ke dalam terminal kabel pada bagian bawah fitting. Pastikan tidak ada titik yang belum terpasang.

4. Pasang Saklar

Pasang saklar on/off pada tengah-tengah kabel listrik tersebut. Kemudian, buat lubang kecil pada ujung lain kabel listrik untuk memasukkan lampu pijar. Setelah itu, sambungkan saklar tersebut dengan kabel listrik yang sudah terhubung ke fitting menggunakan terminal kabel.

5. Pemanas Kandang Ayam Siap Pakai

Pemanas kandang tersebut yang dibuat siap digunakan. Tempelkan kawat besi pada kandang ayam dan sambungkan dengan kabel pemanas.

6. Hidupkan Lampu Pijar

Hidupkan lampu pijar menggunakan saklar on/off yang sudah dipasang tadi, dan suhu kandang akan menjadi lebih hangat. Pastikan saklar dalam keadaan off saat lampu tidak sedang digunakan.

Cara Merawat Pemanas Kandang Ayam

merawat pemanas kandang ayam

Pemanas kandang ayam merupakan peralatan penting bagi peternakan hewan unggas. Alat ini berfungsi untuk menjaga suhu dalam kandang agar tetap hangat dan membuat ayam tetap merasa nyaman.

Namun, untuk menjaga kinerja pemanas kandang ayam agar tetap optimal, perlu mengetahui cara merawat pemanas kandang ayam dengan benar. Adapun beberapa cara untuk merawat pemanas tersebut dibawah ini.

1. Bersihkan secara rutin

Perlu membersihkan pemanas kandang secara rutin untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen-komponen alat tersebut. Bersihkan seluruh bagian alat tersebut, termasuk kabel listrik dan lubang kipas angin menggunakan lap yang lembab dan bersih. Pastikan alat kering sebelum digunakan kembali.

2. Periksa secara berkala

Selain itu perlu memeriksa pemanas kandang secara berkala. Periksa kabel listrik apakah ada yang mulai rusak atau terkelupas, dan periksa apakah komponen-komponen lainnya dalam kondisi baik dan normal. Ini akan membantu Anda memperbaiki kerusakan pada alat tersebut sebelum menjadi lebih parah.

3. Gunakan alat yang sesuai

Penting untuk menggunakan alat pemanas sesuai dengan ukuran kandang. Jangan pernah menggunakan alat terlalu besar atau terlalu kecil, karena alat salah dapat menghasilkan suhu yang tidak sesuai dan merusak kinerja pemanas kandang.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Cara Membuat Pemanas Kandang Ayam. Nantikan informasi selanjutnya meliputi kebutuhan kandang ayam lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang sedang memelihara ayam agar terhindar dari penyakit unggas.

Insureka1