lazada

10 Ciri ciri Anakan Murai Batu Jantan Umur 7 Hari

Ciri ciri Anakan Murai Batu Jantan Umur 7 Hari

Ciri ciri Anakan Murai Batu Jantan Umur 7 Hari – salah satu burung yang sangat diminati oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki suara merdu dan berkualitas tinggi serta kerap digunakan sebagai burung lomba. Agar memiliki performa terbaik, penting untuk memilih anakan murai batu yang memiliki ciri-ciri baik dari usia muda.

Dalam memilih anakan murai batu jantan umur 7 hari, ada beberapa ciri-ciri perlu diperhatikan. Pertama, perhatikan warna bulu pada bagian kepala, sayap dan ekor. Untuk anakan murai batu jantan, biasanya warna pada bagian ini akan lebih gelap dan lebih tajam dibandingkan dengan burung betina. Selain itu, ciri-ciri umum dari murai batu jantan adalah bulu pada bagian dada lebih putih dan memiliki tanda-tanda hitam pada tenggorokan dan dagunya.

Selain itu ada jenis ciri murai trotol ekor panjang memiliki warna cukup mengesankan. Bahkan merupakan bagian bulu pada kepala bagian atas, harus terlihat lebih tebal dan tertutup rapat. Selain itu, kepala dari burung murai batu jantan harus terlihat lebih besar dibandingkan bagian tubuh lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa burung memiliki kemampuan vokal bagus.

Selain dari segi fisik, penting juga untuk memeriksa kesehatan anakan murai batu jantan umur 7 hari. Pastikan burung tidak memiliki luka atau infeksi pada bagian tubuhnya. Lakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk memastikan bahwa burung dalam kondisi sehat dan siap untuk dipelihara.

Ciri ciri Anakan Murai Batu Jantan Umur 7 Hari

perbedaan anakan murai umur 7 hari

Bagi pecinta burung kicau, murai batu atau dikenal juga sebagai Edelsteenlijster, telah menjadi salah satu burung kicauan paling dicari. Di Indonesia, burung ini memiliki banyak penggemar karena keindahan suaranya khas dan menarik. Pada saat awal kelahirannya, murai batu memiliki ciri-ciri fisik dapat membedakan antara anak jantan dan betina. Berikut adalah ciri-ciri anakan murai batu jantan pada umur 7 hari.

LazadaDana

1. Ukuran Tubuh Besar

Anak murai batu jantan umur 7 hari cenderung lebih besar, lebih berisi dan lebih gemuk dibandingkan dengan anakan betina.

2. Warna Tubuh

Pada umur 7 hari, anak murai batu jantan memiliki bulu yang lebih gelap daripada betina. Kepala bagian atas biasanya memiliki warna sama seperti sayap atau sedikit lebih gelap.

3. Cakar Lebih Panjang

Salah satu ciri ciri lain yang dapat membedakan antara anak murai batu jantan dan betina saat masih berusia 7 hari adalah pada cakarnya. Cakar jantan lebih panjang dan tebal daripada betina. Ukuran cakar juga dapat mempengaruhi harga jualnya.

4. Bulu ekor lebih panjang

Anak murai batu jantan juga memiliki bulu ekor lebih panjang dari betina saat umur 7 hari. Walaupun panjang bulu ekor ini masih relatif pendek, namun perbedaan dihasilkan sudah cukup signifikan.

5. Suara Lebih Keras

Satu lagi ciri ciri anakan murai batu jantan pada usia 7 hari adalah kekuatan suaranya. Anak murai batu jantan umur 7 hari biasanya memiliki suara lebih keras dan ekspresif dibandingkan dengan anak betina. Hal ini tentu saja membuat murai batu jantan ini semakin diminati oleh para pecinta burung kicauan.

Cara Merawat Pakan Anakan Murai Batu Umur 7 Hari

cara merawat anakan murai

Anakan murai batu jantan usia 7 hari membutuhkan perawatan dan pakan yang tepat agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Inilah mengapa pemilik harus memahami secara detail mengenai kebutuhan perawatan dan pakan bagi anakan murai batu jantan usia 7 hari.

Berdasarkan banyaknya faktor harus diperhatikan saat memberikan perawatan dan pakan pada anakan murai batu jantan umur 7 hari, perlu memahami beberapa hal berikut.

1. Pilihan Pakan

Anakan murai batu jantan usia 7 hari memerlukan pakan kaya akan nutrisi agar dapat tumbuh dengan sehat dan optimal. Pemilik juga harus mempertimbangkan harga pakan tersedia agar tidak melebihi anggaran telah disediakan.

2. Jumlah Pakan

Pemilik harus memperhatikan jumlah pakan diberikan pada anakan murai batu jantan usia 7 hari. Jika terlalu banyak, anakan murai batu jantan akan mengalami masalah pencernaan dan melambungkan harga pengeluaran pakan. Apabila terlalu sedikit, anakan murai batu jantan tidak akan mendapatkan nutrisi cukup untuk pertumbuhannya.

Berdasarkan pengalaman para peternak, anakan murai batu jantan usia 7 hari memerlukan 2-3 kali pemberian pakan setiap hari. Jika berupa voer, terapkan takaran sebanyak 2-3 sendok teh setiap pemberian.

3. Takaran Pemberian Pakan

Takaran pemberian pakan juga menjadi hal penting dalam merawat anakan murai batu jantan usia 7 hari. Pemberian pakan kurang sering akan membuat metabolisme anakan murai batu jantan terhambat dan pertumbuhannya tidak akan optimal.

Hal perlu dipertimbangkan dalam pemberian pakan adalah waktu dan interval pemberian. Pemberian pakan ideal dilakukan pada pagi hari, sore hari, dan malam hari. Jangan lupa untuk memberikan air bersih dan segar sebelum dan setelah anakan murai batu jantan makan.

4. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan juga memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anakan murai batu jantan usia 7 hari. Pastikan kandang anakan murai batu jantan senantiasa bersih dan tidak lembab. Hal ini akan mencegah anakan murai batu jantan terkena penyakit dan membuat anakan murai batu jantan nyaman dan merasa aman.

Ketika suhu lingkungan terlalu dingin, anakan murai batu jantan dapat sakit dan dapat mempengaruhi kesehatannya. Sebaliknya, suhu lingkungan terlalu panas juga dapat membuat anakan murai batu jantan kelelahan dan mengganggu proses metabolismenya. Gunakan lampu pemanas tepat dan sirkulasikan udara dengan baik untuk menjaga kondisi lingkungan ideal.

Jadi, perawatan dan pemberian pakan anakan murai batu jantan usia 7 hari memerlukan perhatian khusus dan detail agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat optimal. Dengan pemilihan pakan dan harga tepat, pemberian pakan tepat jumlah dan frekuensinya, serta kondisi lingkungan ideal, pemeliharaan anakan murai batu jantan usia 7 hari akan berhasil dengan baik.

Kesimpulan

Nah dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri anakan murai batu jantan umur 7 hari meliputi warna bulu yang lebih gelap, garis mata yang sudah kelihatan, dan ciri fisik tubuh yang lebih gempal dibandingkan dengan betina. Selain itu, anakan jantan juga cenderung lebih aktif dan lincah dibandingkan dengan betina yang lebih tenang pada usia ini. Namun, perlu diingat bahwa ciri-ciri ini belum sepenuhnya menentukan jenis kelamin burung tersebut.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Ciri ciri Anakan Murai Batu Jantan Umur 7 Hari. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari anakan murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk peternak murai batu yang ingin tahu ciri ciri anakan.

lazada