lazada

5 Ciri Murai Trotol Ekor Panjang & Pendek 2024

ciri murai trotol ekor panjang

Ciri Murai Trotol Ekor Panjang – Memang menjadi idaman para pecinta burung kicau di Indonesia. Burung yang dapat tumbuh hingga dua kali panjang tubuhnya ini menjadi momok yang sulit dilupakan bagi mereka yang ingin memiliki burung berkicau dengan kualitas terbaik.

Murai trotol ekor panjang memang memiliki kriteria tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para pecinta burung. Dari segi penampilan, burung ini memiliki postur tubuh yang tegap dan kokoh dengan leher yang kekar. Namun, yang lebih menonjol adalah ekor burung yang panjang dan dihiasi oleh bulu-bulu yang berkilau dengan warna mencolok.

Tidak hanya dari segi penampilan, murai trotol ekor panjang juga memiliki kemampuan suara yang mumpuni. Burung ini mampu mengeluarkan suara kicauannya dengan nada yang jernih dan bervariasi. Tak heran jika murai trotol ekor panjang sering dijadikan sebagai peserta dalam lomba-lomba burung kicau di Indonesia.

Sama halnyna MURAI BATU LARWO yang tidak kalah saing dengan murai trotol ekor panjang. Banyak para pecinta burung yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli murai trotol ekor panjang sebagai koleksi dan juga sebagai peserta dalam pertandingan burung kicau. Tidak hanya itu, murai trotol ekor panjang juga menjadi burung yang siap bersaing di tingkat nasional, bahkan internasional.

Namun, di balik popularitasnya yang tinggi, memelihara murai trotol ekor panjang juga memiliki tantangan tersendiri. Tapi harus memiliki pengetahuan yang cukup dan pengalaman dalam merawat burung ini agar dapat tumbuh sehat dan siap untuk kontes. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli murai trotol ekor panjang, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai cara perawatannya.

LazadaDana

Ciri Murai Trotol Ekor Panjang

murai trotol ekor pendek warna coklat

Namun, bagi para pemilik murai trotol ekor panjang haruslah memperhatikan asupan gizi dan perawatan yang tepat agar burung tersebut senantiasa sehat dan dapat berkicau dengan baik. Selain itu, perlu diperhatikan pula pemberian vitamin dan obat-obatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan burung.

Murai trotol ekor panjang memang menjadi idaman bagi para pecinta burung karena memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, burung ini juga memiliki ciri-ciri fisik yang khas dan mudah untuk dikenali. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa ciri fisik murai trotol ekor panjang yang harus Anda ketahui beserta tabel harga terbarunya.

1. Ekor Panjang

Ciri utama dari murai trotol ekor panjang adalah memiliki ekor yang panjang hingga melebihi panjang tubuhnya. Biasanya, panjang ekor burung ini bisa mencapai hingga 30 hingga 40 cm. Tak hanya itu, ekor burung juga memiliki bulu-bulu yang rapat serta ujung ekor yang runcing.

Agar ekornya bisa tumbuh panjang, murai trotol ekor panjang biasanya diberi makanan yang kaya nutrisi seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Selain itu, pemilik burung juga perlu rajin merawat kondisi burung serta memberikan suplemen yang diperlukan agar burung tetap sehat.

Harga murai trotol ekor panjang yang memiliki ekor dengan panjang yang ekstrim bisa mencapai harga jual yang sangat tinggi. Harga tersebut biasanya dipengaruhi oleh umur, bakat, serta warna burung. Berikut adalah daftar harga murai trotol ekor panjang terbaru.

  • Murai trotol ekor panjang umur 4-8 bulan = Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000
  • Murai trotol ekor panjang umur 8-12 bulan = Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000
  • Murai trotol ekor panjang umur di atas 12 bulan = Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000

Namun, harga tersebut masih bisa berbeda tergantung dari lokasi dan keadaan burung yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membeli burung dari penjual yang terpercaya dan mengerti tentang burung tersebut.

Perbedaan Murai Trotol dan Murai Biasa

murai trotol dan murai biasa

Murai trotol ekor panjang adalah jenis burung murai yang biasanya diburu oleh pencinta burung kicauan. Mereka memiliki ciri khas yang membedakannya dengan murai biasa. Bagi para pencinta burung kicauan, penting untuk dapat membedakan murai trotol ekor panjang dengan murai biasa sebelum membeli. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membedakan murai trotol ekor panjang dengan murai biasa.

  • Melihat dari Ekor
  • Warna bulu cerah
  • Suara murai trotol lebih merdu
  • Seluruh tubuh murai trotol lebih rapih

Selain itu, warna bulu yang cerah dan suara yang merdu juga menjadi ciri khas yang membuat murai trotol ekor panjang menjadi burung yang cukup populer dikalangan pencinta burung kicauan.

Cara Membedakan Murai Trotol dengan Murai Biasa

murai trotol ekor panjang putih

Selain dari ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk membedakan murai trotol ekor panjang dengan murai biasa. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membedakan murai trotol ekor panjang dengan murai biasa:

1. Pengamatan dari Jarak Jauh

Saat melihat murai trotol ekor panjang dari jarak jauh, akan terlihat jika trotol pada ekor burung tersebut panjang dan sejajar. Sedangkan pada murai biasa, trotol yang terlihat berada pada kebanyakan terletak di bagian atas ekor burung.

2. Pengamatan dari Jarak Dekat

Jika ingin membedakan murai trotol ekor panjang dengan murai biasa dari jarak dekat, perhatikan bentuk trotol dan distribusinya. Pada murai trotol ekor panjang, trotol yang dimilikinya terlihat lebih besar dan rapih dan didistribusikan di seluruh tubuh burung. Sementara untuk murai biasa, trotol yang dimilikinya terlihat lebih kecil dan terdapat pada bagian tertentu saja.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Ciri Murai Trotol Ekor Panjang. Nantikan informasi selanjutnya meliputi ciri jenis burung lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk penggemar murai trotol dan ingin membeli jenis tersebut.

lazada