lazada

10 Ciri Anak Ayam Serama Jantan & Betina Umur 2 Bulan

ciri serama ayam jantan

Ciri Anak Ayam Serama Jantan – Mendengar namanya saja, pasti sudah terbayang dengan jelas bentuk tubuh kecil dan ramping yang dimilikinya. Tapi, apakah tahu apa saja ciri yang membedakan antara ayam Serama jantan dan betina?

Untuk itu akan fokus membahas ciri fisik ayam Serama jantan. Sebagai jenis ayam hias populer di Indonesia, terutama di kalangan peternak dan penyuka hobi peliharaan, pengetahuan mengenai ciri ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi ingin memiliki ayam Serama jantan di rumah.

Bahkan untuk memilih jenis pakan harus sesuai dengan jenis ayam serama. Sama halnya PAKAN AYAM KALKUN dimana pakan tersebut membutuhkan beberapa bahan campuran agar menghasilkan daging atau telur berkualitas tinggi.

Apabila ingin membeli atau memiliki anak serama jantan perlu memperhatikan pada bagian fisik kepala hingga kaki karena harga ayam tersebut begitu mahal. Agar dapat memberikan ayam serama atau bukan bisa simak pembahasan dibawah ini dengan sesakma.

Ciri Anak Ayam Serama Jantan dan Betina

anak ayam serama jantan umur 2 bulan

Ayam serama jantan biasanya lebih sering digunakan untuk lomba ayam karena postur tubuh mempesona dan suaranya sangat khas. Selain itu, ayam serama jantan termasuk dalam kategori “fighting grade” juga sering digunakan untuk pertarungan ayam.

LazadaDana

Meskipun kegiatan ini sebenarnya sangat tidak etis dan dilarang di beberapa negara. Sedangkan ayam serama betina lebih sering dijadikan hewan peliharaan atau dipelihara sebagai ayam petelur.

Ayam Serama Jantan merupakan salah satu jenis ayam hias berasal dari Malaysia. Jenis ayam ini cukup populer di kalangan pecinta burung atau hewan peliharaan, terutama para penggemar ayam hias. Ciri anak ayam Serama Jantan dapat dikenali dengan mudah.

1. Ukuran Kecil

Salah satu ciri fisik ayam Serama Jantan adalah ukurannya kecil. Ukuran ayam ini sangat kecil, sehingga seringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan lucu dan imut. Berat badan ayam Serama Jantan hanya berkisar antara 350-450 gram dan tingginya sekitar 15-25 cm.

2. Bentuk Tubuh Tegap

Ayam Serama Jantan memiliki bentuk tubuh cukup tegap atau lurus dari kepala hingga ekor. Bentuk tubuh ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ayam Serama Jantan. Hal ini disebabkan oleh terdapatnya suatu kelainan genetik yang dikembangkan melalui metode seleksi ketat selama beberapa generasi.

3. Postur Tubuh Tegap

Postur tubuh ayam Serama Jantan juga sangat tegap, sehingga tampak kokoh dan tangguh. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada ayam hias satu ini. Postur tubuh tersebut dapat dilihat dari leher dan kepalanya tegak, serta kepak sayap yang disatukan ke dalam.

4. Bulu Halus dan Bercahaya

Salah satu ciri fisik lainnya pada ayam Serama Jantan adalah bulunya yang halus dan bercahaya. Warna bulu dari ayam Serama Jantan cukup bervariasi seperti coklat, hitam dan putih. Keberadaan bulu halus dan bercahaya membuat ayam ini terlihat lebih cantik dan elegan.

5. Ekor Tegak

Ciri fisik yang paling mudah dikenali adalah ekor ayam Serama Jantan tegak. Ekor ayam ini lebih pendek dan lebih tegak dibandingkan jenis ayam lainnya. Hal ini berbeda dengan ayam Serama Betina cenderung memiliki ekor lebih panjang dan terbuka.

6. Kepala dan Leher Tegak

Kepala dan leher ayam Serama Jantan juga sangat tegak. Terlihat jelas bahwa ayam ini memiliki struktur tubuh kokoh dan berotot. Tidak heran jika ayam Serama Jantan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan gagah dan tangguh.

Perbedaan Anak Ayam Serama Jantan dan Betina

perbedaan ayam serama jantan dan betina

Perbedaan ciri antara ayam serama jantan dan betina ini dapat dilihat dari bentuk dan warna bulu, perbandingan ukuran tubuh, serta tebal tipisnya bulu di kaki dan pergelangan kaki. Namun, harga ayam serama jantan dan betina tidak selalu berbeda cukup signifikan. Setiap pemilik hewan dapat menentukan harga ayam serama sesuai dengan kualitas tubuh, kebersihan dan perawatan diberikan.

Ayam serama merupakan ayam hias berasal dari Malaysia. Ayam ini terkenal dengan kemampuan berdiri tegak seperti manusia dan memiliki bulu indah di seluruh tubuhnya. Selain itu, ayam serama juga memiliki keunikan dalam perbedaan ciri antara jantan dan betina. Berikut ini adalah beberapa perbedaan anak ayam serama jantan dan betina.

Ciri JantanCiri Betina
Bulu pada ekor lebih panjang dan melengkung ke atasBulu pada ekor cenderung lebih pendek dan lurus
Bulu di kaki dan pergelangan kaki lebih tebalBulu di kaki dan pergelangan kaki lebih tipis
Lebih besar dan tegapLebih kecil dan ramping
Bulu pada bagian bawah perut lebih panjangTidak memiliki bulu pada bagian bawah perut
Bulu pada ekor berwarna lebih mencolokBulu pada ekor berwarna lebih pudar

Perbedaan ciri antara ayam serama jantan dan betina ini dapat dilihat dari bentuk dan warna bulu, perbandingan ukuran tubuh, serta tebal tipisnya bulu di kaki dan pergelangan kaki. Namun, harga ayam serama jantan dan betina tidak selalu berbeda cukup signifikan. Setiap pemilik hewan dapat menentukan harga ayam serama sesuai dengan kualitas tubuh, kebersihan dan perawatan yang diberikan.

Cara Membedakan Anaka Ayam Serama Jantan dan Betina

cara membedakan ayam serama jantan dan betina

Ayam Serama adalah salah satu jenis ayam hias yang paling populer di Indonesia. Ayam Serama biasa digunakan untuk hiasan di taman rumah atau sebagai hewan peliharaan. Ciri khas dari Ayam Serama adalah kecilnya ukuran tubuhnya dengan ukuran paling tinggi hanya sekitar 25cm.

Para peternak Ayam Serama biasanya ingin memelihara Ayam Serama jantan agar dapat menghasilkan anak ayam Serama jantan lagi. Berikut adalah cara membedakan anak Ayam Serama jantan dan betina:

1. Melihat Ukuran dan Bobot

Salah satu faktor yang dapat digunakan untuk membedakan anak Ayam Serama jantan dan betina adalah dari ukuran dan bobot badannya. Anak Ayam Serama jantan biasanya lebih kecil ukurannya dan memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan anak Ayam Serama betina.

Anak Ayam Serama jantan memiliki bobot sekitar 25-35 gram, sementara anak Ayam Serama betina memiliki bobot sekitar 30-50 gram.

2. Melihat Bentuk Ekor

Faktor selanjutnya bisa digunakan untuk membedakan anak Ayam Serama jantan dan betina adalah dari bentuk ekornya. Anak Ayam Serama jantan biasanya memiliki ekor lebih panjang dan ramping dibandingkan dengan anak Ayam Serama betina.

Selain itu, ekor anak Ayam Serama jantan juga biasanya lebih menekuk ke bawah, sedangkan ekor anak Ayam Serama betina lebih tegak ke atas.

3. Suara Kokokan

Terakhir adalah faktor dapat digunakan untuk membedakan anak Ayam Serama jantan dan betina adalah dari suara kokokan yang dikeluarkan. Anak Ayam Serama jantan biasanya memiliki suara kokokan lebih keras dan tegas dibandingkan dengan anak Ayam Serama betina.

Selain itu, anak Ayam Serama jantan juga kokokannya lebih panjang dan bersambung, sedangkan anak Ayam Serama betina memiliki suara kokokan lebih pendek dan tidak bersambung.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Ciri Anak Ayam Serama Jantan. Nantikan informasi selanjutnya meliputi ciri anak ayam lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang sedang memelihara jenis ayam serama agar dapat membedakan jantan atau betina.

lazada