lazada

30 Umpan Ikan Gabus yang Susah Makan, Liar dan Galak

Umpan Ikan Gabus yang Susah Makan

Umpan Ikan Gabus yang Susah Makan – Sungai, danau, atau kolam pemancingan adalah tempat yang paling cocok bagi para pemancing untuk mencari ikan. Merekapun akan membawa peralatan pancing lengkap, mulai dari joran, rol, alat umpan, hingga teknik untuk menarik perhatian sang ik’an. Namun, tidak jarang para pemancing dibuat frustasi dengan ikan gabus. Pasalnya, ikan gabus terkenal sebagai ikan yang sulit untuk dipancing.

Ikan gabus, Republik ikan menyebutkan, merupakan ikan air tawar yang memiliki tingkat suhu yang cukup tinggi. Di Indonesia, ikan gabus belum terlalu populer bila dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya seperti ikan lele ataupun ikan nila. Meski demikian, ketenaran ikan gabus sebagai target para pemancing kelas berat tak diragukan lagi.

Kesulitan yang dihadapi para pemancing untuk menaklukkan ikan gabus merupakan tantangan tersendiri. Bagi mereka, menjebak ikan gabus membutuhkan skill dan teknik pancing tersendiri. Memilih umpan yang tepat juga menjadi kuncinya. Oleh karena itu, banyak pemancing mencari-cari umpan ikan gabus yang susah makan, sehingga mereka dapat dengan mudah menarik perhatian ikan gabus dan memancingnya.

Mencari umpan jitu ikan gabus memang bukanlah perkara mudah. Namun, jika bisa menyulap umpan yang cocok, maka para pemancing akan dijamin mendapatkan hasil yang memuaskan. Ada beberapa jenis umpan yang biasa digunakan untuk menangkap ikan gabus, seperti telur ayam, ikan balong, ikan teri, katak, ulat, dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua umpan cocok untuk ikan gabus, sehingga diperlukan strategi khusus untuk menemukan umpan yang paling tepat.

Umpan Ikan Gabus yang Susah Makan

racikan umpan ikan gabus

Ikan gabus adalah ikan yang populer dijadikan target bagi para pemancing. Selain mempunyai ukuran yang besar, ikan gabus juga dikenal dengan karakteristiknya yang sulit dijinakkan saat sudah terkena kail. Namun, apa jadinya jika ikan gabus yang sudah terlanjur terkena umpan tetapi malah susah untuk makan? Tentu hal ini membuat para pemancing sedikit kesulitan.

LazadaDana

Namun, tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa jenis umpan yang cocok bagi ikan gabus yang sulit makan. Selain itu, cupangbetta.id juga akan memberikan harga rinci dari masing-masing jenis umpan tersebut.

1. Pelet Ikan Gabus

Pelet ikan gabus merupakan jenis umpan yang paling tepat untuk ikan gabus yang sulit makan. Pelet ini terbuat dari bahan berkualitas dan sudah diracik sedemikian rupa sehingga ikan gabus merasa sangat tertarik untuk memakannya. Selain itu, pelet ikan gabus memiliki aroma yang sangat khas sehingga ikan gabus mudah tergoda untuk memakannya.

Harga pelet ikan gabus cukup terjangkau, dengan kisaran harga mulai Rp 15.000 hingga Rp 60.000 per kilogramnya. Harga tersebut tentu akan berbeda-beda tergantung pada kualitas pelet yang diinginkan.

2. Jangkrik

Jangkrik juga merupakan salah satu jenis umpan yang menjadi favorit bagi ikan gabus. Namun, tidak semua ikan gabus mudah tertarik dengan umpan yang satu ini. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan jangkrik sebagai umpan, pastikan ikan gabus Anda memang suka dengan umpan yang satu ini.

Harga jangkrik cukup terjangkau, dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 40.000 per 100 gramnya.

3. Lumut

Lumut adalah jenis umpan alami yang sering digunakan oleh para pemancing untuk menarik perhatian ikan gabus. Selain mudah didapat, lumut juga mempunyai aroma alami yang sangat disukai oleh ikan gabus.

Harga lumut bervariasi, tergantung pada jenis dan kualitasnya. Harga umumnya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per ikatnya.

4. Udang Galah

Udang galah juga menjadi salah satu jenis umpan yang cocok untuk ikan gabus. Umpan tersebut berbahan dasar udang galah segar yang mudah didapat di pasar. Udang galah mempunyai aroma yang sangat khas sehingga mampu menarik perhatian ikan gabus.

Harga udang galah cukup terjangkau, dengan kisaran harga mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 40.000 per 100 gramnya.

5. Telur Ikan

Telur ikan merupakan jenis umpan yang sangat cocok bagi ikan gabus. Selain mudah didapat, telur ikan juga mempunyai aroma yang sangat khas sehingga mampu menarik perhatian ikan gabus.

Harga telur ikan cukup terjangkau, dengan kisaran harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per bungkusnya.

Cara Memancing Ikan Gabus yang Susah Makan

teknik mancing ikan gabung

Menangkap ikan gabus memang tidak selalu mudah, terutama ketika ikan tersebut sulit untuk makan umpan yang telah kita siapkan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami berikan beberapa cara memancing ikan gabus yang susah makan.

1. Pilih Umpan yang Tepat

Umpan yang digunakan sangat berpengaruh dalam menangkap ikan gabus. Ikan gabus biasanya lebih suka umpan yang memiliki aroma yang kuat seperti umpan hidup seperti ikan kecil atau kodok, atau umpan yang memiliki rasa yang menyengat seperti jangkrik atau belalang. Kamu juga bisa mencoba menggunakan umpan buatan seperti umpan kering atau umpan basah yang banyak dijual di toko alat – alat pancing.

2. Kualitas Umpan

Tidak hanya memilih umpan yang tepat, namun kamu juga harus memperhatikan kualitasnya. Umpan yang basi atau sudah terlalu lama bisa membuat ikan gabus tidak tertarik pada umpanmu. Terkadang ikan gabus juga bisa memangsa umpan yang lebih mahal, belum lagi umpan tersebut memiliki daya tahan yang lebih lama.

UmpanHarga
Ulat hongkongRp 10.000/pot
Ulat buluRp 15.000/pot
Ikan hidupRp 30.000/5 ekor
Umpan keringRp 5.000/pack

3. Gunakan Teknik Pancing

Selain umpan yang tepat, teknik pancing yang kamu gunakan juga bisa membantu menarik perhatian ikan gabus. Saat memancing, pastikan kamu menggoyangkan umpanmu sedikit demi sedikit sehingga menarik perhatian ikan gabus. Ketika kamu merasa ada tarikan pada kail, segera tarik kail sehingga ikan tersebut tidak bisa meloloskan diri.

4. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu memancing juga bisa mempengaruhi hasil tangkapanmu. Biasanya, ikan gabus lebih aktif memangsa pada pagi atau sore hari ketika suhu air sedikit lebih dingin. Jadi, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk memancing agar bisa mendapatkan tangkapan yang bagus.

5. Bersabarlah

Kamu tidak selalu akan berhasil menangkap ikan gabus setiap kali memancing. Oleh karena itu, terkadang kamu harus lebih bersabar dalam menunggu ikan yang tertarik pada umpanmu. Namun, jika kamu mengikuti tips dan trik yang kami berikan, peluangmu untuk menangkap ikan gabus yang sulit makan umpan akan lebih besar.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, umpan ikan gabus yang susah makan memang menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan oleh para pemancing. Namun, dengan memperhatikan beberapa faktor yang telah dibahas di atas seperti pemilihan bahan, teknik pengolahan yang tepat, dan penambahan aroma yang sesuai dapat meningkatkan efektivitas umpan ikan gabus tersebut.

Tidak hanya itu, perlu juga diingat bahwa penggunaan jenis umpan yang berbeda mungkin lebih efektif di berbagai area atau pada waktu yang berbeda pula. Oleh karenanya, para pemancing harus cermat dalam melakukan observasi dan mencoba-coba berbagai jenis umpan hingga menemukan yang paling cocok untuk mereka gunakan.

lazada