Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

25 Umpan Jitu Ikan Gabus : Alami, Tiruan & Racikan

Umpan Jitu Ikan Gabus

Umpan Jitu Ikan Gabus – Ikan Gabus merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar yang biasa hidup di perairan rawa-rawa, danau, sungai hingga sawah-sawah. Ikan Gabus di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali nama, seperti Haruan, Kutuk, Kabos, Bogo, Licingan, Kocolan Aruan, Bocek dan masih banyak lagi lainnya. Ikan dengan nama ilmiah Channa Striata ini dalam bahasa Inggris juga memiliki banyak sebutan, seperti Snakehead Murrel, Snakehead Common, Striped Snakehead, Chevron Snakehead dan juga aruan. Di habitatnya ikan Gabus memangsa berbagai ikan-ikan kecil, serangga dan hewan air lainya (termasuk kodok dan beludru).

Ikan Gabus dikenal neniliki daya tahan kuat karena ikan Gabus memiliki sistem pernafasan semacam organ labirin, seperti yang dimiliki ikan Lele dan Ikan Betok, dimana dengan organ tersebut ikan Gabus mempunyai kemampuan bernafas langsung dari udara. Bagi para pemancing, ikan Gabus menjadi salah satu jenis ikan predator yang cukup sulit ditaklukan. Hal tersebut karena ikan Gabus memiliki perlawanan sangat kuat ketika sedang terkena mata pancing, jadi jika pemancing tidak siap maka ikan Gabus bisa lolos dengan mudah.

Memancing ikan Gabus berbeda dengan memancing ikan jenis lain, banyak hal perlu diperhatikan ketikan akan memancing ikan Gabus, misalnya seperti perlengkapan pancing, umpan yang akan digunakan serta lokasi atau spot memancing. Terkait dengan spot memancing, ikan Gabus sangat menyukai tempat rindang dan cenderung menghindari tempat yang terpapar sinar matahari. Lalu untuk perlengkapan pancing sendiri haruslah disesuaikan dengan cara Anda memancing, karena ikan Gabus merupakan ikan predator.

Kemudian terkait dengan umpan, dibutuhkan umpan yang benar-benar jitu atau ampuh baik itu jenis umpan tiruan maupun umpan racikan sendiri. Lalu umpan apa sajakah yang jitu untuk memancing ikan Gabus? Nah sesuai judul artikel diatas sekaligus menjawab pertanyaan tersebut, dikesempatan kali ini cupangbetta akan membagikan informasi seputar hal tersebut, yakni umpan jitu ikan Gabus. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai umpan jitu memancing ikan Gabus, simak ulasan dari cupangbetta tentang umpan jitu ikan Gabus berikut ini.

Rekomendasi Umpan Jitu Ikan Gabus

Rekomendasi Umpan Jitu Ikan Gabus

Berikut merupakan rekomendasi beberapa umpan paling jos dan ampuh guna memancing ikan Gabus, mulai dari umpan binatang hidup (alami), umpan tiruan dan umpan racikan sendiri :

1. Katak Kecil

Katak Kecil

Umpan jitu ikan Gabus pertama yaitu katak kecil. Katak-katak kecil merupakan target mangsa ikan Gabus di alam liar, jadi penggunaan katak kecil sebagai umpan merupakan pilihan jitu atau terbaik. Pemancing biasanya menggunakan katak kecil sebagai umpan jitu ketika memancing di malam hari. Caranya yaitu dengan mengaitkan kail dari belakang ekornya, usahakan katak dlam kondisi masih hidup agar jika bergerak dapat menarik perkatian Gabus.

2. Cacing Tanah

Cacing Tanah

Umpan jitu ikan Gabus selanjutnya ada cacing tanah. Cacing tanah ampuh sebagai umpan karena bisa meyebarkan bau amis yang dapat menarik perhatian ikan Gabus untuk memangsanya. Sebenarnya tidak hanya cacing tanah saja, jenis cacing lain seperti cacing sawah, cacing kalung dan lainnya juga bisa digunakan sebagai umpan ikan Gabus.

3. Belalang

Belalang

Belalang menjadi salah satu makanan target ikan Gabus jika di alam liar, jadi memakai belalang sebagai umpan ketika memancing ikan Gabus merupakan pilihan jitu. Usahakan belalang masih dalam kondisi hidup agar warna hijau ditambah gerakan dapat menarik perhatian ikan.

4. Keong Kecil

Keong Kecil

Memakai keong sebagai umpan ikan gabus juga menjadi pilihan jitu, sebab keong mampu menebarkan bau amis menyengat yang dapat menarik perhatian ikan gabus. Caranya yaitu dengan mengambil isi keong terlebih dahulu baru mengaitkanya ke kail.

5. Ikan Wader

Ikan Wader

Di habitat aslinya ikan Gabus memang menjadikan ikan-ikan kecil seperti ikan wader sebagai mangsanya, jadi menggunakan ikan wader sebagai umpan adalah pilihan jitu. Ketika dijadikan umpan usahakan ikan wader dalam kondisi hidup sehingga ketika wader bergerak/berenang akan menarik perhatian gabus untuk memangsanya.

6. Jangkrik

Jangkrik

Jangkrik juga menjadi umpan jitu untuk memancing gabus, ini karena jangkrik memiliki bau amis menyengat ketika ada cairan keluar dari tubuhnya. Caranya sama seperti memakai belalang, yaitu tinggal mengaitkan jangkrik ke kail, sebagai tips sebaiknya buang terlebih dahulu sayap jangkrik agar gabus lebih tertarik untuk memangsanya.

7. Ulat Daun Pisang

Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang menjadi umpan paling jitu yang biasa digunakan oleh para pemancing ikan Gabus. Ukuran kecil dan aktif bergerak serta tidak mudah mati ketika didalam air ditambah dengan aroma dari cairan isi perutnya yang dapat merangsan Ikan untuk memangsanya membuat ulat daun pisang jadi umpan ampuh dan juga paling jos ketika dipakai sebagai umpan untuk memancing Gabus.

8. Anakan Ikan Mas

Anakan Ikan Mas

Dengan warna cerah serta gerakan yang dilakukan anakan ikan mas akan dapat menarik perhatian Gabus. Jadi memakai anakan ikan mas sebagai umpan ketika memancing ikan Gabus merupakan pilihan jitu. Dalam penggunaanya pastikan kondisi ikan mas hidup dan sehat agar ikan mas aktif bergerak/berenang untuk menarik perhatian Gabus.

9. Umpan Tiruan

Umpan Tiruan

Memancing Gabus memakai umpan tiruan/buatan menjadi pilihan jitu. Hal ini karena selain ampuh, umpan tiruan juga terkenal awet. Penggunaan umpan buatan cocok dipakai ketika memancing dengan teknik casting.

10. Umpan Racikan

Umpan Racikan

Selain penggunaan umpan alami seperti tersebut diatas maupun umpan tiruan, memancing Gabus juga menggunakan umpan racikan jitu paling jos dengan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Pelet Pf.100
  • Sarden
  • Bawang putih secukupnya
  • Tepung ikan
  • Roti Marie/Regal
  • Air secukupya
  • Cara Membuat : Campur semua bahan tersebut lalu ulek atau tumbuk perlahan-lahan hingga semuanya tercampur rata. Aduk semuanya seperti halnya membuat kue, semaik halus adonan maka akan semakin baik.

Persiapan Sebelum Mancing Ikan Gabus

Persiapan Sebelum Mancing Ikan Gabus

Agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memancing ikan Gabus. Adapun hal yang perlu dipersiapkan sebelum memancing ikan Gabus adalah sebagai berikut :

  • Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik atau paling jitu untuk memancing ikan Gabus, dimana waktu tersebut adalah waktu dimana matahari tidak terlalu panas dan di waktu itu pula ikan Gabus akan keluar untuk mencari makan.
  • Penggunaan umpan tiruan untuk teknik casting tentu jadi salah satu pilihan jitu, namun yang perlu diperhatikan adalah pemancing harus sudah benar-benar mengerti cara penggunan umpan supaya umpan tiruan tersebut bisa terlihat hidup sekaligus menarik perhatian Gabus.
  • Pada saat memancing usahakan menghindari atau jangan membuat kegaduhan agar ikan Gabus tidak kaget/lari, hal ini mengingat ikan Gabus adalah ikan yang sangat peka terhadap suara-suara asing.
  • Pilih joran yang mampu menghadapi perlawanan yang kemungkinan akan diberikan oleh ikan Gabus, misalnya joran jenis fast tapper.
  • Penggunan mata pancing yang mampu menahan beban seberat 20 kg sangat disarankan, begitu juga dengan pemakaian senar, pastikan kuat dan jenis terbaik.
  • Penting untuk tidak berpatokan mendapat ikan besar, jadi bawa juga mata pancing ukuran sedang dan kecil.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai umpan jitu ikan Gabus yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.