Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

11 Umpan Ikan Nila Liar Paling Ampuh: Alami & Racikan

Umpan Ikan Nila Liar

Umpan Ikan Nila Liar – Ikan Nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal atau di introduksi dari Afrika bagian timur pada tahun 1969 dan merupakan jenis ikan konsumsi. Dijadikan sebagai konsumsi masyarakat karena ikan Nila merupakan spesies ikan yang lezat serta tubuh dan dagingnya relatif besar.

Sebagai ikan konsumsi pulalah saat ini banyak yang membudidayakan ikan Nila di kolam-kolam air tawar, selain itu banyaknya budidaya ikan Nila juga karena ikan Nila memiliki aifat atau kemampuan adaptasi yang baik serta perkembang biakanya cukup mudah.

Bagi para pemancing, ikan Nila menjadi ikan target atau buruan karena selain rasanya yang enak, ikan Nila juga dikenal memiliki sambaran serta tarikan cukup ganas sehingga memancing ikan Nila menjadi hal yang menyenangkan sekaligus memuaskan untuk dilakukan.

Nah agar kegiatan memancing bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, tentunya banyak faktor yang perlu diperhatikan dan salah satunya yaitu mengenai umpan. Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini cupangbetta akan berbagi informasi mengenai hal tersebut yakni umpan ikan Nila. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai umpan memancing ikan Nila, simak ulasan dari cupangbetta tentang umpan ikan Nila liar berikut ini.

Rekomendasi Umpan Ikan Nila Liar

Rekomendasi Umpan Ikan Nila Liar

Yang dimaksud ikan Nila liar disini adalah ikan Nila yang habitat atau hidupnya ada di alam liar seperti sungai, danau, selokan maupun rawa-rawa. Dialam liar tersebut ikan Nila akan mengkonsumsi berbagai makanan yang ada disekitar habitatnya, baik itu hewan-hewan kecil maupun tumbuh-tumbuhan air. Melihat fakta tersebut, dapat diambil kesimpulan terkait dengan penggunaan umpan memancing ikan Nila liar yang akan digunakan. adapun umpan – umpan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lumut

Umpan ikan Nila liar pertama paling jos, ampuh dan jitu yaitu lumut. Selain untuk umpan ikan Nila liar, lumut umum digunakan oleh para pemancing sebagai umpan untuk memancing jenis ikan air tawar lainnya. Tidak semua jenis lumut bisa digunakan sebagai umpan memancing ikan Nila liar, jenis yang bisa digunakan adalah lumut dengan tekstur lembut dan berwarna hijau cerah yang biasa ditemukan di sungai, selokan, empang ataupun rawa-rawa.

2. Usus Ayam

Umpan paling jos, ampuh dan jitu untuk memancing ikan Nila liar yaitu usus ayam. Pemancing biasa menggunakan usus ayam sebagai umpan ketikan memancing ikan Nila liar di sungai maupun rawa-rawa. Sebelum menggunakanya sebagai umpan, cuci lalu rebus dan potong kecil-kecil terlebih dahulu usus ayam sebelum memakainya sebagai umpan.

3. Cacing

Umpan ikan Nila liar paling jos, ampuh dan jitu selanjutnya yaitu cacing. Cacing menjadi umpan yang umum dipakai para pemancing untuk mancing jenis ikan air tawar, termasuk ikan Nila. Selain karena mudah didapatkan, cacing jiga dianggap sebagai umpan ampuh dan jitu untuk ikan Nila liar.

4. Kroto

Kemudian umpan untuk mancing ikan Nila liar berikutnya ada kroto. Kroto sendiri merupakan sebutan untuk telor semut, dimana untuk mendapatkanya Anda bisa membelinya di toko-toko penjual makanan burung atau bisa juga dengan mencarinya langsung di sarang-sarang semut yang biasanya terdapat di pepohonan.

5. Mie Instan

Untuk mancing ikan Nila liar, Anda juga bisa memakai mie instan. Memanfaatkan mie instan sebagai umpan caranya cukup mudah, yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu mie instan hingga lembek lalu hancurkan sehingga mudah dibentuk bulatan kecil-kecil agar mudah diakitkan ke mata kail.

6. Daun Kangkung

Umpan dari bahan alami berikutnya ada daun kangkung. Sebelum memakainya sebagai umpan ikan Nila liar, potong kecil-kecil terlebih dahulu kangkung baru setelah itu siap untuk digunakan.

7. Rumput

Rumput yang biasa tumbuh disekitar sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai umpan ikan Nila liar. Untuk penerapanya hampir sama dengan daun kangkung, yakni terlebih dahulu potong kecil-kecil rumput lalu setelah itu baru siap dipakai sebagai umpan untuk memancing.

8. Pelet

Pelet merupakan salah satu jenis pakan ikan yang biasa dijual di toko-toko penjual pakan ikan. Memakai pelet sebagi umpan Nila liar juga menjadi pilihan jitu karena selain penggunaanya mudah, sebagai umpan memancing pelet juga terbilang ampuh.

9. Umpan Racikan

Selain berbagai umpan alami seperti tersebut diatas, sebagai alternatif memancing Nila liar juga bisa menggunakan umpan racikan. Berikut beberapa rekomendasi umpan racikan dari berbagai bahan yang dapat menjadikan umpan dan jitu ketika digunakan sebagai umpan mancing Nila liar :

Umpan Racikan Pertama

Bahan :

  • Biskuit Crackers 1 pak
  • 2 bungkus mie instan
  • Kuning telur
  • Minyak goreng

Cara Meracik :

  • Pertama hancurkan biskuit sampai halus (bisa memakai blender)
  • Kedua hancurkan pula mie instan sampai halus memakai blender
  • Kemudian campurkan keduanya kedalam satu wadah
  • Setelah itu campurkan kuning telur, aduk hingga merata
  • Selanjutnya teteskan minyak goreng secukupnya hingga adonal bisa dibentuk
  • Setelah itu diamkan adonan selama beberapa menit dan umpan siap digunakan.

Umpan Racikan Kedua

Bahan :

  • Satu bungkus mie instan
  • Kuning telur satu butir
  • Air panas secukupnya

Cara Meracik :

  • Campur atau satukan semua bahan dalam satu wadah
  • Selanjutnya aduk sampai merata
  • Diamkan beberapa saat hingga mie pulen, maka umpan siap digunakan.

Umpan Racikan Ketiga

Bahan :

  • Usus Ayam
  • Air matang secukupnya

Cara Meracik :

  • Cuci bersih usus ayam di air mengalir
  • Selanjutnya rebus usus ayam hingga matang
  • Setelah direbus matang, masukan usus ayam dalan wadah tertutup dan diamkan selama kurang lebih dua hari hingga membusuk maka umpan siap digunakan.

Tips Mancing Ikan Nila Liar

Tips Mancing Ikan Nila Liar

Supaya mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan, berikut adalah tips atau hal-hal perlu diperhatikan sebelum memancing ikan Nila liar :

  • Perhatikan kondisi air, apakah air dalam kondisi jernih dan tenang atau sedang keruh. JIka kondisi air keruh maka pakailah umpan dengan bau amis kuat seperti cacing, sedangkan jika kondisi air tenang dan jernih maka Anda bisa menggunakan segala jenis umpan.
  • Jika memakai cacing sebagai umpan, pasang cacing hingga menutupi keseluruhan kail pancing dan sisakan sedikit bagian ekor cacing. Maksudnya adalah agar nantinya ekor cacing dapat bergerak-gerak didalam air sehingga dapat menarik perhatian ikan untuk memangsanya.
  • Pakai piranti yang sesuai dengan kondisi spot memancing, sehingga gampang dalam melempar umpan.
  • Pakailah pemberat dengan ukuran kecil, tujuanya agar ketika umpan dilempar ikan tidak kabur karena kaget/terkejut.
  • Ketika mendapati spot memancing dimana ikan Nila susah makan, pakailah trik dengan melempar umpan melewati kumpulan ikan lalu tarik secara perlahan-lahan. Dengan umpan yang bergerak dan meliuk-liuk melewati kumpulan ikan diharapkan akan menarik perhatian ikan untuk memangsanya.
  • Perhatikan waktu memancing, disarankan pagi menjelang siang atau sore menjelang malam.
  • Jika Nila hidup dihabitat yang kaya akan oksigen dan terkena sinar matahari secara bebas maka bisa memakai lumut sebagai umpanya.
  • Jika berencana mancing di siang hari, pakailah umpan pelet.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai umpan ikan Nila liar yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.