Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

25 Umpan Ikan Hampala Ampuh: Alami, Tiruan & Racikan

Umpan Ikan Hampala

Umpan Ikan Hampala – Ikan Hampala memiliki nama latin Hampala Macrolepidota, adalah salah satu spesies ikan air tawar yang berasal dari keluarga Cyprinidae dan masih kerabat dengan ikan Mas. Habitat asli ikan Hampala yaitu di Asia Tenggara daratan (termasuk di Indonesia bagian barat), ikan Hampala biasanya dapat ditemui di pinggiran sungai yang memiliki arus sedang, di bawah pohon tumbang dan dibalik bebatuan.

Terkait dengan nama, ikan Hampala memiliki banyak sekali nama menyesuaikan daerahnya, seperti Hambal, Hampal, Hampalong, Ampalong, Wader, Suco, Palung, Dungan, Adungan, Dongan, Kabarau, Kebarau, Sebarau, Barau dan Sebaju. Secara struktur tubuh, ikan Hampala sangat mirip dengan ikan Mas namun ukuran mulut ikan ini lebih lebar dan memiliki sisik berwarna hitam mengkilat mulai dari ujung ekor hingga bagian perut bawah.

Bagi para pemancing ikan air tawar, memancing ikan yang memiliki tenaga kuat seperti ikan Hampala adalah keseruan sendiri. Nah agar kegiatan memancing menyenangkan serta mendapatkan hasil yang diinginkan, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan dan juga dipahami terlebih dahulu sebelum memancing. Hal-hal tersebut yaitu memahami karakteristik ikan Hampala, lokasi/spot memancing, habitat, rangkaian umpan dan lure untuk memancing dan hal yang akan kita bahas dalam artikel kali ini yakni umpan ikan Hampala.

Lalu jenis umpan apa sajakah yang terbilang jitu, ampuh sekaligus paling jos yang bisa digunakan untuk memancing ikan Hampala? Sebenarnya secara umun umpan untuk memancing ikan Hampala hampir sama dengan UMPAN JITU IKAN GABUS, yaitu penggunaan umpan alami seperti serangga dan juga ikan ikan kecil yang biasa menjadi makanan ikan Hampala di habitatnya. Untuk mengetahui secara detail umpan apa sajakah itu, simak ulasan dari cupangbetta tentang umpan ikan Hampala berikut ini.

Rekomendasi Umpan Ikan Hampala

Rekomendasi Umpan Ikan Hampala

Dalam memancing ikan Hampala pemilihan umpan akan sangat menentukan hasil, jadi sangat penting untuk memilih umpan yang ampuh, jitu atau paling jos baik itu jenis umpan alami, racikan maupun umpan tiruan atau buatan. Nah dibawah ini cupangbetta rekomendasikan beberapa umpan jitu dan ampuh untuk memancing ikan Hampala.

1. Udang Kecil

Udang Kecil

Udang kecil hingga sedang menjadi makanan ikan Hampala dihabitatnya, jadi sangat jitu jika memakai udang kecil sebagai umpan. Disarankan pada penggunaanya, udang dalam kondisi masih hidup sehingga masih bisa bergerak untuk lebih menarik perhatian ikan untuk memangsanya.

2. Jangkrik

Jangkrik 1

Seperti kita ketahui serangga adalah salah satu makanan ikan Hampala dan salah satu serangga yang bisa kita manfaatkan sebagai umpan yaitu Jangkrik. Dalam penerapanya disarankan untuk membuang sayapnya terlebih dahulu untuk lebih menarik perhatian ikan.

3. Ulat Daun

Ulat Daun

Pemakaian ulat daun sebagai umpan menjadi pilihan yang jitu, hal ini karena ulat daun memiliki aroma yang disukai ikan air tawar, termasuk ikan Hampala. Salah satu ulat daun yang bisa digunakan yaitu ulat daun pisang.

4. Anak Katak

Anak Katak

Memakai anak katak sebagai umpan ketika memancing Hampala sebenarnya sangat jarang dilakukan oleh pemancing, namun umpan ini terbilang cukup ampuh dalam menarik perhatian Hampala.

5. Kulit Ayam

Kulit Ayam

Kulit ayam adalah umpan paling jos dan ampuh karena memiliki aroma yang sangat disukai Hampala, penggunaan umpan ini biasanya ketika air sungai sedang keruh.

6. Cacing Tanah

Cacing Tanah 1

Berbicara tentang umpan untuk memancing tentunya tidak lengkap jika tidak memasukan umpan satu ini, yaitu cacing tanah. Hal ini karena cacing tanah memiliki bau amis yang khas dan disukai oleh ikan air tawar, termasuk Hampala.

7. Belalang Sawah

Belalang Sawah

Belalang adalah salah satu jenis serangga, jadi memakai belalang sebagai umpan juga pilihan yang jitu. Dengan ukuran kecil serta warna hijau mencolok akan dapat menarik perhatian Hampala untuk memangsanya.

8. Ikan Kecil

Ikan Kecil

Ikan-ikan kecil menjadi target mangsa Hampala di habitatnya, jadi penggunaan ikan kecil sebagi umpan menjadi pilihan terbaik. Ikan-ikan kecil yang bisa digunakan yaitu ikan wader, anakan ikan mujair, anakan ikan Mas dan lain sebagainya.

9. Orong-orong

Orong orong

Rekomendasi umpan ikan Hampala selanjutnya yaitu orong-orong. Orong-orong adalah salah satu jenis serangga berukuran kecil, jadi menjadikan orong-orong sebagai umpan patut dicoba.

10. Kecoa Kecil

Kecoa Kecil

Anakan kecoa atau yang sering disebut dengan Cere juga bisa dimanfaatkan sebagai umpan untuk memancing. Pemakaian cere sebagi umpan lazim dilakukan para pemancing ketikan memancing jenis ikan air tawar.

11. Umpan Tiruan

Umpan Tiruan 1

Selain umpan-umpan alami diatas, para pemacing ikan Hampala juga dapat memakai umpan tiruan. Penggunaan umpan tiruan ini biasa digunakan untuk teknik casting, adapun jenis-jenis umpan tiruan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pencil Bait
  • Stick Bait
  • Crank Bait
  • Popper
  • Flies
  • Minnow Pencil (Slow Retrieve, Past Retrieve, Stop and Go Retrieve)
  • Minnow Shinking (Floating, Suspend, Sinking)
  • Udang Tiruan
  • Spoon Casting
  • Fly Fishing
  • Spinner

Spot Memancing Ikan Hampala

Spot Memancing Ikan Hampala

Lokasi atau Spot memancing juga merupakan salah satu faktor penting ketika ingin mendapatkan hasil yang diinginkan. Nah untuk mengetahui spot atau lokasi yang banyak ikan Hampalanya kita dapat mencari sungai besar ataupun kecil yang airnya jernih, arus sungai sedang cenderung deras, dasar sungai berpasir atau berlumpur, sungai berpasir dan berbatu, waduk atau danau. Berikut adalah beberapa tempat yang disukai ikan Hampala yang bisa kita gunakan sebagai spot memancing.

Di Arus Deras

Arus air sungai yang deras merupakan salah satu tempat yang disukai oleh ikan Hampala, dimana disitu merupakan tempat ikan Hampala biasanya mencariatau menunggu ikan-ikan kecil yang berenang melawan arus atau terbawa arus.

Di Tepian Sungai

Sangat jarang ikan Hampala berada di tengah-tengah sungai, biasanya mereka lebih menyukai sungai kecil maupun sisi belokan air sungai dan disinilah salah satu spot terbaik memancing.

Di Dekat Pohon Tumbang atau Di Dekat Batu Besar

Ikan Hampala biasanya menggunakan batu besar atau pohon tumbang sebagai tempat berlindung, maka carilah lokasi disekitar sungai yang terdapat batu besar ataupun pohon tumbang, disitulah biasanya ikan Hampala berkumpul.

Di Tempat Pertemuan Antara Dua Sungai (Tempuran)

Titik pertemuan antara dua sungai atau tempuran menjadi pilihan spot memancing selanjutnya, karena disinilah terdapat arus deras dan lambat dimana merupakan tempat kesukaan dari ikan Hampala.

Tips Memancing Ikan Hampala

Tips Memancing Ikan Hampala

Berikut ini adalah beberapa tips dan juga teknik memancing yang bisa Anda gunakan ketika akan memancing ikan Hampala :

  • Memancing disarankan ketika musim panas
  • Waktu terbaik adalah pagi menjelang siang dan sore menjelang malam
  • Jika memilih teknik casting, pilihlah umpan minnow berlidah pendek
  • Pakailah teknik gulungan yang pas untuk memaksimalkan lure action
  • Cari spot yang sesuai dengan jenis lure
  • Cari tempat lemparan terbaik agar umpan tidak tersangkut

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai umpan ikan Hampala yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.