Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full? Berikut Pantangannya

Anjar Rizki

berapa lama ekor murai tumbuh full

Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full – Salah satu jenis burung kicauan banyak diminati oleh penggemar burung. Murai terkenal dengan keindahan suaranya melodius, sehingga cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan atau untuk berpartisipasi dalam kontes burung. Selain suaranya merdu, murai batu juga memiliki keindahan di bagian ekornya. Banyak penggemar burung penasaran tentang berapa lama ekor murai tumbuh penuh dan apa saja harus dilakukan untuk menjaga kualitas ekor murai tersebut.

Ekor murai batu merupakan bagian tubuh sangat penting. Bagian ekor memiliki fungsi utama sebagai alat bantu dalam terbang dan menyeimbangkan tubuh murai saat terbang. Oleh karena itu, menjaga kualitas dan keindahan ekor murai batu sangatlah penting, terutama bagi para penggemar burung mendedikasikan waktu, tenaga, dan uangnya demi keindahan burung itu sendiri.

Berapa lama ekor murai tumbuh penuh, harus diperhatikan beberapa faktor penting, seperti jenis kelamin, umur, perawatan baik, serta asupan makanan tepat. Pada umumnya, murai batu jantan memiliki ekor lebih panjang daripada murai batu betina. Namun, kualitas ekor dari kedua jenis kelamin tersebut juga ditentukan oleh faktor perawatan baik dan asupan nutrisi cukup. Selain itu, umur murai juga mempengaruhi tumbuhnya ekornya.

Dalam memberikan pakan juga tentu diperhatikan salah satunya bisa gunakan CACING UNTUK MURAI BATU agar bisa tumbuh full. Karena menurut beberapa orang peternak cacing mampu mempercepat tumbuh badan murai batu. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa simak pembahasan dibawah ini meliputi berapa lama murai batu tumbuh full.

Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full?

tumbuh ekor murai

Ekor murai batu merupakan salah satu bagian tubuh paling dicari oleh para pecinta murai. Kebanyakan orang menganggap ekor panjang dan indah pada murai batu sebagai simbol keindahan tersendiri. Oleh karena itu, banyak pemilik murai batu ingin mengetahui berapa lama ekor murai tumbuh full. Namun, sebelum membahas mengenai berapa lama waktu dibutuhkan agar ekor murai batu tumbuh penuh, kita harus memahami terlebih dahulu proses tumbuh ekor murai batu.

Pertama-tama, kita akan membahas mengenai jenis-jenis pada ekor murai batu. Ekor murai batu terdiri dari 12 bulu terdiri dari 2 jenis bulu, yaitu bulu penginapan dan bulu pengendali. Bulu penginapan terletak di pangkal ekor dan berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh saat terbang. Sedangkan ekor pengendali terletak di akhir ekor dan berfungsi untuk mengendalikan gerakan tubuh saat terbang serta menjaga keseimbangan di saat perhentian.

Selama tumbuh ekor murai batu, bulu penginapan dan bulu pengendali tumbuh secara bersamaan. Kedua jenis bulu ini tumbuh dari sebuah folikel di bawah kulit. Tumbuh bulu pada folikel dimulai dari bagian pangkal atau rumpun bulu tersebut, kemudian tumbuh ke arah ujung bulu. Tumbuh bulu pada folikel membutuhkan waktu cukup lama. Setiap folikel akan menghasilkan satu bulu dan akan tumbuh kembali setelah bulu yang lama rontok.

Jadi, berapa lamakah waktu dibutuhkan agar ekor murai batu tumbuh penuh? Rata-rata, pertumbuhan bulu pada ekor murai batu membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan. Namun, waktu dibutuhkan ini bisa bervariasi. Beberapa faktor memengaruhi pertumbuhan bulu pada ekor murai batu antara lain faktor genetik, usia, nutrisi makanan, dan kondisi lingkungan sekitar.

Untuk mempercepat pertumbuhan bulu pada ekor murai batu, ada beberapa hal bisa dilakukan oleh pemiliknya. Memberikan pakan sehat dan bergizi, rutin memberikan vitamin , serta menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman bisa mempercepat pertumbuhan bulu pada ekor murai batu. Hindari memberikan pakan mengandung kadar gula dan lemak tinggi, serta hindari juga stress, karena hal tersebut bisa memperlambat pertumbuhan bulu pada ekor murai batu.

Harga Ekor Murai

murai batu ekor pendek

Tidak hanya mengetahui berapa lama ekor murai tumbuh full, harga ekor murai batu juga menjadi pertimbangan bagi para pecinta kicau mania. Harga ekor murai batu tinggi biasanya ditentukan oleh kualitas burung, warna, dan kicauan. Berikut adalah daftar harga murai batu sesuai dengan jenis.

NoJenis MuraiUsiaHarga (Rp)
1Murai Batu Medan5-6 bulan3.500.000 – 5.000.000
2Murai Batu Borneo4-5 bulan4.500.000 – 6.000.000
3Murai Batu Lampung7-8 bulan2.000.000 – 3.000.000
4Murai Batu Sumatera6-7 bulan3.000.000 – 4.500.000

Cara Mempercepat Tumbuh Ekor Murai Full

ekor panjang tumbuh murai

Memiliki murai batu dengan warna indah dan ekor panjang pasti membuat Anda menjadi bangga sebagai pemiliknya. Namun, tahukah bahwa tumbuh ekor murai batu membutuhkan perawatan khusus? Berapa lama ekor murai tumbuh full? Berikut ini adalah cara mempercepat pertumbuhan ekor murai batu secara alami.

1. Berikan Takaran Makanan Secukupnya

Pertumbuhan ekor murai batu sangat dipengaruhi oleh asupan makanan cukup. Pastikan Anda memberikan makanan mengandung protein tinggi seperti jangkrik, ulat hongkong, serangga, dan hewan kecil lainnya. Berikan makanan tersebut dalam jumlah disesuaikan dengan kebutuhannya.

Berikan pula makanan tambahan seperti voer dan buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan asupan nutrisinya. Cukupi kebutuhan makanan lenyapnya agar bias meningkatkan pertumbuhan ekor murai.

2. Sering Olahraga

Selain memberikan asupan makanan cukup, murai batu perlu olahraga cukup untuk meningkatkan pertumbuhan ekor. Selain itu dapat mengeluarkan dari kandang dan membiarkannya terbang secara teratur.

Jangan lupa memperhatikan keamanan ketika mengeluarkan dari kandang agar tidak terlepas atau tidak masuk dalam bahaya. Selain itu juga bisa memberikan mainan seperti ayunan dan lonceng untuk membuat terus bergerak dan berolahraga.

3. Berikan Vitamin dan Suplemen

Untuk meningkatkan tumbuh ekor pada murai batu, Anda dapat memberikan vitamin dan suplemen tambahan. Vitamin dan suplemen tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi murai batu dan mempercepat tumbuh ekor.

Ada berbagai jenis vitamin dan suplemen tersedia di pasaran, namun pastikan untuk memilih produk aman dan sesuai dengan kebutuhan. Banyak dari produk tersebut terdapat di toko-toko terdekat dengan harga terjangkau.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Berapa Lama Ekor Murai Tumbuh Full. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan tumbuh murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi peternak murai pemula agar memahami pertumbuhan.

Bagikan:

[addtoany]