Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

13 Warna Umpan yang Disukai Ikan Laut & Faktor Pemilihannya

Warna Umpan Yang Disukai Ikan Laut

Warna Umpan yang Disukai Ikan Laut – Bagi para pemancing di laut tentunya berbagai hal sangat wajib diperhatikan, termasuk pemilihan umpan atau bait. Salah satu poin penting saat memilih umpan mancing di laut adalah warna umpan.

Memancing di tengah serta tepian laut memang mempunyai daya tarik tersendiri, pasalnya suasana laut lebih enak dinikmati dibandingkan suasana di area air tawar. Namun mendapatkan strike ikan laut jauh lebih susah dilakukan. Salah satu penyebab tidak kunjung strike saat memancing di laut adalah warna umpan yang kurang disukai ikan laut.

Padahal umpan merupakan salah satu perihal paling vital ketika memancing ikan laut. Artinya kalian wajib memahami warna umpan yang disukai ikan laut. Dimana warna umpan ikan laut juga perlu menyesuaikan kondisi kejernihan air laut.

Supaya kalian mendapat pencerahan, kali ini kami akan membagikan info mengenai warna umpan yang disukai ikan laut. Untuk mempersingkat waktu, silakan langsung simak uraian mengenai warna umpan terbaik saat memancing ikan laut berikut ini.

Faktor Pemilihan Jenis Umpan Ikan Laut

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai proses memilih umpan ikan laut paling yang warnanya disukai, ada baiknya kalian memahami lebih dulu apa saja faktor pemilihannya. Dimana setidaknya ada 3 (tiga) faktor utama dalam memilih warna umpan atau warna lure ikan laut, yaitu :

  1. Kualitas Air Laut
  2. Waktu Memancing
  3. Posisi Ikan

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing faktor memilih warna lure paling disukai ikan laut.

1. Kualitas Air Laut

Faktor penentu pertama saat hendak menggunakan umpan ikan laut agar disukai adalah penyesuaian dengan kualitas air laut. Dimana terkadang di sebuah lokasi kualitas air lautnya jernih, namun di tempat lain justru keruh. Jika kualitas ari lautnya buruk atau keruh maka sebaiknya gunakan umpan ikan dengan warna terang (mencolok) supaya disukai ikan.

2. Waktu Memancing di Laut

Faktor berpengaruh terhadap pemilihan umpan ikan laut adalah waktu memancingnya. Dimana bila kalian ingin memancing di malam hari, maka tentu saja butuh umpan lure yang mempunyai warna cerah agar ikan mampu melihat umpan itu. Tetapi jika waktu memancingnya di siang atau sore hari dengan pencahayaan baik maka tidak harus memakai umpan warna terang agar disukai ikan.

3. Posisi Kedalaman Ikan Laut

Selain kedua hal di atas, posisi seberapa dalamnya ikan laut berada menjadi faktor penting ketika memilih warna umpan. Karena beberapa warna yang terlihat di mata manusia dan ikan akan memudar atau hilang di kedalaman laut. Lihatlah gambar di bawah terkait hubungan antara dalamnya air laut serta pudarnya warna umpan.

3. Posisi Kedalaman Ikan Laut

Dari gambar di atas bisa diketahui bahwa beberapa warna umpan tak akan lagi disukai ikan, karena di warna umpan seperti merah dan oranye tidak lagi terlihat (warna pudar) di kedalaman laut 10-20ft atau sekitar 5 meter di bawah permukaan laut.

Warna Umpan yang Disukai Ikan Laut

Jika sudah memahami informasi di atas, selanjutnya silakan simak langsung rekomendasi warna umpan yang paling sesuai dan disukai ikan laut. Berikut adalah beberapa tabel berisi data warna umpan yang mampu menarik ikan laut.

Warna Umpan Sesuai Kejernihan Air Laut

Berikut adalah tabel pemilihan warna umpan ikan laut sesuai kejernihan airnya.

Kualitas Air LautWarna Umpan / Lure Disukai Ikan
Crystal Clear Water (Sangat Jernih)Semua Warna yang Kontrasnya Tinggi
Clear Water (Jernih)Warna Gelap & Mencolok (Biru Tua)
Green Water (Keruh Cenderung Hijau)Warna Hijau atau Biru Kehijauan
Murky Water (Sedikit Keruh & Kotor)Warna Oranye, Hijau Muda, Hijau Kekuningan
Muddy Water (Sangat Keruh)Warna Merah

Sebagian besar laut tempat mancing di Indonesia mempunyai warna green water atau keruh serta cenderung berwarna hijau.

Warna Umpan Sesuai Waktu Memancing

Berikut adalah tabel pemilihan warna umpan ikan laut sesuai waktu kalian memancing.

WaktuPencahayaanWarna Umpan / Lure Disukai Ikan
Malam – Menjelang SubuhLow Light (Cenderung Gelap)Warna Biru, Ungu, Hitam yang Dipadu Kilauan Silver
Subuh – Menjelang Siang HariMedium Light (Cahaya Redup)Warna Merah & Oranye
Siang – Sore Hari (Menjelang Maghrib)High Light (Cahaya Tinggi)Warna Coklat, Abu-abu

Warna Umpan Sesuai Kedalaman Laut

Berikut adalah tabel pemilihan warna umpan ikan laut sesuai tingkat kedalaman ikan. Dimana kedalaman laut ini paling penting jika proses memancing dilakukan bukan di tepi laut melainkan di tengah laut lepas.

Kedalaman LautWarna Umpan / Lure Disukai Ikan
0-10 meterSemua Warna Disukai Ikan Karena Mudah Terlihat
10-20 meterWarna Oranye & Kuning
20-30 meterWarna Oranye, Hijau & Ungu
30-40 meterWarna Biru & Biru Gelap
Lebih dari 40 meterWarna Biru & Biru Gelap

Tabel warna umpan ikan sesuai tingkat dalamnya laut di atas kami buat berdasarkan data penyerapan cahaya di dalam laut.

Itulah gambaran mengenai tata cara memilih warna umpan ikan laut yang ternyata cukup sulit. Hal itu tentunya berbeda jika memancing ikan air tawar seperti ikan sepat karena pilihan Umpan Ikan Sepat sangat banyak serta mudah didapatkan.

Kesimpulan

Demikian uraian dari Cupangbetta.id mengenai warna umpan yang disukai ikan laut berdasar berbagai kondisi air, cahaya serta kedalamannya. Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa jika kalian mancing ikan di laut atau perairan Indonesia maka warna umpan paling cocok adalah lure berwarna hijau dan biru kehijauan berpadu kilauan silver.

Meski begitu dalam memilih jenis lure atau umpan pancing ikan laut masih harus mempertimbangkan banyak hal lain seperti contohnya ukuran umpan, teknik mancing yang akan digunakan hingga jenis ikan yang ingin dipancing. Semoga uraian seputar warna umpan paling disukai ikan laut di atas berguna.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.