35 Umpan Ikan Sepat Siam di Alam Liar & Tips Mancing Paling Ampuh!!

Umpan Ikan Sepat Siam

Umpan Ikan Sepat Siam – Seperti diketahui, ikan Sepat ialah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup secara berkelompok di habitat aslinya. Ketika berpindah habitat, biasanya mereka juga akan bergerak secara bergerombol. Dimana ikan Sepat sendiri mudah ditemukan di daerah-daerah seperti sungai, rawa, saluran air hingga parit-parit.

Di Indonesia sendiri ikan Sepat terbagi menjadi berbagai macam jenis, mulai dari Siam, Sawah, Mata Merah, Bulan dan lain sebagainya. Ikan Sepat Siam mungkin menjadi salah satu jenis ikan Sepat yang sudah cukup terkenal di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan Sepat Siam dinilai menjadi jenis paling bagus diantara lainnya.

Untuk mendapatkan ikan Sepat Siam sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah, kalian hanya perlu memancingnya di beberapa habitat aslinya. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka merasa kesulitan dalam memilih jenis umpan yang cocok agar ikan mau menyantapnya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memancing ikan Sepat Siam di alam liar, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa trik jitu melakukannya, khususnya mengenai pemilihan jenis umpannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai umpan ikan Sepat Siam dilengkapi tips jitu memancingnya.

Umpan Ikan Sepat Siam

Umpan Ikan Sepat Siam di Alam Liar

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya memancing ikan Sepat Siam terbilang mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui jenis umpan serta trik memancingnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai jenis-jenis umpan ikan Sepat Siam, entah itu di kolam, sawah ataupun rawa-rawa.

1. Cacing Tanah

Hampir semua jenis ikan air tawar menyukai umpan seperti cacing tanah, termasuk ikan Sepat Siam. Bau anyir dari cacing tanah tersebut bisa menggoda ikan Sepat Siam untuk segera menyantapnya. Salah satu keunggulan umpan jenis ini yaitu mudah didapat di lingkungan sekitar rumah.

2. Kroto

Kemudian jenis umpan ikan Sepat Siam selanjutnya yaitu kroto atau telur semut. Dimana kroto juga menjadi salah satu jenis umpan paling ampuh untuk memancing ikan air tawar. Hal ini dikarenakan warna putih serta bentuk kroto sendiri mampu menarik perhatian ikan Sepat Siam.

3. Daging Ayam

Sama seperti cacing tanah, daging ayam juga bisa mengeluarkan bau amis cukup kuat sehingga dapat menarik perhatian Ikan Sepat Siam. Kalian bisa menggunakan daging ayam ketika hendak memancing ikan Sepat Siam di rawa ataupun sawah.

4. Cacing Sutra

Bagi kalian yang gemar memelihara ikan hias, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama cacing sutra. Cacing sutra sendiri memiliki bentuk cukup kecil sehingga sangat pas sebagai hidangan ikan Sepat Siam. Akan tetapi, ukuran mat kali pancing juga perlu disesuaikan dengan ukuran umpan.

5. Mie Rebus

Mie instan atau mie rebus ternyata juga bisa dijadikan sebagai pakan alternatif ketika hendak memancing ikan Sepat Siam. Sebab, tekstur kenyal mie rebus sendiri sangat disukai oleh ikan Sepat Siam. Akan tetapi, umpan mie rebus ini tidak seampuh jenis-jenis umpan sebelumnya.

6. Lemak Ayam

Jenis umpan mancing ikan Sepat Siam selanjutnya yaitu lemak ayam. Cara membuat umpan dari lemak ayam juga tergolong sangat mudah. Kalian hanya perlu memotong lemak ayam menjadi kecil-kecil seukuran mata kail.

7. Laron

Selain disukai oleh ikan Nila dan Mujair, ternyata laron juga bisa dijadikan sebagai umpan jitu untuk ikan Sepat. Silahkan kumpulkan laron yang sudah tidak memiliki sayap lalu pasangkan ke kail pancing untuk dijadikan sebagai pakan ikan Sepat Siam.

8. Lumut

Lumut memang seringkali dijadikan sebagai salah satu jenis umpan mancing untuk berbagai macam ikan air tawar, salah satunya yaitu Sepat Siam. Namun, lumut pun sebenarnya tidak cukup untuk menarik perhatian Sepat Siam. Saran kami sebaiknya buat racikan umpan menggunakan campuran lumut dengan penyedap rasa sapi supaya lebih berasa.

9. Rayap

Kemudian rekomendasi pakan ikan Sepat Siam selanjutnya yaitu rayap. Rayap juga dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Untuk tata cara menggunakannya sendiri kamu bisa memanfaatkan 2 sampai 3 ekor rayap, lalu pasangkan pada mata kail pancing.

10. Ulat Bambu

Jika daerah tempat tinggal kalian dekat dengan perkebunan, mungkin ulat bambu bisa dijadikan sebagai salah satu jenis umpan ikan Sepat Siam yang pas. Sebab, ulat bambu juga mampu memberikan bau amis untuk menarik ikan Sepat Siam menyantapnya.

11. Kodok

Jika kalian pernah mendengar makanan sate kodok rasanya enak dan gurih ketika disantap, ternyata ikan Sepat Siam juga menyukainya. Memang benar bahwa ukuran kodok lumayan besar. Maka dari itu, apabila ingin dijadikan sebagai umpan pancing, sebaiknya potonglah menjadi kecil-kecil.

12. Kerupuk

Hampir sama seperti mie instan, kerupuk juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu umpan untuk memancing ikan seperti Sepat. Ketika hendak memanfaatkannya, silahkan rendam kerupuk di dalam air terlebih dahulu sampai teksturnya kenyal. Setelah itu, potong kerupuk menjadi kecil-kecil menyesuaikan bentuk mata kail pancing.

13. Pelet

Rekomendasi umpan ikan Sepat Siam berikutnya buat kalian yaitu pelet. Dimana pelet akan menyebarkan bau amis yang sangat disukai oleh ikan Sepat Siam. Supaya bisa lebih jitu, sebaiknya buatlah racikan campuran pelet dengan susu bubuk sebagai umpan pemancingan.

14. Anak Tawon Madu

Beberapa dari kalian mungkin sering mendengar kalau anak tawon madu kerap dijadikan sebagai lauk makanan manusia. Nah, ternyata anak tawon madu juga bisa dijadikan sebagai umpan ikan karena tekstur kenyalnya. Terlebih lagi jika anak tawon madu sudah direbus, maka ikan Sepat Siam akan sangat menyukainya.

15. Usus Ayam

Jenis umpan ikan Sepat Siam terakhir yaitu usus ayam. Silahkan potong usus ayam menjadi beberapa bagian sesuai ukuran mata kail pancing, minimal seukuran cacing tanah. Kemudian pasangkan kepada mata kail pancing ketika hendak dijadikan sebagai umpan pemancingan ikan.

Tips Mancing Ikan Sepat Siam

Tips Mancing Ikan Sepat Siam

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai jenis-jenis umpan ikan Sepat Siam dilengkapi dengan beberapa kelebihan serta kekurangannya. Nah, supaya pemancingan ikan Sepat Siam bisa memberikan hasil memuaskan, sebaiknya ikuti beberapa tips jitu di bawah ini.

  • Sesuaikan mata kail pancing untuk ikan Sepat Siam, baik itu nomor 1, 2 ataupun 3.
  • Gunakanlah ukuran senar pancing yang tipis, seperti nomor 16 atau jika kurang tebal kalian bisa menggunakan nomor 18.
  • Gunakan pemberat seperti timah berukuran kecil saja.
  • Gunakan pelampung atau bandul berukuran kecil agar pergerakan naik turunnya lebih terlihat jelas.
  • Gunakan umpan yang bisa mengumpulkan ikan seperti pelet.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Cupangbetta seputar umpan ikan Sepat Siam dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan beserta tips jitu memancingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memancing ikan Sepat Siam di alam liar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.