Insureka1

6 Jenis Pakan Ayam Kalkun Umur 1 Bulan Agar Cepat Besar

pakan ayam kalkun

Pakan Ayam Kalkun – Sudah diketahui bahwa membuka peternakan hewan unggas harus mengetahui beberapa makanan berkualitas tinggi. Tanpa adanya pakan yang memadai, kesehatan dan pertumbuhan ayam akan terganggu dan menurunkan produktivitas hasil panen.

Oleh karena itu, pemilihan pakan yang tepat dan berkualitas sangatlah penting untuk menjamin kelangsungan hidup bisnis peternakan. Makanan yang diberikan pada ayam kalkun harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Selain itu, kandungan serat pada pakan juga harus terjaga agar pencernaan ayam kalkun tidak terganggu. Karena ada Kelemahan Ayam Kalkun apabila salah memberikan makanan maka ayam tidak berkualitas tinggi.

Pemilihan pakan ayam tersebut tepat juga dapat mempengaruhi kualitas produk akhir, seperti telur atau daging. Dengan pakan yang tepat, kualitas produk akan lebih baik dan dapat meningkatkan daya saing di pasaran. Oleh karena itu, setiap peternak harus memilih pakan yang tepat dan berkualitas untuk keberhasilan membangun bisnis.

Contoh Pakan Ayam Kalkun Agar Cepat Besar

pakan kalkun cepat besar

Ayam kalkun adalah salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara baik untuk daging maupun telurnya. Menjaga kesehatan dan produktivitas ayam kalkun sangat penting agar bisnis peternakan bisa berjalan dengan baik. Salah satu kuncinya adalah menyediakan pakan yang cocok dengan kebutuhan ayam kalkun. Berikut ini beberapa jenis pakan yang cocok untuk ayam kalkun.

Insureka

1. Jenis Pakan Starter

Pertama adalah jenis starter adalah makanan yang diberikan kepada ayam kalkun pada minggu pertama kehidupannya. Pada umur ini, ayam kalkun membutuhkan protein yang cukup tinggi untuk mendukung pertumbuhan tulang dan otot mereka.

Pakan starter mengandung protein lebih dari 23%, serta nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun dan membantu pertumbuhan ayam kalkun secara optimal. Pakan starter bisa dihasilkan dari campuran tepung kedelai, tepung ikan, tepung tulang, tepung jagung, dan bahan pangan lainnya.

2. Jenis Pakan Grower

Pada minggu kedua hingga keempat kehidupannya, ayam kalkun membutuhkan protein yang sedikit lebih tinggi dari pada periode sebelumnya. Pada masa ini, pakan grower yang mengandung protein antara 24-27% sangat dianjurkan. Selain itu grower juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ayam kalkun untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatannya.

Pakan grower bisa dibuat dari campuran tepung jagung, tepung dedak padi, tepung ikan, dan bahan pangan lainnya. Biasanya pakan grower dijual dengan harga Rp. 7.500,- per kilogram.

3. Jenis Pakan Finisher

Pada periode setelah umur empat minggu, ayam kalkun sudah tidak membutuhkan protein sebanyak pada periode sebelumnya. Kandungan protein pada pakan finisher hanya sekitar 18-20%. Jenis finisher masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan ayam kalkun seperti vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan ayam kalkun.

Pakan finisher bisa dibuat dari campuran tepung jagung, tepung dedak padi, tepung ikan, tepung bungkil kedelai, dan bahan pangan lainnya. Harga pakan finisher biasanya dijual dengan harga Rp. 7.000,- per kilogram.

Contoh Pakan Ayam Kalkun Semua Umur

contoh jenis pakan ayam kalkun

Dalam memilih pakan ayam tersebut perlu memperhatikan kandungan nutrisinya dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tahap kehidupannya. Selain itu, pastikan pakan yang diberikan pada ayam kalkun masih dalam kualitas yang baik dan segar sesuai dengan tanggal produksi.

Jika ingin mengetahui informasi lebih detail tentang masing-masing pakan tersebut, berikut ulasannya.

1. Champion Super Special Pellet

Pakan ayam kalkun yang satu ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi seperti jagung, gandum, dan tepung ikan. Champion Super Special Pellet mengandung protein yang tinggi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan ayam kalkun dewasa.

Champion Super Special Pellet sangat cocok untuk ayam kalkun yang membutuhkan protein dan mineral tinggi agar tetap sehat.

2. Betari Layer Feed Krumbles

Untuk ayam kalkun betina yang sedang bertelur, Betari Layer Feed Krumbles merupakan pilihan yang tepat. Pakan ini mengandung kadar kalsium yang tinggi untuk mendukung produksi telur yang optimal.

Selain itu, pakannya juga mengandung protein dan lemak yang berkualitas, serta banyak vitamin dan mineral penting lainnya.Betari Layer Feed Krumbles sangat cocok untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk ayam kalkun betina selama masa bertelur.

3. Karion Egg Layer Pellet

Jika memelihara ayam kalkun yang sedang masa bertelur, Karion Egg Layer Pellet dapat menjadi pilihan yang tepat. Pakan ini mengandung nutrisi yang diperlukan ayam kalkun dewasa yang sedang bertelur, termasuk protein, calcium, vitamin D3, dan K.

Karion Egg Layar Pellet sangat cocok untuk ayam kalkun selama masa bertelur, dengan kandungan vitamin D3 dan K serta kalsium yang tinggi.

4. Grower Feed Layer Pellet

Pakan ayam kalkun ini sangat cocok untuk ayam kalkun muda yang sedang tumbuh dan membutuhkan nutrisi yang tepat. Pakan ini mengandung protein, vitamin, dan mineral yang membantu ayam kalkun muda tumbuh secara optimal.

Grower Feed Layer Pellet sangat cocok untuk ayam kalkun muda selama masa pertumbuhannya, dengan kandungan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan optimal.

Cara Membuat Pakan Ayam Kalkun Sendiri

membuat pakan kalkun sendiri

Makanan ayam kalkun menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan produksi telur dan pertumbuhan ayam tersebut. Walaupun jenis makanan komersil yang dijual di pasaran sering kali mahal, sehingga membuat para peternak bingung untuk memenuhi kebutuhan ayam kalkun mereka.

Berikut ini adalah cara membuat pakan ayam kalkun sendiri di rumah yang lebih praktis dan terjangkau.

1. Memilih Bahan Baku

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pakan ayam kalkun harus memenuhi persyaratan gizi dan kebutuhan ayam kalkun tersebut. Bahan baku yang sering digunakan pada pakan ayam kalkun antara lain jagung, dedak, wijen, tepung ikan, tepung tulang, dan lain-lain. Pastikan semua bahan yang dipilih berkualitas dan bebas dari cemaran.

2. Tentukan Komposisi Pakan

Setelah menentukan bahan baku yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan komposisi pakan yang dibutuhkan. Komposisi pakan biasanya terdiri dari beberapa jenis bahan dengan proporsi tertentu.

Pada umumnya, kandungan protein pada pakan ayam tersebut harus mencapai 20-24%. Sangat penting bagi peternak untuk menentukan komposisiyang tepat agar ayam kalkun mendapatkan gizi yang seimbang.

3. Proses Pembuatan Pakan

Proses pembuatan pakan ayam tersebut sangat mudah. Pertama-tama, campurkan semua bahan baku yang sudah dipilih sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan. Kemudian, aduk hingga semua bahan tercampur rata dan saling terikat.

Setelah itu, masukkan pakan dalam wadah tertutup dan simpan di tempat yang kering dan bersih maka makanan siap diserahkan kepada ayam.

Harga Pakan Ayam Kalkun

harga makanan ayam

Secara keseluruhan memilih makanan ayam kalkun merupakan salah satu hal yang penting dalam memelihara hewan ternak tersebut. Terlebih lagi, kualitas makanan yang diberikan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan ayam.

Oleh karena itu memberikan makanan yang berkualitas sangatlah penting untuk memastikan kesehatan dan produktivitas ayam kalkun. Makanan ayam kalkun harus mengandung nutrisi yang tepat dan seimbang. Berikut adalah beberapa rekomendasi pakan ayam kalkun yang berkualitas dan harganya.

Nama PakanJenis PakanHarga
Champion Super SpecialPelletRp. 200.000 per 25 kg
Betari Layer FeedKrumblesRp. 250.000 per 25 kg
Karion Egg LayerPelletRp. 230.000 per 25 kg
Grower Feed LayerPelletRp. 260.000 per 25 kg

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Pakan Ayam Kalkun. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pakan jenis ayam lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang memiliki jenis ayam kalkun dan membutuhkan makanan berkualitas tinggi.

Insureka1