Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas – Memelihara ikan hias kembali menjadi tren saat ini. Bukan hanya untuk dijadikan peserta kontes kecantikan, akan tetapi dijadikan ikan aduan.

Sudah banyak orang memelihara ikan yang satu ini untuk dijadikan jagoan untuk diadu. Bahkan, sudah ada kontes aduan diselenggarakan di berbagai pelosok daerah dengan hadiah cukup besar.

Hanya ikan pemberani dan bermental ganas akan keluar menjadi juara. Biasanya mentalnya sendiri dapat dilihat dari garis keturunan indukannya, baik pejantan atau betina.

Dapat diartikan, pemilik mental ganas juga dapatdipengaruhi dari genetik bawaan. Seiring berjalannya waktu, terdapat beberapa hal dalam melatih mental dan keganasannya.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas

Cara Melatih Ikan Cupang Supaya Ganas

Nah, untuk memeliharanya juga perlu pengetahuan bagaimana cara melatih mental, yaitu dengan berbagai tipe latihan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara melatihnya, silahkan simak baik-baik ulasan selengkapnya berikut ini.

Memilih Jenis Ikan Cupang Aduan Berkualitas

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan dengan Memilih Jenis Ikan Cupang Aduan Berkualitas

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai bettafish aduan, ketahuilah bahwa ada dua tipe yaitu hias dan aduan. Dalam hal ini juga membutuhkan cara pelatihan yang baik, karena ini akan sangat menentukan masa depan dalam kompetisi ke depannya.

Mencari bettafish aduan pemilik kualitas bagus, baik dari garis keturunan atau pun secara fisik. Kemudian, pastikan kembali bahwa dalam keadaan sehat.

Terdapat beberapa ciri-ciri pemilik mental ganas, diantaranya adalah seperti :

1. Air Dipenuhi Buih

1. Air dipenuhi buih 1
Bettafish jantan mampu membuat banyak buih dipermukaan air, dapat diartikan bahwa ia mampu mempertahankan daerah kekuasaannya.

2. Tidak Cacat Fisik
Tidak cacat fisik

Carilah yang tidak mengalami cacat fisik. Karena, jika mengalami kecacatan akan mengurangi kualitas serta performa ganas nya saat diadu bersama lawannya.

3. Ukuran Tubuh Proporsional

Ukuran tubuh proporsional

Pastikan untuk memilih bettafish memiliki ukuran tubuh proporsional. Dapat diartikan, pemilik otot besar pasti mampu menghadapi serangan saat bertarung.

Itulah beberapa ciri-ciri bettafish aduan ganas serta pemilik kualitas atau prospek. Kriteria diatas, dapat diartikan bettafish memiliki karakter ganas saat mempertahankan daerah kekuasaannya.

Meletakan Cupang di Wadah Khusus (Jantur)

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan dengan Meletakan Ikan Cupang di Wadah Khusus

Jika sudah menemukan, bettafish aduan sesuai kriteria diatas, maka lakukan cara perawatan melatih mental menjadi ganas. Pelatihan ini bertujuan supaya mampu bertahan lebih lama saat terjadi adu mulut.

Apabila bettafish aduan tidak memiliki nafas panjang, maka ia akan meronta-ronta lalu melepaskan cengkraman musuhnya. Nah, supaya tidak terjadi hal tersebut, silahkan coba menggunakan cara berikut.

Siapkan Wadah
Akuarium Jantur

Cara melatih mental serta pernafasan bisa dilakukan menggunakan wadah jantur. Wadah ini memiliki diameter 20cm, lebar 20 cm, tinggi 1 meter. Menggunakan akuarium tersebut bertujuan supaya bettafish dapat bergerak naik turun secara bebas.

Masukan Air ke Wadah
Masukan Air Hingga Penuh

Kemudian, memasukan air bersih ke dalam wadah tersebut (jantur) hingga penuh atau 90 persen dari ukuran wadah.

Masukan ke Dalam Wadah
Masukan Ikan Cupan Aduan ke Wadah

Setelah itu, memasukannya ke wadah jantur tersebut. Supaya dapat bergerak bebas naik-turun sembari melatih pernafasan agar lebih ganas.

Latihan Melawan Arus untuk Pernafasan

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan dengan Latihan Melawan Arus

Tidak hanya melatih pernafasan, akan tetapi cara ini memiliki tujuan supaya ototnya lebih kuat. Sehingga, memiliki tenaga lebih besar agar bisa menyerang pertahanan lawannya. Cara pelatihan otot ini mengandalkan arus buatan supaya terus bergerak melawan arus.

Dalam membuat arus buatan pada wadah pelatihan, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Sediakan wadah atau toples kecil (harus berbentuk bulat)
    Sediakan wadah atau toples kecil harus berbentuk bulat
  2. Isi wadah dengan air sedikit saja atau sekitar setengah gelas
    Isi wadah dengan air sedikit saja atau sekitar setengah gelas
  3. Siapkan poula stik kayu atau batang pensil
    Siapkan poula stik kayu atau batang pensil
  4. Masukan ke dalam wadah
    Masukan ikan ke dalam wadah
  5. Putar secara perlahan air yang ada di dalam wadah
    Putar secara perlahan air yang ada di dalam wadah
  6. Lakukan selama 30 menit dalam seminggu secara berturut-turut
    Lakukan selama 30 menit dalam seminggu secara berturut turut

Itulah berbagai cara melatih otot bettafish aduan. Jika memiliki otot kuat, maka terdapat kemungkinan besar jagoan akan memenangkan pertarungan saat diadu.

Pengumbaran Pakai Piring

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan dengan Pengumbaran Ikan Cupang Aduan

Cara melatih ikan berikutnya adalah menaruhnya di atas piring, volume air setengah badan. Penghobi biasa menyebutnya “umbar”. Cara ini berguna supaya melatih otot serta pernafasan.

Sehingga, memiliki gerakan gesit, tangkisan serta pukulannya menjadi lebih keras. Lakukan cara melatih mental supaya ganas tersebut menggunakan metode umbat ini, maka siapkan alat-alat diantaranya adalah :

  1. Piring sebagai media latihan
    Piring sebagai media latihan
  2. Isikan air ke piring sedikit saja
  3. Letakan ikan di atas piring
    Isikan air ke piring sedikit saja
  4. Biarkan agar terus bergerak hingga 10 menit

Itulah cara melatih otot serta pernafasan ikan, supaya dapat memenangkan pada saat bertemu lawan.

Melatih dengan Simulasi Bertarung

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan  dengan Simulasi Bertarung

Terkadang pemain lebih suka melatih mental ikan menggunakan cara dari media cermin. Jika melatih mental supaya ganas dilakukan secara rutin serta cara melatih simulasi bertarung pada bettafish andalan, maka akan memungkinkan supaya menang dalam pertarungan.

Supaya cara melatih mental ikan berjalan mulus, maka harus tetap diimbangi bersama pola perawatan terbaik. Dalam hal ini, silahkan ikuti langkah-langkah melatih nya seperti berikut ini.

  1. Siapkan wadah bening
    Siapkan wadah ikan cupang bening
  2. Siapkan pula cermin khusus untuk melatih
    Siapkan pula cermin berukuran sedang
  3. Cara melatih mental menggunakan cermin
    Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Semakin Ganas

Biasanya bettafish aduan pemilik mental bagus jika mendapatkan cara pelatihan tersebut akan langsung menunjukan kebolehanya dalam bertarung. Yaitu seperti mengembangkan sirip-siripnya, bibir tampak tebal, serta bergerak agresif atau lincah.

Itulah beberapa cara untuk melatih bettafish aduan agar menjadi juara. Meskipun kalian pemula, jika rutin melakukan beberapa cara diatas, maka cupang aduan kalian bisa menjadi lebih berkarakter.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat cupangbetta.id sajikan mengenai cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas. Yaitu menggunakan beberapa cara pelatihan, diantaranya adalah menggunakan terapi jantur, latihan pernafasan dan otot. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *