Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang – Cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang sedang ramai diperbincangkan saat ini. Mulai dari untuk dijadikan ikan hias peliharaan atau pun bisnis.

Ikan Cupang sendiri memiliki banyak sekali keunikan yang terletak pada ciri fisiknya, baik ekor ataupun warna tubuhnya. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Bahkan, untuk saat ini juga telah hadir berbagai macam jenis dengan penuh corah warna pada tubuhnya. Serta telah bermunculan juga ikan cupang dengan bentuk ekor yang cukup unik.

Kemudian, selain memiliki beberapa keunggulan diatas, juga memiliki cara perawatan cukup mudah. Maka dari itu, para pemula mulai memelihara jenis ikan hias yang satu ini sebagai bahan pembelajaran.

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang dari Ciri Fisik

Umur Ikan Cupang  dari Ciri Fisik

Namun, sebelum kalian membeli atau memelihara cupang, alangkah lebih baiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai umurnya. Jangan sampai salah menentukan umur ikan cupang.

Nah, terdapat beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui umur cupang. Jika kalian penasaran, maka langsung saja untuk simak baik-baik mengenai beberapa caranya seperti berikut ini.

Umur Ikan Cupang Berdasarkan Karakteristik

Karakteristik

Cara mengetahui umur ikan cupang yang pertama adalah dilihat dari karakteristiknya. Memiliki sirip berukuran lebar dan sering ngedok atau mengembang menandakan sudah memiliki umur dewasa.

Namun, jika bentuk siripnya kecil berarti ia berumur anakan. Sedangkan, apabila bentuk sirip lebar, tapi tidak pernah menunjukan eksistensinya, bisa diartikan ia sudah berumur tua.

Umur Ikan Cupang dari Gerakan Tubuh

Gerakan Tubuh

Cara mengetahui umur ikan cupang selanjutnya yaitu dilihat dari gerakan tubuhnya. Semakin lambat gerakannya, bisa diartikan bahwa ia sudah berumur dewasa atau sudah tua.

Biasanya ikan cupang yang masih muda memiliki gerakan cukup gesit atau lincah, terutama pada saat berhadapan langsung dengan musuhnya. Dapat diartikan umur ikan cupang juga dapat dilihat dengan memperhatikan gerakan tubuhnya.

Umur Ikan Cupang Melalui Warna Tubuh

Warna Tubuh

Secara umum ikan cupang yang masih mudah memiliki warna yang lebih mencolok atau cerah. Sedangkan untuk warna pudar, biasanya sudah memiliki umur dewasa atau tua.

Umur Ikan Cupang dari Siripnya

Sirip

Cara mengetahui umur terakhir yaitu dapat dilihat melalui siripnya, biasanya saat umurnya sudah tua akan keriput bagian siripnya. Tidak hanya keriput, terkadang siripnya juga lebih lemas tidak sering ngedok atau menembangkan siripnya saat bertemu lawan.

Kalian juga harus tetap memperhatikan kesehatannya, supaya tidak menjadikan IKAN CUPANG KUNCUP. Karena, jika tidak segera diatasi bisa saja mengakibatkan kematian pada ikan cupang.

Itulah beberapa cara untuk mengatahui umur ikan cupang. Jika kalian membandingkan dengan mempeterhatikan dengan teliti, pasti akan terlihat beberapa perbedaannya.

Mengetahui Umur Ikan Cupang Lewat Ukuran Tubuhnya

Umur Ikan Cupang dari Ukuran Tubuh

Selain menggunakan beberapa cara diatas untuk mengetahui umur ikan cupang, terdapat pula cara lain yaitu dengan memperhatikan size tubuhnya. Untuk lebih jelasnya, maka kalian bisa simak baik-baik ulasan berikut ini.

Ukuran S

Untuk mengetahui umur ikan cupang yang pertama yaitu size S. Yaitu memiliki panjang sekitar 2,5 hingga 3cm, untuk umurnya sendiri yaitu berkisar antara 3 hingga 4 bulanan.

Ukuran S+

Kemudian, terdapat pula size S+ yaitu bisa diartikan memiliki panjang sekitar 3 hingga 3,2cm. Biasanya ikan cupang size S+ berumur sekitar 3 hingga 4,5 bulanan.

Ukuran M

Cara mengetahui umur ikan cupang berikutnya yaitu dengan sizeM, panjangnya sekitar 3,5 hingga 4cm, biasanya berusia berkisar antara 4 hingga 5 bulanan.

Ukuran M+

Selain itu, terdapat pula size M+ dengan panjang sekitar 4,5 hingga 5cm. Biasanya dapat diartikan ikan cupang tersebut sudah berusia 4 hingga 6 bulanan.

Ukuran L

Untuk mengetahui umur ikan cupang dari size L, panjang tubuhnya sekitar 5,5 hingga 6cm. Untuk ukuran tubuh L, biasanya ikan cupang tersebut sudah berumur 5 bulan ke atas.

Ukuran XL

Kemudian, size XL adalah size paling besar yaitu 6,5 cm keatas. Jika diperkirakan sudah berumur sekitar 6 bulan keatas.

Namun, size diatas bukanlah menjadi patokan untuk mengetahui umur cupang sebenarnya. Hanya saja kalian bisa menggunakannya untuk dijadikan sebagai alat untuk memprediksi agar mengetahui umurnya.

Itulah beberapa tahapan untuk mengetahui umur ikan, baik anakan, dewasa, hingga tua. Jika, kalian ingin mengetahui jawabannya, silahkan perhatikan secara teliti menggunakan beberapa opsi diatas.

Kesimpulan

Jika ikan cupang mendapatkan perawatan yang baik dan benar, maka dapat hidup hingga 3, bahkan sampai 6 tahun lamanya. Size ikan cupang sendiri juga dapat dijadikan perbedaan grade kualitasnya.

Karena, pada umumnya ikan cupang tersebut juga memiliki size tubuh yang berbeda-beda tergantung dari gen indukan. Ataupun dari pengaruh pola perawatan hariannya yang diberikan oleh pemilik.

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai cara mengetahui umur ikan cupang. Lengkap dengan cara melihat dari ukuran tubuhnya, hingga gerakan, warna, dan lain sebagainya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *