Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Umur Ikan Cupang

Umur Ikan Cupang

Umur Ikan Cupang – Keindahan ikan cupang pastinya tidak akan pernah hilang dari pandangan pecinta ikan hias. Daya tarik utamanya yaitu terletak pada warna tubuh, sirip, hingga bentuk ekornya.

Maka dari itu, memelihara cupang kembali menjadi tren bahkan sudah banyak artis terpikat dengan kecantikannya. Tak heran, karena cara perawatannya cukup mudah, jika dibandingkan dengan jenis lain.

Pemeliharaan cupang yaitu dapat dilakukan dengan memperhatikan kualitas air serta jenis pakannya. Apabila dilakukan dengan baik, maka cupang akan tetap sehat bahkan warna tubuhnya bertambah menarik.

Secara umum, semakin tua umur cupang akan semakin cantik pula warna tubuhnya. Namun, tidak selamanya cupang dapat memperlihatkan keindahan warna tubuh serta bentuk siripnya yang unik.

Berapa Lama Umur Ikan Cupang ?

Berapa Lama Usia Ikan Cupang

Ikan cupang juga masih sama dengan jenis ikan hias lainnya, yaitu bisa mengalami kematian. Hanya saja jika perawatan yang diberikan cukup bagus oleh pemiliknya, cupang dapat hidup lebih lama.

Ikan Cupang Dapat Hidup 2 Hingga 5 Tahun

Ikan Cupang Hidup 2 Hingga 5 Tahun

Di habitat aslinya, cupang bisa hidup lebih dari 2 tahun lamanya bahkan hingga 5 tahun. Jauh berbeda dengan kehidupan di dalam akuarium, sebab di alam liar ikan cupang memiliki tumbuh kembang secara alami.

Cupang yang tinggaal di alam liar pastinya memiliki tingkat stress lebih tinggi. Karena, ia harus mencari makan sendiri serta bertemu dengan sesama jenis, pastinya akan bertarung dan terluka.

Bahkan, saat cupang jantan bertemu sesama jenis di suatu tempat pastinya diharuskan salah satu diantaranya mati. Hal tersebut sudah menjadi hukum alam untuk karakter teritorial yang dimilikinya.

Kemudian, di habitat aslinya cupang akan lebih mudah terkena stress. Sebab, terdapat beberapa faktor yaitu pencemaran air, serta resiko tersingkirkan oleh pembangunan dan pertanian sebagai ancaman di hidupnya.

Tahukah kalian mengenai umur pejantan atau betina yang lebih panjang? Jadi, cupang betina biasanya dapat berusia lebih panjang jika dibandingkan dengan pejantan.

Pernah ada tim peneliti dari Thailand yang mencatat bahwa ikan cupang di alam liar sudah termasuk ke dalam kategori spesies terancam punah. Karena, jumlah pencemaran habitat aslinya cukup tinggi.

Itulah umur ikan cupang jika mendapatkan pola perawatan serta pemberian pakan yang baik dan benar. Pastinya cupang tetap sehat serta akan memiliki umur lebih panjang.

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang

Namun, banyak sekali para pemula yang tidak bisa mengetahui umur ikan cupang. Padahal terdapat beberapa ciri fisik serta perilaku cupang untuk dijadikan sebagai alat supaya kita bisa mengetahui umurnya.

Jika diantara kalian masih merasa kebingungan dalam mengetahui umur cupang, silahkan langsung saja untuk simak baik-baik ulasan selengkapnya berikut ini.

Berdasarkan Karakteristik

Berdasarkan Karakteristik

CARA MENGETAHUI UMUR IKAN CUPANG peliharaan pertama cukup mudah, kalian bisa melihatnya melalui karakteristik. Seperi apa contohnya? Biasanya cupang jantan akan lebih serng ngedok atau melebarkan siripnya, itu tandanya ia sudah berumur dewasa.

Namun, jika sebaliknya ikan cupang akan terlihat memiliki sirip berbentuk pipih, serta tidak pernah mengembangkan siripnya menandakan itu masih berumur anakan. Sebab, cupang anakan belum memiliki tingkat birahi dan juga emosi.

Berdasarkan Gerakan Tubuh

Berdasarkan Gerakan Tubuh

Umur ikan cupang sendiri lebih mudah diketahui dengan melihat gerakan tubuhnya. Seperti halnya cupang dengan gerakan cukup melambat yaitu dapat diartikan sudah berumur tua atau dewasa.

Nah, sedangkan untuk cupang yang gerakanya lebih gesit atau licah, maka dapat diartikan umurnya itu masih muda. Hanya saja untuk mengetahui umur dengan cara ini cukup membutuhkan ketelitian lebih.

Berdasarkan Warna tubuh

Umur Ikan Cupang Berdasarkan Warna Tubuhnya 1

Kemudian, umur cupang juga dapat kalian lihat dari warna tubuhnya. Ikan cupang yang memiliki warna tubuh lebih cerah yaitu umurnya masih muda untuk pejantan. Sedangkan untuk cupang dengan warna tubuh cenderung memudar, dapat dipastikan umurnya sudah dewasa.

Cara mengetahui umur ikan cupang ini hanya berlaku bagi pejantan saja. Sebab, pigment warna kulit tersebut hanya dapat dilihat dengan jelas pada cupang yang berjenis kelamin jantan, jika betina warnanya cenderung memudar dan sulit ditebak.

Berdasarkan Siripnya

Berdasarkan Siripnya

Nah, untuk mengetahui umur cupang dengan cara terakhir ini juga dapat dibilang cukup mudah. Sebab, antara cupang muda dan tua cukup berbeda pada bagian siripnya.

Ikan cupang berumur dewasa sering terlihat lemas serta jarang sekali ngedok atau mengembangkan siripnya. Jika dilihat secara detail, sirip ikan cupang umur dewasa yaitu sudah keriput.

Berbeda dengan ikan cupang umur muda atau remaja, siripnya sering terlihat ngedok saat bertemu dengan lawannya. Itulah ciri khas ikan cupang jika melihat sesma jenis dalam wadah yang sama.

Sirip cupang berumur dewasa biasanya memiliki ciri seperti mengidap penyakit. Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang IKAN CUPANG KUNCUP bagian ekornya.

Diatas ini adalah beberapa tahapan untuk menetahui umur ikan cupang, lengkap beserta penjelasan mengenai berapa lama usianya. Ikan hias ini dapat hidup hingga 2 tahunan lebih, asalkan mendapatkan pola perawatan yang baik dan benar.

Umur Ikan Cupang dari Ukuran Tubuh

Umur Ikan Cupang dari Ukuran Tubuhnya

Terdapat cara lain untuk mengatahui umur ikan cupang, yaitu dilihat dari ukuran tubuhnya. Jika kalian belum mengetahuinya, silahkan untuk lebih jelasnya kalian bisa simak tabel berikut ini.

UkuranUmur
S atau (2,5 hingga 3cm)3 hingga 4 bulan
S+ atau (3 hingga 3,2cm)3 hingga 4,5 bulanan
M atau (3,5 hingga 4cm)4 hingga 5 bulanan
M+ atau (4,5 hingga 5cm)4 hingga 6 bulanan
L atau (5,5 hingga 6cm)5 bulan ke atas
XL atau (6,5 cm keatas)6 bulan keatas

Itulah beberapa cara mengetahui umur cupang, jika dilihat dari ukuran atau size tubuhnya. Kalian akan lebih mudah mengetahui umur ikan cupang, sebab penjual biasanya menjual dengan menyertakan ukura tubuhnya.

Kesimpulan

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai umur ikan cupang, yaitu dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. Diantaranya yaitu dari karakteristik, gerakan tubuh, warna, serta siripnya.

Kalian juga bisa mengetahui umur cupang dengan melihat ukuran tubuhnya, hanya saja ini berlaku hanya untuk jenis standar. Karena, ukuran tubuh tersebut berbeda dengan jenis giant. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *