Update Harga Burung Murai Papua 2023: Suara, Kelebihan & Mitos

Anjar Rizki

harga burung murai papua

Harga Burung Murai Papua – Salah satu jenis burung banyak dicari oleh para pecinta burung. Burung bernama latin Melanochlora sultanea ini memiliki daya tarik yang tak bisa diabaikan, mulai dari bulu indah hingga kicauan merdu bisa mengisi keheningan alam. Namun, harga murai papua memang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Apalagi, burung ini hanya bisa ditemukan di Papua, menjadikannya semakin sulit untuk didapatkan.

Menurut sejumlah sumber, harga murai papua saat ini berkisar antara 50 hingga 100 juta rupiah per ekor. Jumlah harga tak main-main bagi sebagian orang, bahkan untuk para pecinta burung sudah terbiasa membeli burung dengan harga fantastis. Meski demikian, permintaan akan burung murai papua masih cukup tinggi dan sulit untuk dipenuhi.

Tidak kalah saing dengan MURAI BATU BLACK SHAMA memiliki keindahan bulu burung memang diakui oleh banyak orang, terutama dari segi warnanya khas. Bulu burung ini didominasi oleh warna hijau kebiru-biruan dengan garis-garis putih hitam di bagian sayap serta ekornya ini panjang

Meski burung murai papua tampak indah dan merdu, namun perburuan terhadap burung ini masih terjadi di beberapa daerah. Selain itu, juga perlu adanya edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga alam dan satwa liar, termasuk burung murai papua semakin langka.

Kenapa Harga Burung Murai Papua Mahal ?

jenis murai papua

Murai Papua atau juga dikenal dengan nama burung murai batu Papua merupakan jenis burung kicau cukup diminati di Indonesia. Selain memiliki kicauan merdu, burung ini memiliki penampilan cantik dan juga perpaduan warna indah. Harga murai Papua cukup tinggi menjadi salah satu faktor yang menjadikan murai Papua sebagai burung paling dicari di pasaran. Namun, harga murai Papua tinggi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut adalah faktor-faktor mempengaruhi harga burung murai Papua.

1. Keturunan dan Grade Burung

Keturunan dan grade burung menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga burung murai Papua. Keturunan burung terbaik biasanya dihasilkan dari pasangan murai Papua sudah terbukti memiliki kualitas baik. Grade burung juga menjadi pertimbangan utama saat menentukan harga burung murai Papua. Burung dengan grade A tentunya lebih mahal dibandingkan dengan burung dengan grade B.

2. Warna Bulu

Warna bulu murai Papua indah juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga murai Papua. Beberapa warna paling diminati antara lain adalah warna merah marun, hitam dan juga warna kehijauan. Semakin indah warna bulu dimiliki oleh burung murai Papua, semakin tinggi pula harga ditetapkan.

3. Umur Burung

Umur burung juga menjadi poin penting yang mempengaruhi harga murai Papua. Burung masih muda dan belum memasuki masa mabung biasanya memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan burung dewasa. Hal ini dikarenakan burung masih muda memiliki kualitas kicau tetap stabil dan belum terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya.

4. Keadaan dan Kondisi Burung

Keadaan dan kondisi burung menjadi faktor lain mempengaruhi harga murai Papua. Burung sehat dan kondisinya prima tentunya akan memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan burung sakit atau memiliki masalah kesehatan. Selain itu, burung sudah berhasil membuktikan kualitas kicauannya di ajang lomba juga memiliki harga lebih mahal.

5. Lokasi dan Musim Pemeliharaan

Lokasi dan musim pemeliharaan juga menjadi faktor mempengaruhi harga burung murai Papua. Burung murai Papua dipelihara di daerah dengan lingkungan kondusif dan cuaca stabil biasanya akan memiliki harga lebih mahal. Di samping itu, musim pemeliharaan juga dapat mempengaruhi harga burung murai Papua. Burung yang dipelihara pada musim tepat biasanya memiliki kualitas kicau lebih baik dan harga jual lebih tinggi.

Harga Burung Murai Papua

kelebihan murai papua

Burung murai papua (Astrapia splendidissima) merupakan salah satu jenis burung endemik dari Papua, Indonesia. Burung dengan bulu berwarna-warni indah ini merupakan salah satu burung idola bagi para pecinta burung di Indonesia.

Jualnya burung murai papua sangat bervariasi tergantung pada kondisi burung dan pasar burung di setiap daerahnya. Berikut adalah kisaran harga burung murai papua di pasar burung Indonesia.

Jenis Burung Murai PapuaHarga Rata-rata (Rp)
Murai Batu Papua1.200.000 – 1.500.000
Murai Air Papua750.000 – 1.000.000
Murai Rimba Papua1.500.000 – 2.000.000

Pasaran burung murai papua di setiap daerahnya sangat bergantung pada kondisi dan kualitas burung. Jika burung memiliki kondisi baik dan unik seperti memiliki corak bulu luar biasa atau suara kicauannya merdu, maka harga burung akan lebih tinggi. Selain itu faktor keberuntungan juga mempengaruhi harga burung di pasaran.

Selain kualitas, faktor lain yang mempengaruhi harga murai papua adalah keadaan lingkungan sekitar. Burung murai papua adalah jenis burung yang dapat ditemukan di habitat hutan masih asli, sehingga semakin terbatas lingkungan aslinya maka semakin sulit untuk menemukan burung ini di alam liar. Hal ini menjadi alasan mengapa burung murai papua semakin meningkat setiap tahunnya.

Keberadaan burung murai papua kian terancam di alam liar juga memicu semakin banyaknya penggemar burung yang ingin memelihara burung ini di rumah mereka masing-masing. Tingginya permintaan tersebut menjadikan burung murai papua sebagai salah satu burung termahal di pasaran burung Indonesia. Oleh karena itu apabila Anda ingin memelihara burung murai papua sebagai hewan peliharaan, pastikan bahwa beli di tempat terpercaya untuk menjaga keaslian jenis burung tersebut.

Cara Memilih Burung Murai Papua Berkualitas

warna murai papua

Burung Murai Papua sudah menjadi burung populer bagi orang-orang menyukai impor burung ke dalam negeri. Namun, kadang-kadang harga yang ditawarkan sangat mahal dan melampui budget kita. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa cara memilih Burung Murai Papua berkualitas dibawah ini.

1. Memahami Karakteristik Burung Murai Papua

Hal yang pertama harus dipahami adalah karakteristik Burung Murai Papua. Burung ini berukuran sedang dengan ciri-ciri kepala dan ekor besar. Bulunya dominan berwarna cokelat, hitam, dan putih. Sementara itu, suaranya khas membuat burung ini sangat diminati. Dengan memahami karakteristik ini, kita bisa lebih mudah memilih burung berkualitas dan sesuai dengan keinginan kita.

2. Mencari Penjual Burung Murai Papua Terpercaya

Memilih penjual burung terpercaya sangat penting karena kita tidak ingin tertipu atau mendapatkan burung tidak berkualitas. Ada baiknya memilih penjual burung Murai Papua sudah terkenal dalam dunia burung kicau. Selain itu, kita bisa menanyakan rekomendasi dari teman atau kerabat sudah membeli burung Murai Papua sebelumnya. Dengan demikian, kita bisa lebih yakin dengan kualitas burung dibeli.

3. Memperhatikan Kesehatan Burung

Memperhatikan kesehatan burung sangat penting untuk mendapatkan burung berkualitas dan sehat. Burung sehat memiliki kondisi fisik dan suara kicau baik. Namun, tidak semua penjual peduli dengan kesehatan burung mereka jual. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memeriksa kesehatan burung Murai Papua akan kita beli. Beberapa ada bebrapa hal perlu diperhatikan berikut ini.

  • Cek kebersihan bulu burung. Burung dengan bulu kotor menandakan burung tersebut mungkin tidak dirawat dengan baik.
  • Cek kondisi mata burung. Mata burung yang redup atau tertutup menandakan kondisi burung tidak sehat atau stres.
  • Cek gaya burung saat dipamerkan. Burung yang berdiri dengan gagah dan penuh semangat menandakan kebugaran burung tersebut.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Harga Burung Murai Papua. Nantikan informasi selanjutnya meliputi harga jenis murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin memelihara jenis murai tersebut.

Bagikan:

[addtoany]