lazada

5 Pola Ekor Murai Bordan: Ukuran, Bentuk & Harga 2024

pola ekor murai bordan

Pola Ekor Murai Bordan – Salah satu dikenal juga dengan sebutan blackthroat adalah sebuah spesies burung kicau yang menjadi idola para pecinta burung di Indonesia. Keindahan warna hitam pekat pada bagian tenggorokan sang murai membuat burung ini terlihat sangat menawakan. Tidak heran jika banyak pecinta burung yang rela mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk membeli burung jenis ini.

Selain keindahan warna, pola ekor bordan juga menjadi daya tarik tersendiri. Ekor murai bordan memiliki serangkaian warna hitam dan putih membentuk garis-garis cantik sangat memikat mata. Bahkan, tak jarang pecinta burung rela membayar mahal hanya untuk mendapatkan murai bordan dengan ekor istimewa.

Mungkin jenis murai lainnya memiliki keistimewan dalam ekor panjang adalah MURAI BLACK SHAMA, dimana murai tersebut memiliki warna hitam seluruh tubuh. Walaupun begitu tetap saja memilih jenis harus sesuai dengan keinginan hati. Melihat dari keistimewaan murai bordan.

Keistimewaan pola ekor murai bordan bukanlah hal mudah ditemukan. Pola ekor ini tergolong langka dan hanya bisa ditemukan pada beberapa indukan burung murai bordan tertentu. Karena itulah, harga burung murai bordan dengan pola ekor khas dapat mencapai ratusan bahkan hingga jutaan rupiah. Tidak heran jika banyak pecinta burung rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli burung murai bordan dengan pola ekor diidam-idamkan.

Harga Jenis Pola Ekor Murai Bordan

jenis pola ekor murai bordan

Burung murai batu adalah salah satu burung kicauan sangat populer di Indonesia. Selain keindahan suaranya, burung ini juga memiliki keindahan visual menakjubkan. Salah satu bagian paling menarik dan dapat dijelajahi adalah pola ekornya. Ada banyak jenis pola ekor murai bordan dapat ditemukan pada burung ini. Mengetahui jenis pola ekor ini sangatlah penting bagi para pecinta burung kicau, terutama bagi mereka ingin membedakan kualitas burung murai batu berbeda-beda.

LazadaDana

Dalam dunia kicauan, murai batu memang sering dijadikan ajang lomba. Ada beberapa pola ekor telah diakui oleh para juri kicauan. Jika ingin membangun burung murai batu dengan kualitas yang baik dan berpartisipasi dalam lomba kicauan, maka harus tahu jenis pola ekor dibawah ini.

  • Pola Ekor Goblog
  • Pola Ekor Hantu
  • Pola Ekor Sutera

Jenis paling populer adalah pola ekor goblok. Pola ini memiliki bentuk seperti huruf “U” terbalik dan biasanya ditemukan pada burung murai batu masih muda. Harga burung dengan pola ekor goblok akan lebih rendah dibandingkan dengan harga burung dengan pola ekor lainnya.

Selanjutnya, ada pola ekor hantu memiliki bentuk seperti bulan sabit. Pola ini lebih langka dan sulit ditemukan, sehingga harga burung dengan jenis pola ini biasanya akan lebih mahal.

Terakhir, ada pola ekor sutera merupakan hasil persilangan antara murai batu dan burung tropis lainnya. Pola ini sangat menarik dan langka, sehingga tergolong termahal di antara ketiga jenis pola ekor lain.

Sekarang sudah mengetahui jenis pola ekor dan harga jualnya. Namun, kembali lagi bahwa harga bukanlah satu-satunya faktor penentu kualitas burung. Tetap perhatikan suara dan kesehatan burung murai batu dan jangan lewatkan kesempatan untuk membangun kualitas burung agar bisa berpartisipasi dalam ajang lomba kicauan.

Cara Membedakan Pola Ekor Murai Bordan Asli dengan Palsu

cara membedakan pola ekor

Murai Bordan memiliki keindahan paras membuatnya menjadi salah satu jenis burung banyak digemari oleh para peternak dan pecinta burung. Salah satu hal membuat Murai Bordan menjadi unik adalah pada ekor dimilikinya. Murai Bordan mempunyai pola khas dan sering dijadikan tolok ukur untuk menentukan keaslian burung tersebut.

Namun, dengan semakin maraknya penjualan murai tersebut, terutama dalam bentuk yang telah dijinakkan, menjadikan konsumen sulit membedakan asli dengan palsu. Oleh karena itu, kami akan membagikan informasi mengenai cara membedakan pola ekor Murai Bordan asli dengan palsu dibawah ini.

1. Memperhatikan Ukuran Ekor

Ukuran ekor pada burung Murai Bordan memiliki perbedaan antara ekor burung jantan dan betina. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk membuat pola ekor Murai Bordan palsu kemudian dijual ke pasaran. Oleh karena itu, pastikan membeli dari penjual resmi dan terpercaya.

2. Perhatikan Kualitas Bulu

Murai Bordan asli memiliki kualitas bulu lebih baik dan lebih rapi teratur pada pola ekornya. Sedangkan Murai Bordan palsu memiliki bulu tidak rapi dan terkadang bahkan rusak. Perhatikan juga tekstur bulu lembut dan halus pada Murai Bordan asli, sedangkan Murai Bordan palsu biasanya kulitnya kasar dan agak kasar.

3. Memperhatikan Kesan secara Visual

Cara membedakan Murai Bordan asli dan palsu paling mudah dicermati adalah melalui kesan dan visual pola ekornya. Pola ekor Murai Bordan asli terlihat lebih jelas, tegas, dan teratur. Warna dimiliki pun terkesan lebih alami, polos, dan terlihat lebih indah dibandingkan dengan pola ekor palsu terlihat seperti dibuat skin-nya seperti pola ekor.

Namun penting diingat adalah tidak semua Murai Bordan palsu mempunyai perbedaan signifikan dibandingkan Murai Bordan asli. Kadang kala produsen murai bordan abal-abal sangat teliti mengolah murai bordan palsu sehingga sulit dibedakan secara langsung.

Terutama bagi orang-orang tidak terlalu mengenal burung tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pembeli untuk mengetahui dan mencari informasi mengenai Murai Bordan asli hingga dapat mengetahui perbedaan dengan palsu.

Harga Murai Bordan Asli dan Palsu

murai bordan

Harga ekor Murai Bordan asli bervariasi tergantung dari jenis kelamin, umur dan kondisi fisik burung tersebut. Harga dari Murai Bordan asli kisaran 5 juta sampai 10 juta, namun harga murai bordan sudah berumur dan sudah pensiun bisa jatuh drastis sampai 2 jutaan saja.

Tapi bagi ingin lebih praktis, ada juga Murai Bordan palsu dijual dengan harga lebih murah dari asli. Harga Murai Bordan palsu berkisar mulai dari 300 ribu sampai 1 juta rupiah untuk satu ekor.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Pola Ekor Murai Bordan. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan jenis murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk penggemar murai dan ingin memelihara jenis tersebut.

lazada