lazada

10 Jenis Murai Batu Badan Kecil: Ekor Pendek & Ekor Panjang

jenis murai batu badan kecil

Jenis Murai Batu Badan Kecil – Lebih dikenal dengan sebutan MB mungil, semakin populer di kalangan pecinta burung kicau. Meskipun tampilannya lebih mungil dari murai batu biasa, namun harga jualnya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Tidak hanya itu, prestasi ditorehkan MB Kecil dalam lomba burung kicau juga tak kalah mempesona.

MB Kecil merupakan jenis murai batu hasil seleksi yang dilakukan oleh penghobi dengan alasan tertentu, seperti memperoleh suara atau mental lebih bagus dari murai batu biasa. Ukuran tubuhnya yang relatif kecil juga membuat MB Kecil lebih mudah dirawat dan dipelihara, serta seringkali lebih gesit ketika berlomba.

Walaupun terbilang masih “muda” dibandingkan dengan murai batu biasa sudah dikenal sejak lama, namun keberadaan MB Kecil sudah cukup mendapat perhatian dalam dunia burung kicau. Akan tetapi ada terdapat kelemahan apabila BURUNG MURAI JARANG JEMUR akan mengakibatkan suara murai tidak merdu.

Namun, sebagai murai batu hasil seleksi, MB Kecil belum diakui secara resmi oleh organisasi kicau nasional. Hal ini tentu saja belum menjadi penghalang bagi penghobi untuk terus mengembangkannya dan membuktikan kemampuan MB Kecil dalam berlomba.

Jenis Murai Batu Badan Kecil

murai batu body kecil

Murai Batu adalah burung dengan suara indah berasal dari Indonesia. Namun, untuk memelihara murai batu tidak cukup hanya membeli satu jenis saja. Selain itu harus memilih Murai Batu berkualitas dan memiliki karakter baik.

LazadaDana

Salah satu faktor penting harus diperhatikan adalah ukuran bodinya. Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa jenis Murai Batu dengan badan kecil populer di Indonesia beserta dengan harga pasarnya.

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan memiliki badan kecil namun suara keras dan indah sehingga menjadi salah satu jenis burung populer di Indonesia. Harga Murai Batu Medan berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 10 jutaan, tergantung pada kualitas dan keindahan suaranya.

2. Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh memiliki badan kecil dibandingkan dengan jenis Murai Batu lainnya. Murai batu aceh memiliki bulu lebat dan suara khas sehingga menjadi burung populer di Indonesia. Harga Murai Batu Aceh berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 8 jutaan.

3. Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung juga termasuk jenis dengan badan kecil. Bahkan murai batu lampaung memiliki suara jernih dan indah sehingga menjadi salah satu jenis burung populer di Indonesia. Harga Murai Batu Lampung berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 5 jutaan.

4. Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo adalah salah satu jenis burung populer di Indonesia. Murai batu borneo memiliki ukuran badan kecil namun memiliki suara indah dan khas. Harga Murai Batu Borneo berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 7 jutaan.

5. Murai Batu Sumatra

Murai Batu Sumatra memiliki badan kecil namun memiliki suara lantang dan indah. Murai batu sumatra menjadi salah satu jenis burung populer di Indonesia. Harga Murai Batu Sumatra berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 4 jutaan.

Ciri-ciri Murai Batu Badan Kecil

murai batu body kecil ekor pendek

Secara umum, kicauan murai batu badan kecil memiliki panjang tubuh antara 17-20 cm dengan berat 60-70 gram. Badan murai batu badan kecil terlihat ramping dan proporsional, memiliki ekor panjang dan sayap kuat. Perbedaan fisik dengan jenis murai batu lain terletak pada ukuran tubuhnya lebih kecil namun tetap terjaga keseimbangan dengan fitur tubuh.

Murai batu berbadan kecil mempunyai warna bulu bervariasi antara berwarna hitam, putih, coklat, dan abu-abu. Terdapat juga jenis murai batu dengan variasi warna lebih menarik seperti murai batu nias dengan warna bulu yang dominan hitam dan murai batu medan dengan garis-garis putih pada bulunya.

Murai batu berbadan kecil termasuk burung aktif dan cerdas dengan karakter lincah. Ciri-ciri murai batu badan kecil yang harus diketahui antara lain.

1. Kicauan

Murai batu berbadan kecil memiliki kicauan merdu dan bervariasi, tergantung dari jenisnya. Kicauan murai batu berkualitas biasanya berirama dan berirama. Tidak hanya itu, murai batu juga mampu menirukan suara burung lain ataupun suara manusia.

2. Aktif

Murai batu berbadan kecil merupakan burung aktif dan senang bergerak. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan kandang luas agar bisa bergerak dengan leluasa dan tetap menjaga kesehatannya.

3. Sosial

Murai batu berbadan kecil juga termasuk burung yang bersifat sosial dan mampu merasa nyaman dengan keberadaan manusia. Namun, tetap diperlukan kehati-hatian dalam menangani agar tidak membuatnya stres atau kehilangan kepercayaan pada manusia.

4. Suka Mandi

Murai batu berbadan kecil termasuk burung yang suka mandi. Mandi dapat membantu menjaga kebersihan bulu dan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan tempat mandi yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhannya.

Harga Murai Batu Badan Kecil

murai batu body kecil ekor panjang

Harga murai batu berbadan kecil bervariasi tergantung dari usia, jenis dan kondisi tubuh. Berdasarkan data yang diambil dari pasar burung, harga murai batu berbadan kecil bervariasi antara Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000. Namun berbeda jika beli murai batu kecil pada peternak langsung.

Harga murai batu badan kecil biasanya lebih mahal dibandingkan dengan murai batu dengan ukuran tubuh besar. Harga murai batu berbadan kecil berkisar dari Rp 5 juta hingga Rp 25 juta tergantung dari kualitas dan performa kicauannya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Jenis Murai Batu Badan Kecil. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan jenis burung murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian ingin memelihara jenis murai tersebut.

lazada