lazada

Murai Batu Nias: Ciri, Jenis, Harga & Perbedaan

murai batu nias

Murai Batu Nias – Salah satu burung kicau ternaik yang berasal dari kepulauan Nias, Sumatera Utara. Sejak dulu, kecantikan dan kualitas suara murai batu Nias sudah dikenal oleh pecinta burung kicau di Indonesia, bahkan di dunia. Memiliki postur tubuh yang cukup besar, paruh tebal dan kuat, serta bulu yang menawan membuat murai Nias menjadi burung kicau yang diminati oleh para pecinta burung.

Selain itu, kualitas suara murai batu tersebut yang khas dan merdu membuatnya mampu menjadi juara di berbagai lomba burung kicau. Tak heran, jika banyak peternak dan pemain burung kicau yang menjadikan murai Nias sebagai burung unggulan yang sangat berharga.

Bukan hanya keindahan, ada juga murai Lampung tidak kalah saing memiliki bulu aesthetic, tetapi juga keterampilannya dalam menirukan suara lainnya. Mulai dari burung ciblek, kutilang, kenari, hingga burung pleci, murai Nias mampu menirukan suaranya dengan sempurna. Dengan potensi suara yang dimilikinya, murai batu Nias kerap dijadikan burung master dalam dunia kicau mania.

Namun, tak hanya kelebihan yang dimilikinya saja, burung murai Nias juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah sifat agresif yang dimiliki oleh jenis burung ini. Oleh karena itu, bagi pemain murai Nias harus teliti dalam mengawinkan dan merawatnya agar tak menimbulkan konflik di antara burung kicau lainnya.

Karakteristik Fisik Murai Batu Nias

ciri murai batu nias

Murai batu Nias atau biasa disebut dengan murai nias merupakan salah satu burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini berasal dari pulau Nias, Sumatera Utara dan memiliki ciri fisik yang unik. Berikut adalah karakteristik fisik murai Nias.

LazadaDana

Murai batu Nias memiliki ukuran tubuh yang sedang, yakni sekitar 20-25 cm dari ujung paruh hingga ujung ekor. Burung ini memiliki warna bulu yang sangat kontras, yaitu hitam dengan warna putih di kepala, leher dan bagian bawah tubuh yang menjadikannya sangat menarik. Selain itu, murai Nias mempunyai bentuk tubuh yang kekar dan proporsional, dengan kepala yang besar dan paruh yang besar dan tebal.

Selain itu, burung ini juga memiliki ciri fisik lainnya yang membuatnya sangat dikenal dan diminati oleh para penghobi burung. Salah satunya adalah kuku yang kuat dan besar untuk menopang tubuhnya saat memanjat. Warna iris mata burung ini juga bervariasi, mulai dari coklat, oranye hingga merah. Selain itu, burung ini juga memiliki ekor yang panjang dengan warna hitam kontras putih dan berbentuk seperti kipas, yang menjadikan burung ini sangat cantik saat terbang dan menambah kesan eksotis dari burung ini.

Dalam dunia kicau mania, karakteristik fisik murai Nias menjadi salah satu faktor penentu untuk menentukan nilai jual dan tingkat kepopulerannya. Dibandingkan dengan jenis murai batu lainnya, murai Nias memiliki harga jual yang cukup tinggi. Harga murai Nias dapat mencapai puluhan juta rupiah bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk pemburu burung berkualitas tinggi dengan suara bagus.

Cara Merawat Murai Batu Nias

pakan murai batu nias

Murai Batu Nias adalah burung yang populer di Indonesia, terutama di kalangan penggemar burung. Karena keindahan suaranya yang merdu, banyak orang tertarik untuk memelihara burung ini di rumah. Agar Murai Nias tetap sehat dan bersemangat, perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Jika ingin tahu silahkan lihat cara merawat di bawah ini.

1. Kandang

Kandang Murai Batu Nias harus cukup besar, bersih, dan nyaman untuk burung. Sebaiknya kandang dibuat dari bahan yang tahan air dan mudah dibersihkan seperti plastik atau kawat. Jangan lupa untuk menyediakan suhu dan ventilasi yang cukup agar Murai Nias dapat merasa nyaman.

2. Makanan

Murai Batu Nias membutuhkan makanan yang seimbang dan cukup nutrisi. Sebaiknya pakan diberikan secara teratur dan memiliki variasi seperti voer, buah-buahan, sayuran, dan serangga. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan minum yang selalu tersedia dan bersih.

3. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang sangat penting untuk kesehatan Murai Nias. Kandang harus dibersihkan secara teratur agar kuman dan bakteri tidak menumpuk. Sebagai pedoman, sebaiknya kandang dibersihkan setiap hari dan desinfektan diterapkan sebulan sekali. Selain itu, ganti seluruh kain dan alas kandang secara berkala.

4. Perawatan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan oleh dokter hewan secara teratur untuk memastikan Murai Batu Nias tetap sehat. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan tanda-tanda kesehatan burung seperti perilaku dan makanan. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan, segera bawa Murai Batu Nias ke dokter hewan.

Keistimewaan Suara Burung Murai Batu Nias

jantan betina murai nias

Murai Batu Nias atau yang juga dikenal dengan sebutan Cicak Jenggot memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan berbeda dari burung lainnya. Suara kicauan burung ini terbilang bisa memikat perhatian siapa saja yang mendengarkannya. Inilah mengapa burung Murai Nias sangat populer di kalangan para pecinta burung di Indonesia serta juga di luar negeri.

Keistimewaan suara Murai Nias bisa dilihat dari pola-pola kicauannya yang khas. Burung ini bisa menirukan berbagai suara burung lain dan juga menirukan suara-suara lain seperti suara sirine, telepon, dan lain sebagainya. Meski bisa menirukan suara-suara tersebut, Murai Nias tetap mempertahankan keunikan suaranya yang khas.

Suara kicauan burung Murai Nias terbilang sangat bervariasi dan cukup kompleks, mulai dari suara kasar hingga suara melengking dan dihiasi dengan getaran suara yang kuat. Kualitas dan keunikan suara tersebutlah yang menjadi daya tarik utama bagi para pecinta burung untuk memilikinya.

Tak hanya burung betina, jantan Murai Nias juga memiliki suara yang tidak kalah merdu dan menarik perhatian. Bahkan, burung jantan Murai Nias memiliki suara yang terbilang lebih khas dan lebih bernuansa gelap daripada burung betina.

Cara merawat dan menyempurnakan kualitas suara Murai Nias juga cukup mudah dilakukan. Pemilihan pakan yang tepat dan teratur, pemberian mainan yang sesuai, dan juga latihan berkicau secara teratur bisa menjadi solusi untuk merawat dan menjaga kualitas suara burung Murai Nias.

Tidak heran jika harga Murai Nias dengan suara kicauan yang bagus cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga jual burung ini, salah satunya adalah kualitas suara burung tersebut.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa murai Nias adalah burung yang memiliki keindahan suara dan sangat diminati sebagai burung kicau. Namun, pengambilan secara liar dari alam dapat menyebabkan penurunan populasi murai Nias yang memprihatinkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya konservasi dan penangkaran murai Nias untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Selain itu, para penghobi burung kicau perlu disosialisasikan mengenai keberadaan murai Nias yang sangat penting dalam ekosistem hutan.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Murai Batu Nias. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari murai batu jenis lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mengetahui murai batu tersebut.

lazada