lazada

10 Pola Ekor Murai Gembung: Tipis & Besar 2024

pola ekor murai gembung

Pola Ekor Murai Gembung – Salah satu hal yang wajib diketahui oleh para penggemar burung kicau. Kicauannya merdu dan menggoda serta penampilan indah membuat murai gembung menjadi burung kicau populer. Selain itu, pola ekor murai gembung juga menjadi patokan untuk menentukan kualitas burung tersebut.

Murai gembung merupakan salah satu jenis murai batu memiliki postur tubuh kecil dan ramping, namun memiliki suara lantang dan merdu. Selain suaranya yang merdu, tampilan burung ini juga cukup menarik. Burung jantan mempunyai bulu-bulu yang tebal dan berwarna hitam berkilau, sedangkan burung betina agak lebih polos dengan warna bulu kecoklatan.

Namun membuat murai gembung begitu istimewa adalah pola ekornya indah. Bentuk ekor murai gembung terdiri dari bintik-bintik putih di bagian ujung setiap bulunya dihubungkan oleh garis-garis putih yang membentuk bentuk tertentu. Ada beberapa pola ekor murai gembung populer, seperti pola bunga, bulan sabit, dan keris.

Sama halnya dengan pola ekor murai pada umumnya memilik ciri khas serta keunikan tersendiri. Para peternak biasanya mengawinkan murai gembung betina dengan burung jantan memiliki bentuk ekor bagus. Selain itu, perawatan dan pemberian asupan makanan seimbang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan burung tersebut.

Apa Itu Pola Ekor Murai Gembung ?

perbedaan ekor murai gembung dan non gembung

Pola ekor murai gembung memang menjadi hal yang cukup menarik untuk dibahas, terutama untuk para penggemar burung kicau. Burung murai batu memiliki berbagai pola ekor, termasuk bentuk ekor murai gembung. Ekor murai gembung memiliki bentuk khas dan unik, sehingga banyak penggemar burung kicau mencari burung murai batu dengan bentuk ekor.

LazadaDana

Pola ekor murai gembung sendiri mempunyai ciri khas berupa ekor gemuk dan besar, bulu pada ekor pun tersusun secara rapat dan padat. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari murai batu dengan bentuk ekor murai gembung.

Selain bentuk dan susunan bulunya yang menarik, pola ekor murai gembung juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk menetapkan harga jual burung murai batu tersebut. Tentu saja harga murai batu dengan bentuk ekor murai gembung akan lebih tinggi dibanding dengan burung murai batu biasa.

Berdasarkan pantauan harga di pasaran, harga murai batu dengan bentuk ekor murai gembung bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Harga mahal ini tentunya tidak lepas dari tingginya permintaan pasar dan keunikan dari pola murai gembung.

Jika tertarik untuk memiliki murai batu dengan bentuk ekor murai gembung, pastikan untuk membeli dari peternak atau penjual terpercaya. Jangan sampai tertipu dengan penjual yang memberikan harga murah namun kualitas burung tidak sesuai ekspektasi.

Cara Merawat Pola Ekor Murai Gembung

cara merawat ekor gembung

Dalam bentuk ekor murai gembung adalah salah satu faktor yang paling memengaruhi penampilan dan keindahan murai. Ekor yang sehat dan lebat menjadi salah satu daya tarik burung ini bagi para pecinta burung. Namun, pemilik burung harus menjaga kondisi ekor murai gembung agar tetap sehat dan lebat. Berikut ini merupakan beberapa cara merawat pola murai gembung dengan baik serta benar.

1. Memberikan Makanan Bergizi

Salah satu cara merawat bentuk ekor murai gembung yang sehat dan lebat adalah memberikan makanan baik dan bergizi. Pemilik burung harus memberikan makanan yang mengandung nutrisi cukup. Makanan yang seimbang antara protein, lemak, dan karbohidrat sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh burung agar tetap sehat dan bugar.

Selain itu, pemilik burung juga harus memberikan makanan tambahan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayuran. Vitamin A, C, dan E sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan bulu burung. Selain itu, asupan kalsium juga diperlukan untuk menjaga kekuatan bulu burung.

2. Menjaga Kondisi Tubuh

Maintain tubuh burung agar tetap sehat dengan merawatnya secara teratur. Pemilik burung harus memberikan waktu untuk memandikan burung dan merawat kuku dan paruh burung secara rutin. Memandikan burung dan merawat kuku dan paruh membantu burung menjaga kesehatan kulit dan menghindari penyakit. Sehat berarti organ dalam berfungsi dengan baik dan benar serta memiliki daya tahan tinggi terhadap penyakit.

3. Jenis Murai Gembung

Bentuk ekor murai gembung yang sehat dan lebat harus dipenuhi dengan banyak jenis bentuk berbeda. Pola ekor murai yang berbeda-beda akan menambah keindahan burung. Pemilik burung dapat mencoba berbagai macam pola seperti pola oval, pola gunung, pola kristal, pola bintang, pola S, dan pola melingkar. Pengaturan pola ini harus dilakukan dengan rawat-sebateas mungkin dan tidak berganti-ganti.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips merawat bentuk ekor murai gembung yang sehat dan lebat dengan benar. Pola ekor murai gembung yang indah akan menambah nilai jual burung dan memikat hati para pecinta burung. Namun, untuk mendapatkan pola ekor yang indah, diperlukan teknik perawatan dan pengaturan pola yang tepat oleh pemilik burung.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Pola Ekor Murai Gembung. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari pola ekor murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mengetahui ekor murai gembung lebih dalam.

lazada