lazada

Murai Lampung Super Legenda: Pola Ekor, Harga & Ciri 2024

murai lampung

Murai Lampung – Sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Provinsi ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti pantai, gunung, atau juga taman nasional. Selain itu, Lampung juga dikenal dengan beberapa makanan khasnya yang lezat serta terkenal hingga ke mancanegara.

Salah satu makanan khas Lampung yang sangat terkenal adalah murai. Burung tersebut adalah satu jenis makanan yang terbuat dari ikan laut yang memiliki duri dan tulang, biasanya ikan ini diolah dengan beberapa bumbu khas Lampung untuk membuat rasa yang lezat dan gurih.

Murai Lampung sangat populer tidak hanya di provinsi Lampung saja, namun juga di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sama halnya murai larwo memiliki ciri khas cukup berbeda dengan murai lainnya, karena memiliki warna bulu kehitaman.

Tidak heran jika murai tersebut menjadi salah satu kuliner khas melegenda di Indonesia. Di setiap warung makan menyajikan murai tersebut, selalu terlihat ramai dengan pengunjung yang menikmati sajian lezat ini. Bahkan, beberapa restoran serta hotel juga menawarkan murai sebagai menu andalannya.

Ciri-ciri Murai Lampung

ciri murai lampung

Burung murai lampung adalah jenis burung yang sangat populer di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, murai tersebut menjadi salah satu burung yang paling dicari oleh para penghobi burung liar. Burung ini memiliki karakteristik dan ciri-ciri khas yang membedakannya dari burung murai lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri burung murai lampung.

LazadaDana

1. Bulu Tebal Warna Hitam Coklat

Pertama, burung murai lampung memiliki bulu cukup tebal dan berwarna hitam kecoklatan. Bulu ini sangat indah serta mengilap, memberikan penampilan yang elegan dan cantik pada burung. Selain itu, bulu murai tersebut juga memiliki karakteristik khusus seperti bercak-bercak kecil pada sayap atau bagian tubuh lainnya, yang membuatnya semakin menarik perhatian.

2. Lincah dan Aktif

Kedua, burung murai lampung memiliki tampilan yang sangat aktif dan lincah. Mereka sering melompat-lompat dan berkeliling dengan cepat di dalam kandang atau ruang terbuka. Hal ini menandakan bahwa burung ini memiliki kondisi fisik yang sehat dan kuat.

3. Suara Merdu

Ketiga, burung murai lampung memiliki suara yang sangat merdu dan indah. Mereka sering berkicau dengan nada yang berbeda-beda, mulai dari nada rendah hingga tinggi. Suara murai ini juga dapat dipelajari dan ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi.

4. Harga Mahal

Keempat, murai ini memiliki harga jual cukup tinggi. Harga burung tersebut dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, atau kondisi fisik burung. Biasanya harga murai ini anakan di atas 6 bulan dengan jenis kelamin jantan serta berwarna bulu hitam coklat bisa mencapai Rp 3.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Perawatan Murai Lampung

harga murai lampung

Burung murai lampung adalah salah satu burung kicauan yang sangat populer di Indonesia. Kicauannya yang merdu dan cantik membuat banyak orang terpesona. Untuk menjaga agar burung murai tersebut tetap sehat dan rajin berkicau, perawatan dan pemberian makanan yang tepat harus dilakukan. Berikut adalah cara perawatan serta memilih makanan berkualitas.

1. Ukuran Kandang Sesuai

Pertama, murai lampung harus ditempatkan di kandang yang sesuai dan terawat dengan baik. Kandang harus bersih dan luas sehingga burung memiliki ruang untuk menjelajah. Kandang yang kotor dapat menyebabkan sakit dan dapat merusak bulu.

Selain itu, murai tersebut perlu mandi setiap hari untuk menjaga kebersihan bulu atau merangsang mereka untuk berkicau dengan baik. Pembersihan kandang secara rutin juga diperlukan untuk menjaga kesehatan.

2. Memilih Makanan Berkualitas

Memberikan makanan yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan burung murai lampung. Buah-buahan segar seperti pepaya, strawberry, dan apel sangat disukai oleh burung murai tersebut.

Makanan ini kaya akan vitamin atau mineral dapat membantu menjaga kesehatan. Selain itu, jagung juga merupakan makanan baik untuk murai tersebut karena kaya akan karbohidrat serta energi.

Kroto atau ulat hongkong adalah makanan tambahan baik untuk murai tersebut. Kroto adalah serangga kecil kaya akan protein, sedangkan ulat hongkong adalah larva serangga kaya akan nutrisi. Namun, pemberian kroto atau ulat hongkong perlu dilakukan secara teratur serta tidak berlebihan karena dapat menyebabkan obesitas.

Perawatan atau pemberian makanan tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan murai tersebut. Dengan melakukan perawatan benar serta memberikan makanan seimbang, murai ini akan tetap sehat.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Murai ini menjadi salah satu burung yang paling populer di Indonesia. Namun, perburuan liar dan perdagangan illegal telah sangat merugikan populasi burung ini. Oleh karena itu, perlu ada tindakan preventif agar dapat menjaga kelestarian Murai ini serta lingkungan sekitarnya. Penangkapan, penggunaan jebakan, dan perdagangan ilegal harus dihentikan atau para pemilik Murai Lampung harus bertanggung jawab dalam masa perawatan atau pembiakan sehingga tidak merugikan populasi.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Murai Lampung. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan jenis murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba memelihara murai tersebut.

lazada