Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Pakan Burayak Ikan Cupang Umur 4 Hari

Pakan Burayak Ikan Cupang Usia 4 Hari

Pakan Burayak Ikan Cupang Umur 4 Hari – Saat ini peternak ikan cupang jumlahnya semakin meningkat dengan pesat. Hal tersebut karena beternak ikan cupang sangat mudah serta tidak membutuhkan tempat luas.

Perawatan ikan cupang ternyata cukup mudah bahkan bagi pemula. Hanya perlu memperhatikan kualitas air, ukuran wadah, hingga jumlah makanan dan jenis pakan yang sesuai.

Selain memiliki corak warna serta bentuk ekor menarik, ternyata jika dijadikan ladang bisnis bisa saja menguntungkan. Dalam berbisnis ikan cupang, paling diminati penghobi adalah dengan membudidayakannya.

Namun, jika peternak tidak mengetahui jenis pakan apa saja untuk anakan ikan cupang, tentu bisa menyebabkan kematian masal. Nah, dalam hal ini silahkan simak baik-baik ulasan mengenai jenis pakan ikan cupang umur 4 hari.

Jenis Pakan Burayak Ikan Cupang Umur 4 Hari

Jenis Pakan Burayak Ikan Cupang

Terdapat beberapa masalah terjadi pada saat beternak ikan cupang, salah satuya adalah kematian masal pada anakan ikan cupang. Secara umum, anakan sendiri sudah mulai harus diberi makan pada usia 4 hari.

Namun, tidak semua jenis makanan dapat diberikan pada anakan ikan cupang. Sebab, anakan sendiri memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, sehingga membutuhkan makanan dengan size lebih kecil dari ukuran tubuhnya.

Agar tidak salah pilih dalam memberikan pakan anakan ikan cupang umur 4 hari, kalian bisa simak pembahasan selengkapnya mengenai rekomendasi jenis pakan seperti di bawah ini.

1. Kutu Air

Kutu Air 1

Pakan burayak umur 4 hari, kalian bisa memberikan kutu air. Kutu air memiliki keunikan karena dapat membelah diri dan menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Kalian bisa memberikan kutu air dengan jumlah sesuai, atau menggunakan takaran. Karena, jika jumlah pakan melebihi jumlah burayak, maka akan beresiko dapat menyebabkan kematian burayak ikan cupang.

2. Artemia Supreme

Artemia Supreme

Kemudian, pada saat burayak umur 4 hari, kalian juga sudah bisa memberikan artemia supreme. Artemia sendiri telah dipercaya para bredder bahwa itulah pakan terbaik burayak ikan.

Artemia sendiri memiliki kandungan protein tinggi, sehingga bisa membuat beby bettafish dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai umurnya. Pemberian disesuaikan dengan jumlah burayak ikan cupang.

Pemberian pakan secara merata, akan membuat pertumbuhan burayak ikan cupang juga ikut merata. Karena, ikan cupang usia 4 hari belum bisa surfive atau mencari pakan sendiri di wadah berukuran cukup besar.

3. Pelet Bubuk

Pelet Bubuk

Burayak umur 4 hari dapat diberikan pakan berupa pelet bubuk. Karena, mengandung protein dan sejumlah kandungan lainnya supaya dapat mendongkrak pigment warna, kecerahan, dan juga pertumbuhannya.

Pelet pakan ikan dalam bentuk bubuk ini sangat dianjurkan untuk dijadikan pakan harian burayak cupang. Karena kandungan gizi lengkap berguna sebagai saranan agar memenuhi kebutuhan nutrisi harian ikan umur 4 hari tersebut.

4. Kuning Telur

Kuning Telur 1

Pakan burayak berikutnya adalah kuning telur rebus. Biasanya pemberian pakan ini dilakukan dengan memotong kecil-kecil kuning telur dan memberikannya pada burayak.

Sebenarnya dengan mencemari kualitas air, dapat menyebabkan kematian pada burayak ikan cupang umur 4 hari. Namun, kematian dapat lebih minim yaitu sekitar 30 persen dari jumlah keseluruhan.

Supaya meminimalisir terjadinya hal terebut, maka kalian bisa memberikan kuning telur dengan porsi yang lebih sedikit. Karena, pada dasarnya burayak hanya mampu menampung sediki makanan di perutnya.

5. Vinegar Eel

Vinegar Eel

Salah satu jenis pakan burayak umur 4 hari adalah vinegar ell, sejenis belut cuka memiliki ukuran kecil-kecil. Sebenarnya jenis pakan ini masih terbilang baru. Sehingga cara pemberiannya belum ada, yang pasti pemberian pakan ini harus diberikan secara merata dan disesuaikan dengan jumlah burayak.

6. Rotifera

Rotifera

Rotifera atau Brachionus plicatilits merupakan sejenis organisme plankton yang dapat dijadikan sebagai pakan benih ikan, seperti burayak. Memiliki bebagai kanudungan nutrisi serta aman dikonsumsi burayak berumur 4 hari.

7. Microworms

Microworms Jenis Pakan Burayak Ikan Cupang

Sedangkan jenis pakan burayak umur demikian juga ada microworms. Kandungan gizi microworms diantaranya adalah protein sejumlah 48 persen, lemak 21 persen, glikogen 7 persen, asam organik 1 persen, dan air 23 persen.

Pakan ini memiliki ukuran kecil, sehingga burayak dapat mengkonsumsinya. Pemberian dilakukan secara teratur dan dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah burayak serta umur yang ada di wadah.

Cara Pemberian Pakan Burayak Umur 4 Hari

Cara Pemberian Pakan Pada Burayak

Jika kalian sudah mengetahui pakan burayak umur demikian, alangkah lebih baiknya kalian bisa simak ulasan mengenai cara pemberian yang benar berikut ini.

1. Siapkan Pakan Burayak Umur 4 Hari

Siapkan Pakan Burayak Usia 4 Hari

Dalam melakukan pemberian pakan burayak umur 96 jam, peratma siapkan jenis pakannya terlebih dahulu. Tentukan pakan sesuai dengan ukuran dari mulut burayak dengan usia tersebut.

2. Perhatikan Jumlah Burayak Ikan Cupang

Perhatikan Jumlah Burayak

Kemudian, agar menghindarkan dari resiko kematian masal burayak, maka kalian harus memberikan pakan dengan jumlah yang sesuai. Jumlah pakan jangan terlalu banyak atau sedikit.

3. Berikan Pakan Secara Merata

Berikan Pakan Burayak Ikan Cupang Umur 4 Hari

Supaya menjadikan burayak ikan memilki tumbuh kembang merata, maka kalian diharuskan untuk melakukan pemberian pakan secara merata. Karena, burayak ikan cupang usia demikian belum bisa mencari pakan sendiri di dalam wadah.

4. Ganti Jenis Pakan Secara Bertahap

Ganti Jenis Pakan Burayak Ikan Cupang Secara Bertahap

Jenis pakan yang diberikan pada burayak umur 4 hari, sebisa mungkin kalian mengganti dengan pakan lainnya. Sehingga, burayak tidak merasa bosan dengan satu jenis pakan burayak sebelumnya.

Dalam hal ini berguna agar burayak mau mengkonsumsi jenis pakan tersebut. Jika burayak mau memakan jenis pakan yang diberikan, pastinya akan memberikan pengaruh positif bagi tumbuh kembangnya.

Jadi, dengan kalian menentukan jenis pakan ikan serta cara pemberian pakan, maka hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Agar burayak memiliki tumbuh kembang yang baik, maka kalian harus memastikan terlebih dahulu jenis pakan tersebut memiliki kandungan gizi lengkap serta mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai pakan burayak ikan cupang umur 4 hari. Dengan menentukan jenis pakan dan cara pemberian dengan baik, burayak ikan cupang dapat memiliki tumbuh kembang yang baik pula. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cacing Sutra Untuk Ikan Cupang

Anas
3 min read

Pakan Ikan Cupang Terbaik

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *