√ 15 Pakan Koi Terbaik Untuk Warna & Pertumbuhan Semua Jenis

Pakan Koi Terbaik Untuk Warna Pertumbuhan Semua Jenis

Pakan Koi Terbaik – Koi memang menjadi salah satu dari sekian banyak jenis ikan Hias yang paling digemari. Selain memiliki tampilan fisik yang menarik, ikan Koi juga bisa mendatangkan cuan bagi sang pemilik karena memang nilai jual dari ikan tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara itu, bagi kalian para pemilik ikan Koi, kalian wajib memperhatikan pakan yang diberikan. Sebab, jika salah memberikan pakan pada ikan tersebut, maka corak warna hingga kualitas pertumbuhan nya bakal terganggu.

Sedangkan harga jual dari ikan ini sendiri ditentukan berdasarkan corak warna serta kondisi fisik yang dimiliki. Dengan begitu, jika corak warna yang keluar sempurna ditambah dengan ukuran tubuh serta kondisi fisik yang sehat, maka bisa dipastikan harga jual ikan Koi tersebut sangat menguntungkan.

Jika demikian, apa saja sih jenis pakan ikan Koi terbaik? Apakah ada jenis pakan khusus atau bisa mencampurkan jenis pakan biasa seperti cacing, pelet dan lain sebagainya? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa kalian simak dibawah ini.

Pakan Koi Terbaik

Pakan Koi Terbaik

Seperti kami singgung diatas bahwa ikan Koi merupakan ikan Hias paling favorit hingga saat ini. Selain memiliki tampilan fisik yang menarik, ikan Koi juga bisa menjadi ladang penghasilan apabila sang pemilik bisa memelihara nya dengan baik.

Nah, bicara mengenai proses pemeliharaan ikan Koi pastinya kita tidak bisa lepas dari jenis pakan yang diberikan. Jadi, ada beberapa jenis pakan Koi terbaik yang bisa diperoleh dengan mudah. Jenis pakan itu bisa jadi cara terbaik untuk memunculkan warna secara sempurna sekaligus baik bagi tumbuh kembang ikan Koi itu sendiri.

Jenis pakan terbaik yang kami maksud disini adalah pakan yang memiliki kandungan Karbohidrat, Protein dan Probiotik. Berikut adalah rekomendasi pakan Koi terbaik yang kaya akan zat-zat yang dibutuhkan ikan Koi untuk warna dan pertumbuhan :

1. Cacing Sutra

Pertama, kami merekomendasikan cacing Sutra sebagai pakan ikan Koi. Jenis pakan yang satu ini memiliki Protein tinggi yang terkandung di dalam Asam Amino. Zat Asam Amino itu sendiri berguna untuk menghasilkan sel telur serta Sperma yang berkualitas. Dengan begitu, ikan Koi bisa berkembang biak dengan baik. Selain cocok diberikan pada ikan Koi, para pemelihara ikan Cupang juga memberikan makanan berupa cacing Sutra untuk ikan Cupang.

2. Cacing Darah

Selain cacing Sutra, kalian juga bisa memberikan pakan untuk ikan Koi menggunakan cacing Darah. Makanan ini kaya akan gizi seperti Protein, Lemak dan Mineral yang pastinya baik untuk pertumbuhan ikan Koi. Kemudian untuk mendapatkan cacing Darah kalian bisa membelinya di toko ikan Hias atau mencarinya sendiri di dekat sumber air seperti sungai, Rawa, sawah dan sejenisnya.

3. Remahan Roti

Sering makan roti atau biskuit? Perlu diketahui bahwa makanan tersebut juga termasuk dalam deretan pakan ikan Koi terbaik. Bukan tanpa alasan, kandungan Karbohidrat yang dimiliki Roti mampu menunjang tumbuh kembang ikan Koi. Namun dalam memberikan pakan ini sebaiknya jangan terlalu sering, minimal sehari sekali.

4. Jangkrik

Selain ketiga makanan diatas, Jangkrik juga menjadi salah satu pakan ikan Koi terbaik. Perlu diketahui bahwa Jangkrik memiliki peran penting untuk menampilkan corak warna dari ikan Koi itu sendiri. Selain itu, pemberian serangga ini sebagai pakan ikan Koi juga baik untuk pertumbuhan.

5. Daun Kelor

Ada juga jenis pakan Koi terbaik yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar rumah, yaitu daun Kelor. Dedaunan yang satu ini kabarnya memiliki kandungan gizi yang siap membantu pertumbuhan ikan Koi. Bagi kalian yang memiliki ikan Koi di rumah, tidak ada salahnya memberikan pakan ini untuk hewan tersebut.

6. Bekicot

Bekicot juga bisa jadi alternatif pakan terbaik untuk membantu tumbuh kembang ikan Koi. Hewan ini bisa dengan mudah diperoleh di area pesawahan atau area sekitar sungai dan Rawa. Tapi jangan berikan Bekicot secara utuh, melainkan lepaskan dulu dari cangkang nya lalu potong-potong seukuran dadu baru diberikan pada ikan Koi.

7. Selada Air

Selain beberapa hewan diatas, ikan Koi juga bisa diberi pakan berupa tumbuh-tumbuhan, salah satunya adalah Seleda Air. Kandungan Serat yang terdapat pada Seleda Air bisa menjaga sistem pencernaan ikan Koi. Dengan begitu, kesehatan ikan Koi bisa jauh lebih terjaga. Tapi ingat, pemberian Selada Air untuk ikan Koi minimal

8. Kuning Telur

Kemudian kalian juga bisa memberikan Kuning Telur sebagai pakan Koi terbaik. Jenis pakan yang satu ini konon dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan warna dari ikan Koi.

9. Kutu Air

Kutu Air juga wajib dimiliki oleh kalian para pemilik ikan Koi, khususnya yang masih anakan. Pakan merupakan pilihan terbaik jika ingin mempercepat pertumbuhan ikan Koi. Kutu Air sendiri bisa diberikan pada semua jenis ikan Koi, baik Lokal maupun Luar Negeri. Tapi ingat, pemberian pakan Kutu Air mungkin bisa membuat air kolam keruh, maka dari itu kalian wajib menguras kolam setidaknya satu bulan sekali.

10. Ganggang

Kandungan Karoten yang terdapat pada Ganggang Hijau juga berperan penting untuk menunjang pertumbuhan warna pada sisik ikan Koi. Namun pemberian pakan ini tidak boleh terlalu sering, sebab jika ikan Koi terlalu banyak Karoten, hal tersebut bisa mengganggu tumbuh kembang nya.

11. Tumbuhan Kangkung / Bayam

Kangkung dan Bayam juga bisa menjadi makanan terbaik untuk ikan Koi. Sama seperti Selada Air, kandungan yang terdapat pada Kangkung dan Bayam juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan ikan Koi.

12. Udang

Selanjutnya ada Udang yang juga cocok sebagai makanan ikan Koi di rumah. Kalian bisa mendapatkan makanan ini di toko ikan Hias terdekat dengan harga terjangkau. Penting diketahui bahwa di dalam Udang terdapat kandungan zat bernama Chromatophores yang berfungsi untuk merangsang pigmen warna ikan Koi.

13. Pelet

Ikan Koi juga wajib diberi makanan berupa pelet khusus untuk ikan Koi. Pelet jenis ini bisa diperoleh dengan mudah di toko ikan Hias atau membelinya secara Online di eCommerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak dengan harga mulai dari 40 ribuan. Pemberian makanan berupa Pelet bisa dilakukan sebanyak 2 kali sehari.

14. Spirulina

Terakhir, jika ingin memaksimalkan pigmen warna ikan Koi kalian juga bisa memberinya makanan berupa Spirulina. Bagi yang belum tahu, Spirulina merupakan tanaman liar yang tumbuh di dasar kolam. Pada Spirulina sendiri terdapat zat pewarna natural yang baik untuk pigmen warna ikan Koi.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi dari Cupangbetta.id mengenai makanan terbaik untuk semua jenis ikan Koi. Dengan memberikan jenis pakan diatas, nantinya pertumbuhan ikan Koi serta pigmen warna yang muncul bisa lebih optimal.

Terlebih, makanan-makanan diatas bisa diperoleh dengan mudah sekaligus dibanderol dengan harga terjangkau, bahkan ada beberapa yang gratis. Satu lagi, untuk memaksimalkan kesehatan tempat tinggal ikan Koi, kalian bisa menambahkan ikan pemakan kutu di Kolam maupun Akuarium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.