Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

10 Merk Pelet Ikan Lele Protein Tinggi Terbaik & Harga

Merk Pelet Ikan Lele Protein Tinggi

Merk Pelet Ikan Lele Protein Tinggi – Pelet adalah salah satu jenis pakan ikan Lele yang memiliki protein serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan untuk mempercepat pertumbuhanya, sehingga ikan jadi tetap sehat dan cepat besar. Pelet merupakan pakan ikan yang biasanya di produksi oleh pabrik dengan komposisi berbagai macam tepung (tepung terigu, daging, ikan dan lain-lain), bekatul, bungkil kelapa, dedak halus dan berbagai macam vitamin tambahan.

Dalam bisnis budidaya ikan Lele tujuan utama yang dicari tentunya adalah hasil panen melimpah, sehingga keuntungan yang didapat bisa banyak/maksimal. Nah untuk mewujudkan hal tersebut tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu pakan (pelet). Penggunaan pelet berkualitas atau pelet dengan protein tinggi akan dapat mempercepat pertumbuhan ikan, dimana semakin cepat ikan Lele besar maka semakin cepat pula panennya (keuntungannya).

Bagi pemelihara ikan Lele yang hanya sekedar hobi saja tentunya kebutuhan akan pakan pelet tentu tidak begitu banyak, jadi bisa memilih pelet ikan Lele terbaik protein tinggi dengan harga mahal sebagai pakannya. Tetapi jika memelihara ikan Lele merupakan suatu bisnis budidaya atau ternak ikan Lele, tentu jumlah penggunaan pelet sebagai pakan ikan akan sangat banyak. Lalu merk pelet apa sajakah yang mempunyai kandungan protein tinggi?

Nah sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut diatas, dikesempatan kali ini cupangbetta akan berbagi informasi mengenai permasalahan tersebut. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai merk pelet berprotein tinggi, simak ulasan dari cupangbetta tentan merk pelet ikan Lele protein tinggi berikut ini.

Rekomendasi Merk Pelet Ikan Lele Protein Tinggi

Rekomendasi Merk Pelet Ikan Lele Protein Tinggi

Pelet merupakan jenis pakan buatan yang biasanya diproduksi oleh sebuah pabrik. Pelet sendiri umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu pelet terapung dan pelet tenggelam. Terkait dengan merk pelet, berikut rekomendasi beberapa merk pelet yang memiliki kandungan protein tinggi.

1. Pelet Protein Tinggi Merk Hi-Pro-Vite 781

Pelet Protein Tinggi Merk Hi Pro Vite 781

Merk pelet ikan lele dengan protein tinggi pertama ada Hi-Pro-Vite 781. Merupakan jenis pelet terapung buatan PT Central Proteina Prima yang populer dan banyak digunakan oleh para pembudidaya ikan Lele, karena pelet merk ini memang khusus diformulasikan untuk budidaya ikan Lele.

Pelet merk ini dikenal dengan kelebihanya, seperti dibuat dari bahan-bahan berkualitas, mengandung nutrisi yang baik, meningkatkan napsu makan ikan serta meningkatkan daya tahan tubuh ikan Lele. Kandungan protein pada pelet merk ini cukup tinggi yaitu sekitar 31-33%, sehingga sangat cocok untuk ternak ikan Lele.

Pelet ikan Lele merk Hi Pro Vite ini memiliki beberapa ukuran, yaitu :

  • Hi-Pro-Vite 781-1 : Berukuran 2,0 – 2,3 mm
  • Hi-Pro-Vite 781-2 : Berukuran 2,3 – 3,0 mm
  • Hi-Pro-Vite 781-3 : Berukuran 3,2 – 4,0 mm

Dalam pemberian pakan ikan Lele disesuaikan dengan umur ikan, misalnya untuk bibit ikan Lele bisa menggunakan pelet Hi-Pro-Vite 78-1 yang berukuran 2,0-2,3 mm. Untuk harga sendir, pelet protein tinggi merk ini berkisar Rp 360.000 per 30 kg.

2. Pelet Protein Tinggi Merk MS Prima Feed

Pelet Protein Tinggi Merk MS Prima Feed

Rekomendasi kedua merek pelet ikan Lele dengan protein tinggi yaitu Pelet MS Prima Feed. Adalah pelet ber-protein tinggi buatan PT Matahari Sakti. Merk pelet ini memiliki beberapa macam varian, yaitu :

  • Pelet PF 0
  • Pelet PF 100
  • Pelet PF 200
  • Pelet PF 500
  • Pelet PF 800
  • Pelet PF 1000
  • Pelet MS Prima Feed LP

Maksud dari penyebutan PF diatas adalah sebuah kode untuk menyebutkan ukuran diameter pelet, misalnya PF 800 adalah pelet dengan ukuran diameter 0,8 – 1 mm biasanya diberikan untuk ikan Lele berumur 30-45 hari dan PF 1000 merupakan pelet berukuran 1 – 2 mm diberikan untuk Lele berumur 45 – 60 hari. Untuk harga, pelet merk ini biasa dibandrol dengan harga sekitar Rp 20 – 25 ribu perkilo atau Rp 195 – 250 ribu per 10 kg.

Sedangkan pelet MS Prima Feed LP merupakan pelet pembesaran ikan Lele, biasanya diberikan setelah pemberian pelet PF 1000.

3. Pelat Protein Tinggi Merk Eko Feed

Pelat Protein Tinggi Merk Eko Feed

Merk pelet dengan protein tinggi untuk ikan Lele berikutnya ada pelet merk Eko Feed. Pelet dengan merk Eko Feed ini memiliki beberpa varian, seperti Eko Feed 2, Eko Feed 3 dan Eko Feed 4 dimana angka-angka tersebut menandakan ukuran pelet, misal Eko Feed 2 berarti pelet tersebut memiliki ukuran 2 mm. Untuk harga, pelet protein tinggi merk Eko Feed ini dibanrol sekitar Rp 190 – Rp 200 ribu per 30 kg.

4. Pelet Protein Tinggi Merk Suri Tuna Pemuka (STP)

Pelet Protein Tinggi Merk Suri Tuna Pemuka STP

Merk pelet dengan protein tinggi selanjutnya ada Suri Tuna Pemuka (STP). Pelet dengan sebutan lain Japfa SPLA12 ini memiliki kandungan protein lumayan tinggi yaitu sekitar 32 – 34 %. Berukuran diameter 2 mm, sangat cocok diberikan untuk ikan Lele berumur 45 hari keatas.

5. Pelet Protein Tinggi Merk Cargill

Pelet Protein Tinggi Merk Cargill

Pelet dengan sebutan lain Optimax AL 611-633 juga termasuk jenis pelet dengan kandungan protein tinggi. Beriku adalah varian pelet merk Cargill :

  • Optimax AL 611 : Memiliki ukuran 2 mm dengan kandungan protein sebesar 35%
  • Optimax AL 622 : Memiliki ukuran 2 mm dengan kandungan protein sebesar 32%
  • Optimax AL 633 : Memiliki ukuran 3 mm dengan kandungan protein sebesar 34%

6. Pelet Protein Tinggi Merk Sinta Prima Feedmill

Pelet Protein Tinggi Merk Sinta Prima Feedmill

Merk pelet ikan Lele yang mempunyai protein tinggi selanjutnya ada Sinta Prima Feedmill. Merupakan jenis pakan buatan yang diproduksi oleh PT Sinta Prima Feedmill, terdapat 4 varian yang mana untuk tiap-tiap varian memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Adapun varian dari pelet merk Sinta Prima Feedmill adalah sebagai berikut :

  1. Sinta : mempunyai kandungan protein sebesar 30%
  2. Jatra : mempunyai kandungan protein sebesar 26%
  3. Laju : mempunyai kandungan protein sebesar 22%
  4. Pilar : mempunyai kandungan protein sebesar 18%

Pakan Alternatif Ikan Lele

Sebagai informasi tambahan dibawah ini cupangbetta sertakan daftar pakan alternatif yang bisa dijadikan selingan ketika sedang kehabisan pelet maupun ketika harga pelet yang semakin mahal. Pakan alternatif ikan Lele tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Daging giling atau daging cincang
  • Maggot
  • Tepung ikan
  • Bekicot
  • Cacing Tanah

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai merk pelet ikan Lele protein tinggi yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.