Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Toples Ikan Cupang

Toples Ikan Cupang

Toples Ikan Cupang – Memelihara ikan cupang bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, tidak boleh hanya memperhatikan pemberian pakan saja, tapi juga wadah untuk meletakannya.

Jenis pakan terbaik untuk ikan cupang diantaranya yaitu cacing sutra, kutu air, artemia dan lain sebagainya. Sedangkan untuk wadahnya sendiri yaitu biasanya terbuat dari dua bahan.

Terdapat wadah ikan cupang yang terbuat dari kaca ataupun plastik seperti toples. Diantara kedua bahan tersebut juga memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing.

Lalu, manakah wadah ikan cupang terbaik dan juga disarankan? Pastinya setiap orang memiliki selera berbeda-beda, kebanyakan diantara mereka lebih memilih wadah ikan cupang dari toples.

Harga Toples Ikan Cupang

Harga Toples Ikan Cupang

Nah, apakah kalian juga sudah memelihara ikan cupang? Lebih baik kalian menggunakan toples untuk dijadikan tempat tinggalnya, sebab lebih mudah didapatkan serta harganya lebih murah.

Jika kalian ingin membeli toples untuk dijadikan wadah ikan cupang, maka kalian bisa membelinya di kios ikan cupang terdekat. Bahkan toples sendiri dapat dijumpai di tempat penyedia barang bekas.

Bahkan toples ikan cupang bisa kalian dapatkan di situs jual beli online terpercaya, dengan banderol harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Perbedaan harga dikarenakan besar atau kecilnya toples.

Selain dari ukuran, mahal atau murahnya toples sendiri juga dapat dilihat dari kualitasnya. Kualitas toples terbaik memiliki ciri diantaranya seperti berwarna bening, tebal, serta tidak mudah berlumut.

Ukuran Toples Ikan Cupang

Ukuran Toples Ikan Cupang

Pada saat memelihara ikan cupang pastinya harus mengetahui mengenai ukuran yang sesuai dengan tubuhnya. Tujuannya yaitu untuk menghindarkan terjadinya kerusakan pada sirip ekor ikan cupang.

Terdapat beberapa ukuran yang dianjurkan untuk pemeliharaan ikan cupang, yaitu sesuai dengan usianya. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian bisa simak pembahasan berikut ini.

1. Toples Berukuran 1 Liter

Toples Berukuran 1 Liter

Ukuran toples ikan cupang yang pertama ini dapat digunakan untuk burayak ikan cupang berusia satu hingga dua bulan. Sebab, diameter toples sendiri cukup untuk ukuran tubuh burayak usia tersebut.

2. Toples Berukuran 2 Liter

Toples Berukuran 2 Liter

Selanjutnya yaitu toples berukuran 2 liter, dapat digunakan untuk burayak berusia tiga hingga empat bulan. Hal tersebut telah disesuaikan dengan ukuran ikan usia tersebut.

3. Toples Berukuran 3 liter

Toples Berukuran 3 Liter

Toples plastik wadah ikan cupang berukuran 3 liter dapat digunakan untuk menempatkan anakan ikan berusia empat hingga 6 bulan. Ukuran tersebut telah disesuaikan dengan besarnya postur tubuh anakan ikan cupang.

4. Toples Berukuran 4 Liter

Toples Berukuran 4 Liter

Ukuran toples terakhir yaitu sekitar 4 Liter bisa digunakan oleh calon indukan berusia 7 hingga 10 bulan. Meskipun sebenarnya bisa digunakan oleh ikan berukuran lebih kecil dari usia indukan.

5. Toples Berukuran 5 Liter

Toples Ikan Cupang Berukuran 5 Liter

Terdapat pula jenis toples berbahan plastik yang memiliki kapasitas 5 liter. Pastinya akan sangat luas untuk seekor ikan cupang. Sebab, pada dasarnya CARA MEMBUAT IKAN CUPANG CEPAT BESAR yaitu terdapat pada ukuran wadahnya.

Semakin besar ukuran wadah atau toples tersebut, maka akan membuat pertumbuhan ikan bisa lebih maksimal. Itulah beberapa ukuran toples yang bisa dijadikan sebagai wadah ikan sesuai dengan usianya.

Kelebihan Toples Plastik

Kelebihan Toples Plastik Untuk Ikan Cupang

Jika sudah mengehaui beberapa macam ukuran toples plastik beserta harganya dipasaran, maka tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui terkait dengan kelebihan toples plastik. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang terdapat pada toples plastik, langsung saja untuk simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Ringan Mudah Dipindahkan

Kelebihan pertama toples plastik jika dijadikan sebagai wadah ikan hias adalah ringan, menjadikannya mudah untuk dipindahkan.

2. Mudah Didapat

Kemudian, kelebihan toples plastik selanjutnya yaitu mudah didapatkan. Banyak tersedia di toko ikan, peralatan rumah tangga, hingga tempat penampungan barang bekas.

3. Harganya Murah

Selain mudah didapatkan, toples plastik juga dibanderol dengan harga murah. Namun, tentunya harga yang ditawarkan akan berbeda-beda sesuai ukuran.

4. Tidak Mudah Pecah

Kelebihan toples plastik selanjutnya yaitu tidak mudah pecah, tidak seperti toples berbahan kaca. Pastinya akan sangat bermanfaat jika nantinya terjatuh atau terbentur tidak rusak dan masih bisa digunakan.

5. Mudah Dicuci

Toples ikan hias satu ini pastinya sangat mudah untuk dicuci, karena cukup ringan untuk dipegang menggunakan tangan. Kemudian, dapat dipastikan pada saat mencuci tidak akan melukai tangan kalian, tidak seperti kaca yang memiliki bagian tepi cukup runcing.

6. Tersedia Berbagai Ukuran

Kelebihan toples plastik untuk ikan peliharaan terakhir yaitu tersedia dengan berbagai varian ukuran. Sehingga, dapat memudahkan kalian dalam memilih sesuai dengan usia ikan tersebut.

Itulah beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan toples plastik untuk dijadikan sebagai wadah ikan cupang. Dengan demikian, kalian bisa mempertimbangkan antara toples plastik dan kaca dengan baik.

Kekurangan Toples Plastik

Kekurangan Toples Ikan Cupang dari Plastik

Setelah kalian mengetahui kelebihan toples plastik, tidak lengkap rasanya jika tidak dengan kekurangannya. Nah, untuk mengetahui apa saja kelemahannya, silahkan kalian bisa simak baik-baik informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini.

1. Mudah Berlumut

Kekurangan yang terdapat toples plastik yaitu sangat mudah sekali berlumut, terutama pada bagian dasarnya. Untuk membersihkan lumut tersebut juga cukup sulit, sebab noda tersebut bisa membandel dengan cepat.

2. Tidak Mudah Diuraikan

Kemudian, jika kalian sudah menggunakan toples plastik untuk wadah ikan dan kalian membuangnya, maka dapat dipastikan sampah tersebut tidak mudah untuk diuraikan. Sebab, plastik tersebut memerlukan ribuan tahun untuk menguraikannya.

3. Sering Terdapat Kecacatan

Kekurangan toples plastik selanjutnya yaitu sering terdapat kecacatan atau gagal produk. Karena, pada saat diproduksi pada perusahaannya terlalu banyak, sehingga pada saat mebuatan terdapat banyak sekali benturan. Nah, benturan tersebutlah yang membuatnya menjadi cacat.

Kesimpulan

Jadi, ikan cupang juga bisa dipelihara di dalam toples, baik kaca maupun plastik. Namun, harus memilih ukuran yang sesuai dengan ikan peliharaan kalian dirumah, agar tidak mengalami kerusakan pada bagian sirip ekornya.

Selain itu, terdapat selisih harga toples dari kedua bahan tersebut, lengkap beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itulah beberapa informasi dari cupangbetta.id mengenai toples ikan cupang selengkapnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Rak Ikan Cupang Baja Ringan

Anas
4 min read

Soliter Ikan Cupang

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *