Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Rak Ikan Cupang Baja Ringan

Rak Ikan Cupang Baja Ringan

Rak Ikan Cupang Baja Ringan – Tahukah kamu bahwa ikan cupang merupakan ikan hias yang pada saat ini sedang populer. Hal ini disebabkan karena ikan cupang memiliki corak warna indah pada seluruh tubuhnya dan kibasan ekornya yang membuat ikan cupang terlihat sangat indah.

Oleh karena itu harga jual pada ikan cupang juga ikut melambung tinggi untuk jenis-jenis tertentu. Mereka rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta hanya demi ikan cupang saja. Banyak orang memelihara ikan cupang untuk dijadikan ladang bisnis atau untuk di koleksi agar ruangan rumahnya lebih cantik. Kamu juga bisa mengetahui IKAN CUPANG TERMAHAL DAN TERLANGKA untuk dijadikan peliharaan dirumah.

Biasanya para pecinta cupang akan menaruh ikan cupang kesayangannya diatas rak. Ada berbagai bentuk rak ikan cupang yang sering digunakan dengan bahan berbeda-beda. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat rak cupang yaitu baja ringan.

Baja ringan cocok dijadikan bahan membuat rak karena bisa menahan beban berat serta harganya cukup terjangkau. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara-cara untuk membuat rak cupang dengan bahan dasar baja ringan. Jika kamu penasaran langsung saja simak penjelasan kami mengenai cara membuat rak cupang dari baja ringan.

Perlengkapan

Sebelum masuk ke cara-caranya, kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan pada saat membuat rak baja ringan. Peralatan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu yaitu meliputi :

1. Alat Bor

Alat Bor

Alat bor ini digunakan untuk membantu pada saat memasang baut. Nantinya baut akan dipasang pada baja ringan di setiap sisinya agar kuat dan kencang.

2. Mata Bor

Mata Bor

Gunakan mata bor yang sesuai dengan ukuran baut serta jenis bautnya. Mata bor ini akan dipasang di alat bor untuk mencapit baut yang akan dipasang pada baja ringan.

3. Gerinda Potong

Gerinda Potong

Kamu juga harus menyediakan gerinda potong untuk membuat rak cupang dari baja ringan. Gerinda potong ini digunakan untuk memotong baja ringan agar lebih mudah dan cepat dengan hasil yang rapi.

4. Penggaris Siku

Penggaris Siku

Berbeda dari penggaris untuk sekolah, penggaris siku ini memiliki bentuk seperti huruf L dan sering digunakan para pekerja bangunan. Penggaris siku berguna untuk mengukur panjang dan lebar pada baja ringan.

5. Meteran

Meteran

Fungsi dari meteran memang hampir sama dengan penggaris siku, tetapi meteran digunakan untuk mengukur tinggi dan lebar yang tidak dapat diukur menggunakan penggaris siku. Misalnya tinggi dari rak ikan cupang atau panjangnya.

6. Spidol

Spidol

Siapkanlah Spidol dengan warna bebas. Spidol ini berguna untuk menandai baja ringan yang sudah diukur. Jika menandai, pastikan kamu menandai dengan ukuran yang telah ditentukan dan tidak boleh salah.

Bahan Rak Baja Ringan

Setelah kamu menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan, kali ini kamu perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rak ikan cupang. Bahan yang diperlukan yaitu

1. Baja Ringan

Baja Ringan

Karena akan membuat rak dari baja ringan, maka kamu harus menyiapkan baja ringan untuk bahan utamanya. Kamu bisa menggunakan baja ringan dengan ketebalan 0,75 mm dan panjang 6 meter. Banyaknya baja ringan yang dibutuhkan ini tergantung dengan ukuran rak ikan cupang. Semakin besar ukuran rak cupang, maka semakin banyak juga baja ringan yang dibutuhkan.

2. Sekrup

Sekrup

Gunakan Sekrup yang sesuai untuk baja ringan. Sekrup berguna untuk mengencangkan pada setiap sisi baja ringan agar nantinya lebih kuat dan tahan lama.

3. Papan Triplek

Papan Triplek

Bahan terakhir yaitu kamu membutuhkan sebuah triplek tebal 9 mm. Triplek ini digunakan untuk alas pada rak ikan cupang agar rata.

Rincian Biaya Yang Dikeluarkan

Sebagian besar orang menganggap bahwa membuat rak ikan cupang menggunakan baja ringan membutuhkan biaya yang banyak. Namun sebenarnya membuat rak ikan cupang dengan menggunakan bahan baja ringan ini cukup ekonomis dan kamu bisa mendapatkan kualitas rak yang bagus. Dibawah ini kami telah sajikan rincian biaya yang dibutuhkan untuk membuat rak cupang dari baja ringan.

Nama BarangHarga (Per pcs)
Baja Ringan Panjang 6 MeterRp 70.000
SekrupRp 40.000
Papan Triplek 9 mmRp 130.000

Namun harga diatas merupakan harga perkiraan saja. Mungkin saja ditempat kamu berada harganya bisa lebih murah atau lebih mahal karena pada setiap daerah/kota memiliki harga jual yang berbeda-beda. Untuk total biaya untuk membuat rak ikan cupang yaitu sekitar Rp 590.000 karena kamu membutuhkan baja ringan sebanyak 6 pcs.

Cara Membuat Rak Ikan Cupang Baja Ringan

Setelah kamu menyiapkan semua bahan dan perlengkapannya, sekarang waktunya kamu merangkai baja ringan tersebut hingga menjadi rak untuk ikan cupang. Disini kami akan mencontohkan cara membuat rak dengan ukuran 200 cm x 150 cm x 24 cm. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara membuatnya, maka simak saja penjelasan dibawah ini.

1. Potong Triplek

Potong Triplek

Hal yang pertama kamu lakukan yaitu potonglah triplek dengan ukuran 24 cm x 200 cm sebanyak 5 lembar. Jika sudah terpotong lalu amplas bagian potongan triplek agar halus dan terlihat rapi.

2. Potong Baja Ringan

Potong Baja Ringan

Tahap selanjutnya yaitu potonglah baja ringan dengan ukuran 150 cm sebanyak 8 pcs. Pastikan pada saat memotong memiliki ukuran yang tepat dan lurus agar hasilnya sejajar. Lalu potong juga baja ringan tersebut dengan ukuran 448 cm untuk membuat rangka raknya.

3. Potong Baja Ringan Untuk Rak

Potong Baja Ringan Untuk Rak

Setelah semua terpasang, ambilah baja ringan yang sudah dipotong dengan ukuran 448 cm untuk membuat rangka raknya. Ukur kembali baja ringan tersebut menggunakan meteran dengan ukuran 24 cm/200 cm/ 24 cm/ 200 cm. Karena untuk rangka raknya akan ditekuk, maka potonglah pada sisi kiri dan kanan dengan bentuk segitiga.

4. Tekuk Rangka Rak

Tekuk Rangka Rak

Setelah pemotongan selesai, kemudian tekuk rangka rak sesuai dengan potongannya. Tekuklah baja ringan hingga rapi dan sesuaikan hingga siku-sikunya sejajar dengan bantuan penggaris siku. Jika semua sudah terpasang rapi maka kunci dengan menggunakan sekrup disetiap sisi agar tidak lepas dan kuat.

5. Pemasangan Triplek

Pemasangan Triplek

Setelah semua rangka sudah terpasang dengan benar dan rapi, selanjutnya pasang triplek yang sudah dipotong pada rangka triplek dan kunci dengan sekrup pada setiap sisinya agar kencang.

6. Rangkai Rak dan Kaki-Kaki

Rangkai Rak dan Kaki Kaki

Proses terakhir yang rangkai rak dan kaki-kaki. Pasang kaki-kaki pada setiap sisi rak agar lebih kuat dan kunci dengan sekrup agar kencang. Pada saat perakitan, pastikan ukurannya sama agar tidak menceng. Jika semua sudah terpasang maka rak ikan cupang sudah siap untuk digunakan.

Kelebihan

Rak cupang dari baja ringan juga memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan dari rak cupang berbahan dasar baja ringan yaitu

1. Pembuatan Relatif Mudah

Pembuatan Relatif Mudah

Untuk pembuatan rak ikan cupang dari material ini terbilang cukup mudah. Sebab kamu hanya perlu memotong, menekuk, dan mengebor saja untuk membuat rak ikan cupang menggunakan material ini.

2. Harga Cukup Ekonomis

Harga Cukup Ekonomis

Dibandingkan dengan rak ikan cupang berbahan dasar besi siku, rak dari baja ringan jauh lebih murah. Dengan uang sekitar Rp 500.000 maka kamu bisa mendapatkan rak baja ringan dengan kualitas bagus.

3. Tidak Karatan

Tidak Karatan

Hal yang menarik yaitu jika kamu membuat rak ikan cupang menggunakan baja ringan, maka baja ringan tersebut tidak akan karatan. Jadi ikan cupangmu akan terlihat lebih indah saat dilihat.

4. Lebih Awet

Lebih Awet

Karena bahan yang digunakan dari baja ringan, maka otomatis rak cupang ini akan lebih awet ketimbang dengan bahan lainnya entah itu menurut tampilan atau kekuatannya.

Kekurangan

Baja ringan juga memiliki kekurangan yang mungkin belum kamu ketahui. Namun kekurangan dari baja ringan ini tak sebanding dengan kelebihannya.

Perlu kamu ketahui bahwa jika ingin membuat rak ikan cupang menggunakan bahan baja ringan ini sangatlah berisik. Apalagi pada saat pemotongan, pasti akan mengeluarkan suara yang sangat berisik dan sangat mengganggu telinga. Jadi pada saat pembuatan pilihlah waktu yang tepat agar tidak mengganggu orang lain.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai cara membuat rak ikan cupang menggunakan baja ringan yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Buatlah rak sesuai dengan keinginanmu agar ikan cupang terlihat lebih indah dan rapi saat dilihat. Ada banyak bahan yang dapat kamu gunakan untuk membuat rak ikan cupang, namun kami hanya menjelaskan rak ikan cupang menggunakan bahan baja ringan saja karena harganya cukup ekonomis. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Soliter Ikan Cupang

Anas
3 min read

Toples Ikan Cupang

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *