Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Kirim Ikan Cupang ke Luar Kota

cara kirim ikan cupang ke luar kota

Cara Kirim Ikan Cupang ke Luar Kota – Tahukah kamu bahwa salah satu jenis ikan hias yang saat ini sedang populer yaitu ikan cupang. Tak kalah dengan jenis ikan hias lainnya, ikan cupang juga memiliki corak warna sangat indah pada tubuh serta ekornya.

Walaupun memiliki postur tubuh kecil, namun ikan cupang mempunyai harga jual cukup mahal hingga jutaan rupiah. Mahalnya ikan cupang menjadikan peluang bagi penghobi lainnya mendapatkan keuntungan besar dengan CARA JUAL IKAN CUPANG.

Semakin berkembangnya teknologi juga memudahkan penjual lainnya menjual ikan cupang, salah satunya yaitu dengan menggunakan sosial media. Namun dengan menggunakan sosial media penjual harus bersiap mengirim ikan cupang karena bisa saja pembeli berasal dari luar kota.

Namun sebagian orang belum memahami bagaimana cara cara kirim ikan cupang ke luar kota. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu mengenai bagaimana cara kirim ikan cupang ke luar kota. Untuk penjelasannya simak saja artikel dibawah ini.

Alat Dan Bahan Packing

Alat Dan Bahan Packing

Sebelum melakukan pengemasan, kamu harus menyiapkan alat serta bahan. Pastikan bahan yang digunakan berkualitas tinggi agar pada proses pengiriman ikan cupang tetap aman. Alat dan bahannya yaitu

  1. Kardus serta styrofoam untuk mengemas ikan cupang agar lebih aman. Gunakan styrofoam dengan ketebalan minimal 2 cm agar lebih kuat serta tidak mudah rusak.
  2. Penggaris sebagai alat ukur agar saat pemotongan lebih rapi.
  3. Plastik putih dengan ukuran 8 x 20 cm. Namun bisa juga menggunakan plastik berukuran lainnya.
  4. Cutter agar memudahkan saat pemotongan kardus serta styrofoam agar lebih mudah.
  5. Lakban berwarna krem sebagai pelapis kemasan box agar lebih rapi.

Cara Kirim Ikan Cupang Ke Luar Kota

Setelah menyiapkan semua alat bahannya, sekarang waktunya proses packing. Packing ini berguna agar amat saat kirim ikan cupang ke luar kota. Proses packing kirim ikan cupang ke luar kota juga cukup mudah serta simple. Untuk cara caranya ada dibawah ini.

1. Kondisikan Ikan Cupang

Kondisikan Ikan Cupang

Sebelum mengemas, perhatikan terlebih dahulu kesehatan ikan cupang. Lalu ikan cupang harus di puasakan terlebih dahulu selama 1 hari. Hal ini bertujuan agar ikan cupang tidak buang kotoran saat sudah dikemas. Karena kotoran ikan cupang mengandung amoniak sehingga dapat meracuni ikan cupang.

2. Membungkus Ikan Cupang

Pengemasan Ikan Cupang

Cara selanjutnya masukkan ikan cupang kedalam plastik berukuran 8 x 20 cm atau ukuran lainnya. Perbandingan isi plastik yaitu 30% air serta 70% air. Banyaknya udara ini sebagai antisipasi supaya ikan cupang tidak kehabisan oksigen saat di kirim. Setelah itu lapisi kembali menggunakan plastik supaya ekor tidak cupang serta terhindar dari kebocoran.

3. Pengemasan

Pengemasan

Masukkan plastik berisi ikan cupang kedalam styrofoam. Lapisi bagian dalam styrofoam menggunakan kertas agar kedap cahaya. Pastikan styrofoam yang digunakan memiliki ukuran presisi agar tidak goyah.

4. Melapisi Dengan Kardus

Melapisi Dengan Kardus

Cara berikutnya yaitu melapisi styrofoam menggunakan kardus pada bagian luar. Cara ini digunakan agar tidak mudah rusak pada saat di kirim ke luar kota. Gunakan kardus tebal berukuran presisi dengan styrofoam. Rapikan kembali dengan melapisi kardus dengan solasi hingga tertutup supaya terlihat lebih rapi.

5. Pengisian Data Kirim Ikan Cupang

Pengisian Data Kirim Ikan Cupang

Cara selanjutnya yaitu tuliskan data pengiriman pada selembar kertas. Data juga harus lengkap agar memudahkan kurir saat kirim ikan cupang ke tempat tujuan. Data meliputi alamat penerima, nama penerima, nomor hp penerima, dan lainnya.

6. Mendatangi Cabang Ekspedisi Pengiriman

Mendatangi Cabang Ekspedisi Pengiriman

Cara terakhir yaitu dengan mendatangi kantor cabang ekspedisi pengiriman untuk kirim ikan cupang. Kamu bisa memiliki ekspedisi mana yang akan digunakan, namun tidak semua ekspedisi bisa mengirim ikan cupang. Pastikan juga memilih kelas pengiriman cepat. Hal ini bertujuan menghindari ikan mati pada saat di kirim.

Kesimpulan

Itulah cara cara mengirim ikan cupang ke luar kota versi cupangbetta.id. Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya karena ada banyak cara bisa digunakan kirim ikan cupang ke luar kota. Namun hal perlu diperhatikan yaitu kondisi ikan cupang. Karena jika ikan cupang sakit kemungkinan besar akan mati saat di kirim. Sekian informasi dapat kami berikan dan semoga artikel ini bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Ternak Ikan Cupang Koi

Anas
3 min read

Istilah Dunia Ikan Cupang

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *