Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Telur Ikan Cupang Menetas

Telur Ikan Cupang Menetas

Telur Ikan Cupang Menetas – Pada saat ini ikan cupang merupakan salah satu ikan hias primadona para pecinta ikan. Sebab ikan cupang memiliki perpaduan warna indah di sekujur tubuhnya serta ekor yang lebar. Ikan cupang juga memiliki postur tubuh kecil sehingga terlihat imut saat dilihat.

Selain untuk dijadikan koleksi, ada juga sebagian orang yang membudidayakan ikan cupang untuk dijadikan ladang bisnis karena harga pada ikan cupang mahal. Untuk membudidayakan ikan cupang sebenarnya cukup mudah, hanya saja perlu ketekunan untuk merawat anakan ikan cupang (burayak). Kamu juga bisa mengetahui IKAN CUPANG TERMAHAL DAN TERLANGKA yang nantinya dapat dijadikan indukan pada saat breeding.

Namun masih ada sebagian orang bingung tentang hal yang bersangkutan dengan membudidayakan ikan cupang, salah satunya yaitu pada saat ikan cupang sudah bertelur. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan yaitu ciri-ciri telur ikan cupang menetas.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan membantu menjawab pertanyaan tersebut akan kamu berhasil dalam melakukan breeding pada ikan ikan cupang. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini agar kamu bisa menemukan jawaban yang ada dipikiranmu.

Ciri Ciri Telur Ikan Cupang Menetas

Pada saat perkawinan tentu saja sang betina akan mengeluarkan telur yang nantinya akan diambil oleh pejantan untuk dibuahi pada gelembung busa yang sudah dibuat. Telur ikan cupang memiliki bentuk sangat kecil dan berwarna putih susu. Ada beberapa hal yang menandakan bahwa telur ikan cupang sudah menetas. Ciri-ciri telur cupang menetas yaitu seperti :

1. Gelembung Busa Sudah Rata

Gelembung Busa Sudah Rata

Pada saat awal pembuatan sarang, pasti pejantan akan membuat gelembung busa membukit atau tebal pada bagian tengah. Nah saat telur ikan sudah menetas, nantinya gelembung busa yang tadinya membukit akan menjadi rata atau sejajar. Ini merupakan salah satu ciri-ciri bahwa telur cupang menetas.

2. Gelembung Busa Pecah

Gelembung Busa Pecah

Ciri-ciri berikutnya yaitu Gelembung busa mulai pecah satu persatu. Memang hal ini tidak begitu terlihat, namun jika kamu perhatikan dengan teliti, maka gelembung yang tadinya berisi telur akan mulai pecah satu persatu.

3. Gelembung Busa Berantakan

Gelembung Busa Berantakan

Pada saat telur ikan cupang sudah menetas, nantinya gelembung busa yang tadinya rapi akan menjadi berantakan. Ini disebabkan karena burayak ikan cupang yang sedang berlatih untuk berenang sehingga membuat gelembung bisa menjadi berantakan.

4. Telur Ikan Cupang Hilang

Telur Ikan Cupang Hilang

Untuk ciri-ciri yang terakhir yaitu telur ikan cupang sudah hilang dari gelembung busa. Jika pada saat telur belum menetas, kamu pasti akan melihat telur ikan pada gelembung busa. Namun pada saat sudah menetas, maka telur tersebut akan hilang dari gelembung busa dan akan berubah menjadi burayak ikan cupang.

Jangka Waktu & Berapa Hari Telur Ikan Cupang Menetas

Jangka Waktu Berapa Hari Telur Ikan Cupang Menetas

Perlu kamu ketahui bahwa setelah ikan cupang sudah bertelur bukan berarti sudah berhasil dalam proses breeding ikan cupang karena masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan. Nah pada umumnya, telur cupang akan menetas dalam jangka waktu selama 1 sampai 2 hari. Sebenarnya ada juga telur yang menetas dalam jangka waktu selama 3 hari, tetapi kebanyakan breeder mengatakan bahwa jika lebih dari 2 hari kemungkinan besar telur cupang tersebut gagal menetas atau busuk. Untuk telur yang tidak menetas biasanya memiliki warna kekuning-kuningan dan berlendir. Jadi jika lebih dari 2 hari telur ikan cupangmu tidak menetas dan berlendir, artinya telur ikan tersebut tidak akan menetas atau busuk.

Cara Agar Telur Ikan Cupang Menetas Semua

Kamu juga dapat melakukan beberapa hal agar telur ikan cupang yang dihasilkan dapat menetas semua. Dibawah ini kami sudah sajikan beberapa cara yang dapat kamu gunakan supaya telur ikan cupang menetas semua.

1. Memberi Makan Pejantan

Memberi Makan Pejantan

Banyak orang mengeluh karena telur ikan cupang dimakan oleh pejantan. Hal ini disebabkan karena kamu telat atau tidak memberi makan pejantan cupang sehingga hanya sebagian telur yang dapat menetas. Oleh karena itu kamu harus memberi makan kepada pejantan ikan cupang agar telurnya tidak dimakan sehingga dapat menetas semua.

2. Taruh Ditempat Sepi

Taruh Ditempat Sepi

Sebelum melakukan breeding, pastikan kamu memiliki tempat yang sepi dan tidak banyak gangguan. Ini disebabkan karena pada saat ikan cupang bertelur akan sangat sensitif terhadap segala sesuatu. Oleh sebab itu kamu harus melakukan breeding di ruangan yang bebas dari gangguan agar telur cupang menetas secara keseluruhan.

3. Jangan Ganggu Pejantan

Jangan Ganggu Pejantan

Saat sedang menjaga telur, pejantan ikan cupang akan sangat agresif terhadap segala hal yang mengganggu kenyamanan. Jika kamu mengganggu cupang yang sedang menjaga telurnya maka dapat membuat busa gelembung menjadi goyang dan bisa menyebabkan telur cupang gagal menetas. Sebaiknya kamu tidak mengganggu kenyamanan cupang agar telur dapat menetas semua.

Kesimpulan

Jika kamu merupakan salah satu orang yang baru melakukan breeding ikan cupang, maka sebaiknya kamu pelajari ilmu tentang breeding ikan cupang agar nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan. Kamu juga bisa belajar CARA KAWINKAN IKAN CUPANG agar breeding ikan cupangmu berhasil. Sebenarnya untuk mengetahui telur ikan cupang sudah menetas sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Sekian penjelasan yang dapat cupangbetta.id jelaskan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *