Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

CARA KIRIM IKAN LEWAT TIKI

Cara Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI – Seperti kita ketahui bahwa saat ini ikan cupang merupakan salah satu ikan hias sedang naik daun. Hal tersebut disebabkan karena ikan cupang memiliki kombinasi warna sangat indah pada tubuh dan ekornya. Kombinasi warna pada tubuh dan ekor ikan cupang juga bervariasi tergantung dengan jenisnya. Ikan cupang juga terbagi menjadi banyak jenis sudah tersebar luas di Indonesia contohnya seperti Avatar, Nemo, Halfmoon, dan masih banyak lagi.

Harga jual ikan cupang juga bisa dibilang mahal bahkan ada beberapa orang rela menghabiskan uang jutaan rupiah hanya demi mendapatkan ikan kesukaannya. Jadi tak heran pada saat ini sudah banyak penghobi ikan cupang memperjualbelikan cupangnya. Kamu bisa mengetahui bagaimana cara untuk menjual ikan cupang pada artikel CARA JUAL IKAN CUPANG.

Biasanya juga para penjual mendapati pembeli berasal dari luar kota. Itu berarti penjual harus mengirimkan ikan tersebut kepada pembeli melalui jasa pengiriman. Salah satu jasa pengiriman dapat digunakan untuk kirim ikan cupang yaitu TIKI. TIKI merupakan salah satu perusahaan dalam bidang jasa pengiriman barang dan hewan ternama di Indonesia.

Dengan adanya layanan TIKI penjual tidak perlu bingung mengirimkan ikan cupang kepada pembeli. Jika kamu merupakan salah satu penjual ikan cupang dan ingin mengirimkan ikan cupang keluar kota menggunakan TIKI namun tidak tahu bagaimana caranya, maka simak saja penjelasan kami dibawah ini mengenai cara kirim ikan cupang lewat TIKI.

Syarat Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

Syarat Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

Sebelum masuk ke cara cara pengirimannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu persyaratan. Syarat yang ditentukan oleh pihak TIKI harus kamu penuhi agar proses pengiriman ikan dapat berjalan dengan lancar. Dibawah ini ada beberapa persyaratan harus kamu ketahui sebelum melakukan pengiriman melalui TIKI.

  1. Menyertakan surat karantina asli serta fotocopy untuk kirim menggunakan transportasi udara.
  2. Berlaku kirim dari dan transit Jakarta.
  3. Untuk kirim dari dan ke wilayah JABODETABEK atau pulau jawa tidak diperlukan surat karantina serta biaya surcharges.
  4. Pengirim wajib menandatangani surat pernyataan berisi siap menanggung segala resiko.

Biaya Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

Biaya Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

Untuk kirim ikan cupang juga kamu memerlukan biaya administrasi serta kebutuhan lainnya. Biaya yang dibutuhkan juga tergantung berat dan jarak lokasi pengiriman. Biaya yang dibutuhkan yaitu

  1. Biaya Handling sudah termasuk packing dan karantina mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 55.000 rupiah tergantung beratnya.
  2. Biaya Surcharges sebenar 50% dari ongkos kirim masih berlaku pada pengiriman melalui transportasi udara.
  3. Sample uji lab pada jenis tertentu sebesar Rp 200.000 hingga Rp 600.000.

Packing Styrofoam

Packing Styrofoam

Untuk pengelompokan tujuan kirim dengan menggunakan transportasi udara itu dibagi menjadi 3 kelompok yang ditentukan oleh kapasitas minimum beratnya, yaitu

  1. Minimal 1 kg : Balikpapan, Bontang, Banjarmasin, Pontianak, Sangatta, Samarinda.
  2. Minimal 5 kg : Mataram, Bandar Aceh, Batam, Makassar, Medan.
  3. Minimal 10 kg : Pangkal-Pinang, Padang, Bengkulu, Pekanbaru, Tanjung-Pandan, Berau, Palangkaraya, Ambon, Tarakan, Kendari, Kupang, Palu, Manado, Biak, Jayapura, Ternate.

Cara Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

Cara Kirim Ikan Cupang Lewat TIKI

Setelah kamu mengetahui persyaratan serta biayanya, sekarang waktunya kami menjelaskan cara cara kirim lewat TIKI. Cara cara yang harus kamu lakukan juga cukup mudah serta tidak memerlukan waktu lama. Untuk cara caranya yaitu

  1. Siapkan biaya serta ikan cupang yang akan di kirim dalam keadaan sudah di packing (surat karantina jika kamu akan melakukan kirim luar pulau).
  2. Pergilah ke cabang kantor TIKI terdekat.
  3. Lalu ambilah nomor antrean yang sudah disediakan serta tunggu hingga nomor kamu dipanggil.
  4. Setelah nomor dipanggil pergilah ke pihak TIKI serta serahkan barang yang akan di kirim.
  5. Selanjutnya pihak TIKI akan menimbang berat dari barang yang kamu kirim serta mengurus administrasinya.
  6. Jika sudah selesai berikan sejumlah uang yang sudah ditentukan.
  7. Lalu kamu akan menerima kertas resi serta pengiriman akan segera dilaksanakan.

Kesimpulan

Mungkin itu saja penjelasan yang cupangbetta.id dapat sampaikan mengenai cara cara untuk kirim ikan cupang lewat jasa pengiriman TIKI. Namun biaya tersebut bisa berubah karena mungkin saja setiap daerah memiliki besaran biaya berbeda. Jika kamu masih bingung maka sebaiknya datangi saja langsung cabang kantor TIKI terdekat agar mendapatkan penjelasan lebih lengkap. Sekian dari kami dan semoga informasi ini bisa membantu kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *