Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Packing Ikan Cupang

Cara Packing Ikan Cupang

Cara Packing Ikan Cupang – Seiring dengan berjalannya waktu, peternak atau pembudidaya ikan cupang jumlahnya terus bertambah. Hal ini dikarenakan bisnis tersebut dirasa sangat meguntungkan dan mudah.

Bahkan, sudah banyak sekali peternak pemula yang sudah terjun langsung ke dunia transaksi jual-beli ikan cupang. Tentunya dalam hal ini peternak harus memahami betul mengenai harga serta cara packing yang benar.

Sebab, jika cara packing tersebut dilakukan tanpa adanya ilmu, maka bisa saja gagal. Bisa saja membuat sirip ikan cupang mengalami kerusakan, stress, luka, lebih parahnya lagi yaitu kematian sebelum sampai tujuan.

Oleh karena itu, bagi siapapun itu baik peternak senior atau pemula wajib mengetahui bagaimana cara packing yang benar. Sehingga, bisa terhindar dari beberapa hal merugikan tersebut.

Cara Packing Ikan Cupang Pengiriman Luar Kota

Cara Packing Ikan Cupang 2

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai tahapan packing ikan cupang, lebih baiknya untuk simak beberapa peralatannya terlebih dahulu. Nah, apa saja alat yang dibutuhkan, diantaranya sebagai berikut ini.

Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatam Packing Ikan Cupang
  • Pisau Cutter atau Gunting.
  • Penggaris.
  • Plastik Packing.
  • Box Packing.
  • Lakban atau Solasi.

Tahapan Packing Ikan Cupang

Tahapan Packing Ikan Cupang 1

Setelah kalian menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya yaitu cara packing Ikan Cupang ke luar kota dengan aman dan pastinya selamat sampai ke alamat pembeli atau penerima.

1. Karantina Ikan Cupang

Pengkondisian Ikan Cupang 1

Cara packing pertama yaitu tidak memberi pakan selama kurang lebih satu hari sebelum dikirim. Hal tersebut memiliki tujuan tersendiri yaitu agar ikan cupang tidak membuang kotoran yang membuat kualitas air tetap bersih.

Apakah kalian tahu mengenai CARA KARANTINA IKAN CUPANG BARU DATANG dari pengiriman? Hal ini dilakukan supaya bisa mengurangi tingkat stress semasa ikan cupang berada di perjalanan.

2. Tentukan Ukuran Plastik

Tentukan Ukuran Plastik

Kalian juga harus menentukan ukuran plastik yang digunakan untuk packing, sesuaikan dengan size Ikan cupang agar tidak terjadi kerusakan secara fisik hingga ke alamat penerima. Biasanya plastik yang digunakan memiliki ukuran sekitar 7×20 untuk JENIS IKAN CUPANG KOI, jika jenis HM minimal plastiknya yaitu sekitar 9×20 dan seterusnya.

3. Masukan Air ke Wadah Packing

Masukan Air ke Dalam Wadah Packing

Kemudian, cara selanjutnya yaitu dengan memasukan sejumlah air ke dalam wadah packing, secukupnya saja untuk memudahkan ikan cupang bergerak. Biasanya volume air yaitu sekitar 1/4 ukuran ruang wadah.

4. Masukan Ikan Cupang

Masukan Ikan Cupang 1

Jika sudah menyiapkan air dan wadah, selanjutnya yaitu bisa memasukan ikan cupang ke dalam wadah tersebut. Pastikan dalam memindahkan ikan cupang dengan berhati-hari, agar sisik atau siripnya tidak rusak.

5. Buat Ruang Udara dan Ikat

Buat Ruang Udara dan Ikaty

Setelah itu, tarik bagian atas plastik agar lebih mudah untuk mengikatnya. Namun, sebelum itu kalian harus membuat ruang udara terlebih dahulu, untuk kebutuhan oksigen ikan hingga nantinya sampai ke tempat tujuan.

6. Ikat Bagian Ujung Plastik

Buat Ruang Udara dan Ikaty 1

Jika pada bagian atas permukaan air sudah terdapat udara, maka silahkan langsung saja ikat. Tujuan diberinya ruang udara yaitu untuk meminimalisir stress atau kematian ikan cupang. Karena, jenis ikan hias ini dapat mengekstrak udara untuk bertahan hidup.

7. Dobel Plastik untuk Mengurangi Resiko Pecah

Dobel Plastik untuk Mengurangi Resiko Pecah

Setelah plastik atau wadah packing pertama diberikan, maka langkah selanjutnya yaitu didobel kembali dengan plastik yang sama. Tujuannya yaitu untuk meminimalisir terjadinya pecah wadah sebelum tiba ditempat tujuan.

8. Tempatakan di Box Styrofoam

Tempatkan di Box Styrofoam 1

Jika ikan cupang yang akan dikirimkan berjumlah banyak, maka lebih baiknya yaitu untuk menempatkan didalam box styrofoam. Tentukan pula ukuran styrofoam agar jumlah pesanan ikan cupang bisa dimasukan semuanya dalam satu wadah.

9. Gunakan Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya 1

Setelah siap kirim, kalian bisa menentukan jasa pengirimannya terlebih dahulu. Sebab, beberapa petugas jasa pengiriman ini tidak melayani kirim hewan hidup, yaitu bisa saja mengalami kematian secara tidak disengaja.

10. Masukan Alamat Kota Tujuan dengan Jelas

Masukan Alamat Tujuan dengan Jelas

Agar paket pengiriman ikan cupang sampai dan tepat di tujuan, maka kalian bisa memasukan alamat kota tujuan dengan jelas pada kolom yang sudah disediakan. Lebih lengkapnya yaitu berkaitan dengan sejumlah data penerima.

Cara Packing Ikan Cupang Pengiriman Luar Negeri lewat Bandara

Cara Packing Ikan Cupang Untuk Pengiriman Luar Negeri lewat Bandara

Penggemar atau penghobi ikan cupang sendiri tidak hanya dari Indonesia, banyak juga negara lain diluar asia yang memiliki penggemar ikan cupang. Nah, pernahkah kalian para peternak cupang mendapatkan pesanan dari luar negeri?

Pastinya kalian akan merasa kebingungan pada saat ada pembeli yang berasal dari negara berbeda. Nah, untuk memudahkan kalian dalam packing ikan cupang untuk pengiriman luar negeri yaitu seperti berikut ini.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukan pengiriman ikan cupang ke berbagai negara lain, hanya saja penjual seringkali tidak memperhatikan atau menggali informasi terlebih dahulu. Terdapat 2 tahapan perlu diperhatikan yaitu :

1. Shipping Method

Shiping Metode

Persiapkan terlebih dahulu faktur atau proforma invoice, didalamnya terdapat sejumlah informasi mengenai harga ikan. Tidak lupa pula packing list berisi terkait isi atau jumlah kemasan (isi tiap kemasan ikan dan ukuran ikan yang dikirim).

Jika kalian sudah memiliki NIK atau Nomor Induk Kepabeanan dan juga perizinan exspor, maka kalian bisa langsung booking. Apabila belum memiliki, silahkan cari terlebih dahulu undername-nya.

Setelah booking-an sudah terkonfirmasi, maka kalian akan mendapatkan jadwal pengiriman serta nomor Air Way Bill “AWB”. Selanjutnya, ikan cupang sudah siap untuk dikemas dan dikirim.

Tidak lupa pula untuk menginformasikan pada penerima bahwa barang akan segera dikirimkan, lengkap beserta nomor AWB dan jadwal pengiriman packing cupang tersebut.

2. Packing Method

Packing Method

Pertama-tama kalian bisa melakukan packing dengan cara memuasakan atau tidak memberi makan cupang. Usahakan cara tersebut dilakukan pada akuarium yang sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Karena, jika ikan cupang tidak diletakan pada akuarium yang bersih, bisa saja pada saat merasa lapar akan memakan lumut, jentik nyamuk dan lain sebagainya. Sehingga, membuat cupang tidak 100 persen bersih, serta membuang kotoran dapat mencemari air dan berakibat kematian.

Kemudian, menurunkan suhu hingga derajat tertentu, yaitu sampai titik dimana laju biologis ikan cupang menuru. Biasanya ikan cupang menjadi kurang lincah atau tidak banyak bergerak.

Untuk proses pengiriman atau perjalanan jauh, jumlah ikan harus diperhatikan setiap kantongnya, gunakan pula air bersih bebas klorin. Jika perlu, cek suhu dan kadar pH air agar ikan cupang tidak kaget.

Perbandingan air yang digunakan yaitu 1 bagian air dan 3 bagian oksigen, ikan cupang membutuhkannya. Jika perlu, berikan obat bius sebagai penenang, lebih baiknya konsultasikan pada pembeli apakah di negara tersebut melarang penggunaan obat tertentu atau tidak.

Untuk packing sendiri gunakan kemasan kantong atau styrofoam standar penerbangan ukuran 50, 75 dan 120 cm. Tambahkan pula es batu dengan bahan air mineral dicampur dengan garam lalu dibekukan. Bungkus ed batu dengan koran, lalu letakan pada bagian atau sela-sela kantong agar suhu didalam styrofoam tetap stabil.

Silahkan kalian tutup styrofoam dan lakban dengan kuat supaya aman, jaga kestabilan udaranya. Kemudian, bungkus kembali menggunakan plastik atau karton di bagian luarnya.

Pengirimin bisa dilakukan melalui bandara, agar mengindari kemacetan cari penerbangan yang paling pagi. Kemudian, cek kembali alamat tujuan sudah tertulis dengan jelas di bagian luar wadah packing.

Nah, itulah beberapa tahapan atau cara packing ikan cupang untuk pengiriman ke luar negeri. Biasanya penjual menggunakan transportasi penerbangan, karena lebih efisien.

Kesimpulan

Jadi, terdapat beberapa tahapan atau cara packing yaitu untuk pengiriman luar kota dan luar negeri. Keduanya juga memiliki syarat dan ketentuannya sendiri-sendiri, terutama pada bagian packing yang sangat berbeda.

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai cara packing ikan cupang, lengkap berisi setiap tahapannya baik untuk pengiriman luar kota atau pun negeri. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan ilmu penjual ikan cupang, khususnya pemula. Terimakasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *